Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

[IFA 2015] Gear S2: Jam Tangan Pintar Perdana Samsung dengan Layar Bulat

Setelah merilis jam tangan pintar dengan layar lengkung, Samsung Gear S, inovasi jam tangan pintar Samsung selanjutnya adalah Samsung Gear S2.

Desain bulat
Berbeda dengan Gear S, Gear S2 hadir dengan layar berbentuk bulat. Selain itu, jam tangan pintar ini juga hadir dengan bodi yang anti debu dan air, dilengkapi dengan bezel yang bisa diputar untuk navigasi dan satu tombol back/home yang ditempatkan di bagian samping bodinya.

Samsung Gear S2-1

Samsung Gear S2 masih tetap menjalankan OS Tizen seperti jam tangan pintar Samsung lainnya. Jam tangan pintar ini tersedia dalam 3 varian yaitu Gear S2, Gear S2 Classic yang hadir dengan desain lebih trendi dan menggunakan tali kulit, serta Gear S2 3G yang bisa langsung digunakan untuk akses paket data dan melakukan panggilan tanpa harus terhubung ke smartphone.

Fitur menarik
Sama seperti jam tangan pintar lainnya, Samsung Gear S2 juga dapat berfungsi sebagai alat pemantau kesehatan. Fungsi fitness di Gear S2 memungkinkannya untuk memantau aktivitas Anda selama 24 jam. Gear S2 juga dapat mengingatkan penggunanya untuk terus berolahraga. Untuk aplikasi, Gear S2 masih mengandalkan S Health dan Nike+ Running.

Selain itu, Anda juga dapat melihat notifikasi aplikasi, SMS, email, daftar kontak, serta membaca berita, jadwal, peta, dan informasi cuaca. Sama seperti versi sebelumnya, Gear S2 juga bisa memutar musik dan menampilkan foto di layar mungilnya.

Di negara yang telah mendukung Samsung Pay, Gear S2 yang telah dilengkapi teknologi NFC ini akan dapat digunakan untuk membayar berbagai layanan sebagai pengganti kartu kredit. Samsung juga menginformasikan bahwa mereka sedang bekerjasama dengan mitra di berbagai industri untuk memperluas kegunaan Gear S2 seperti menjadi kunci mobil, kunci rumah, atau remote control untuk berbagai piranti di rumah.

Daya tahan baterai Gear S2 sendiri juga lebih baik dibandingkan pendahulunya. Samsung mengklaim Anda dapat menggunakannya hingga 3 hari sebelum harus mengisinya menggunakan dock wireless charging yang ada di paket pembelian.

[table] Spesifikasi; Samsung Gear S2 dan Gear S2 Classic; Samsung Gear S2 3G
SoC; 1.0GHz Dual Core CPU;1.0GHz Dual Core CPU
RAM; 512MB RAM; 512MB
Memori internal; 4GB; 4GB
Layar; “1.2 inci, 360×360 SAMOLED (302ppi)”; “1.2 inci, 360×360 SAMOLED (302ppi)”
Dimensi; “Gear S2: 42.3×49.8×11.4mm (47g), Classic: 39.9×43.6×11.4mm (42g)”; “44.0 x 51.8 x 13.4mm (51g)”
Baterai; 250 mAh; 300 mAh
OS; Samsung Tizen
Sensor; Accelerometer, Gyroscope, Heart Rate, Ambient Light, Barometer; Accelerometer, Gyroscope, Heart Rate, Ambient Light, Barometer
Konektivitas; 802.11/b/g/n + BT 4.1, NFC; 802.11/b/g/n + BT 4.1, NFC, 3G
[/table]

Belum ada informasi kapan Samsung Gear S2 akan tersedia di sini. Namun mengingat masih kecilnya pasar wearable di Indonesia, biasanya Samsung akan meluncurkannya dengan tanpa keriuhan seperti produk andalan lainnya. Untuk harga, kami prediksi Gear S2 akan ada di kisaran 3-4 juta rupiah.

Back to top button