10 Hal Baru yang ada di Mac OS X El Capitan

Apple kembali mendatangkan pembaruan untuk Mac OS X. Melanjutkan sukses OS X Yosemite, kini Apple menghadirkan OS X El Capitan yang menawarkan performa dan pengalaman menggunakan perangkat Mac yang lebih baik dari sebelumnya. Berikut beberapa hal baru yang bisa dijumpai di OS X El Capitan.

os X EL capitan-1

1. Split View
split screen-1
Untuk yang gemar berkerja dengan menjalankan lebih dari satu aplikasi saat menggunakan Mac, OS X El Capitan kini punya fitur Split View. Ini artinya, pengguna kini bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu tampilan layar. Jadi, tidak perlu lagi mengecilkan jendela aplikasi yang sedang digunakan secara manual untuk beralih ke aplikasi lain.

2. Mission Control
mission control-1
Fitur ini hadir untuk mempermudah pengguna melihat dan mengatur segala sesuatu yang telah dijalankan pada Mac. Dengan sekali sapuan jari, seluruh jendela aplikasi yang sedang dijalankan bisa langsung ditampilkan dalam satu tampilan layar.

3. Spotlight
spotlight-1
Di El Capitan Spotlight kini lebih pintar untuk melakukan pencarian dengan hasil yang lebih akurat. Selain itu, jendela Spotlight juga dirancang lebih fleksibel dan bisa dipindahkan ke area desktop mana saja.

4. Mail
mail-1
Aplikasi Mail kini mendukung tampilan layar penuh dan gestur jari. Anda juga bisa mengatur kalender dan melakukan pembaruan kontak langsung dari inbox mail.

5. Notes
notes-1
Catatan yang Anda buat kini bisa dibuat dengan model daftar agar lebih rapih. Selain itu, Notes juga bisa ditambahkan dengan foto, video, tautan link internet, atau peta. Dengan dukungan iCloud, semua catatan yang Anda buat di Macbook atau iMac kini bisa diakses lewat iPhone atau iPad kapan dan dimana saja.

6. Photos
Photos-1
Aplikasi Photos juga turut mendapat pembaruan. Photos kini dilengkapi aplikasi penyuntingan foto dan mendukung aplikasi pihak ketiga untuk mengolah foto yang bisa diakses di Mac App Store. Photos juga bisa mengatur koleksi foto yang tersimpan di Mac dengan lebih rapih. Pengguna kini bisa menambahkan lokasi di setiap foto. Selain itu, Photos bisa mengatur album foto berdasarkan tanggal, judul dan masih banyak lagi.

7. Safari
safari-1
Peramban Safari ditambahkan dengan tambahan fitur baru. Safari kini memungkinkan pengguna untuk menyimpan laman favorit yang dibuka dan bisa diakses menggunakan Pinterest. Satu hal yang sangat menarik, Safari kini bisa menonaktifkan suara yang muncul dari browser tanpa perlu Anda harus mencari asal suara dari jendela browser mana yang sedang dibuka. Dan, dengan dukungan AirPlay Anda bisa streaming video dari laman yang dibuka langsung ke HDTV.

8. Maps
Maps-
Jika Anda menggunakan bus atau kereta, Maps bisa menampilkan informasi lebih detil dari lokasi Anda berangkat ke lokasi tujuan. Termasuk peta sarana transportasi, petunjuk jalan dan jadual.

9. Mendukung bahasa Mandarin dan Jepang lebih baik
improve font-1
Sistem Font baru di Mac bisa menampilkan input huruf mandarin dan kanji jepang yang lebih baik dari sebelumnya.

10. Performa lebih baik
METAL-1
Dengan OS X El Capitan, Macbook atau iMac Anda akan terasa lebih cepat dan responsif. OS X El Capitan kini juga mendukung Metal yang akan memungkinkan Anda untuk bermain game di Mac dengan performa dan kualitas grafis yang lebih baik.