Quantcast
OperatorSmartfren

Smartfren Pacu Implementasi Ekosistem 4G LTE

Menyikapi perkembangan teknologi, layanan 4G LTE nampaknya akan menjadi salah satu ujung tombak operator untuk menggaet pelanggan. Salah satunya adalah Smartfren yang memperkenalkan layanan 4G LTE di Batam. Untuk semester dua tahun 2015, Smartfren akan menggelar layanan 4G LTE di kota-kota yang sudah memiliki layanan Smartfren CDMA.

smartfren bukber

“Smartfren bangga telah mengaplikasikan layanan 4G LTE, dan akan terus mempersiapkan layanan mobile broadband ini di beberapa kota lainnya. Kami juga telah menyiapkan ekosistem 4G LTE, tak sebatas pada layanan jaringan, tapi juga pada ketersediaan bermacam perangkat bagi pelanggan, yaitu smartphone dan router MiFi 4G LTE yang ditawarkan dengan harga terjangkau,” tutur Paul Hodges, CEO Smartfren.

Smartfren mengimplementasikan 4G LTE pada spectrum 850 MHz. Selain itu, anak usaha Sinar Mas ini nanti juga akan memanfaatkan spektrum 2.300 MHz jika telah merampung migrasi frekuensi yang sebelumnya menempati 1.900 MHz.

Bagi Smartfren, tentu menggelar 4G LTE harus dilakukan hati-hati, Pasalnya, jika operator lain, sinyal 4G LTE hilang, maka akan langsung ditangkap oleh 3G atau 2G yang berada di sekitarnya. Sedangkan Smartfren langsung mati.

“Implementasi 4G LTE disebuah kota yang siap lebih dulu, kita gelar di situ,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren Telecom menjelaskan.

Sambut Lebaran
Smartfren sudah siap menghadapi liburan Lebaran. Kesiapan jaringan Smartfren terdiri dari peningkatan kualitas jaringan, meminimalisir problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya meng-cover blind spots. Terkait peningkatan kualitas jaringan, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area.

“Momen Lebaran 2015 menjadi fokus bagi kami untuk membuktikan kualitas layanan terbaik. Kepadatan lalu lintas jaringan di high traffic area menjadi perhatian tersendiri selama masa liburan. Sebagai antisipasi, infrastruktur di BTS (Base Transceiver Station) telah diperkuat rata-rata 30 – 40% di wilayah Pulau Jawa – Bali, Sumatera dan Sulawesi. Dengan demikian, kami berharap problem terkait kualitas jaringan dapat diminimalisir sekecil mungkin,” tambah Paul Hodges.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik selama Lebaran 2015, Smartfren sejak awal bulan Ramadhan telah mengaktifkan tujuh regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ke tujuh regional offices akan beroperasi 7 x 24 jam selama masa Lebaran. Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat dengan staf profesional yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak kapan saja bila terjadi gangguan jaringan. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang berpusat di Jakarta dan Surabaya serta didukung oleh 120 EMS (Equipment Management System) di seluruh regional.

Pada awal Juni lalu, Smartfren telah meluncurkan lima smartphone Andromax 4G LTE, yakni Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Masih di bulan yang sama, Smartfren merilis dua perangkat MiFi (Mobile WiFi) Router dengan kemampuan koneksi 4G LTE. Dua perangkat MiFi 4G LTE, yaitu Andromax M2P dan Andromax M2Y. Selain menawarkan kecepatan koneksi 4G LTE, kedua perangkat yang ditawarkan dengan harga Rp 399.000 mendapat dukungan paket bonus data sebesar 4,5 GB dan tambahan 19 GB data per bulan dengan minimum pengisian pulsa Rp100.000. Keunggulan lain dari kedua Andromax MiFi mampu membagi akses internet hingga ke 32 perangkat.

Dan sejak awal Ramadhan hingga Lebaran, Smartfren juga memperkenalkan promo Double Kuota. Promo Double Kuota ini akan langsung didapatkan pelanggan Smartfren dengan pembelian kuota minimal Rp 60.000 (Paket Silver). Promo Double Kuota ini berlaku dari tanggal 1 Juni hingga 30 Juli 2015 dan hanya berlaku untuk Paket My Smartplan. Bonus Double Kuota My Smartplan bisa didapatkan dari hasil aktivasi melalui semua channel, seperti SMS, Web portal My Smartplan, dan aplikasi My Smartplan.

Back to top button