Hinet: Layanan 4G LTE untuk Daerah Luar Jawa

Kebutuhan Internet sudah seperti kebutuhan pokok. Rasanya, ada yang kurang jika sehari tidak bisa mengakses Internet. Jika Anda berada di pulau Jawa, tentu, akses Internet tentunya sangat mudah diperoleh. Bahkan dengan kecepatan yang mumpuni. Tapi bagaimana dengan yang berada di luar pulau Jawa?

hinet berca 4g lte

“Berca Hardayaperkasa melalui brand Hinet siap melayani masyarakat di wilayah Denpasar, Makasar dan Pekanbaru dengan teknologi 4G LTE. Layanan kami ini mengadopsi teknologi 4G LTE versi time division duplex (TDD) di frekuensi 2.3GHz. Dengan teknologi tersebut pelanggan hinet dapat menikmati kecepatan internet supercepat dan handal hingga 74Mbps,” ujar Linggajaya Budiman, Managing Director – COO Berca Hardayaperkasa menjelaskan.

Untuk tarif, Linggajaya menjelaskan lebih lanjut bahwa walaupun menawarkan layanan internet supercepat, tarif yang di hinet tetap akan lebih kompetitif dibandingkan layana serupa yang telah beroperasi. Selain itu, pelanggan hinet akan memperoleh internet supercepat kapan saja tanpa syarat. Baik dalam hal waktu pemakaian maupun kuota. Dengan demikian, pelanggan dapat menggunakan sepuasnya selama 24 jam.

Secara bisnis, perjalanan hinet tidak akan mudah. Pasalnya, the big three operator juga akan masuk ke wilayah yang sama dengan hinet. Apalagi, hinet berdasarkan ijin yang dimilki hanya mampu melayani kebutuhan akses data saja tanpa suara. Sehingga yang ditawarkan adalah Mobile WiFi dan Home Router. Tentu perlu strategi yang sesuai agar tidak tenggelam dalam persaingan.

Strategi hinet untuk menghadapi persaingan tersebut adalah dengan fokus membangun jaringan di lokasi tertentu serta komunitas tertentu. Hal ini diyakini akan mampu menghadapi persaingan dengan operator telekomunikasi yang sudah mapan.

Untuk mendukung layanan internet hinet, maka akan dibangun tidak kurang dari 400 BTS 4G LTE yang tersebar di wilayah Denpasar, Makasar dan Pekanbaru. Ke depan, jumlah BTS tentunya akan bertambah. Dengan teknologinya, hinet nantinya akan memiliki kecepatan akses data hingga 125Mbps.

Investasi yang ditanamkan oleh Berca Hardayaperkasa pada tahun 2015 ini sebesar 150 juta dolar dengan 60% diantaranya akan digunakan untuk equipment. Dan, untuk mendukung layanan hinet ini, Berca menggandeng Huawei sebagai penyedia network. Begitu juga dengan perangkat 4G. Hinet pada tahap awal akan menyediakan 2 jenis perangkat yaitu mobile WiFi dan indoor WiFi. Targetnya, pada 4 tahun ke depan, hinet akan memiliki 1 juta pelanggan.

Artikel lain