Review Acer Aspire V3-371

Seri Aspire adalah jajaran pejuang inti yang menopang penjualan Acer. Berbagai macam faktor bentuk sudah diusung oleh lini Aspire, dari layar sentuh, layar yang dapat diputar, bahkan hingga tablet dengan docking, tidak ada faktor bentuk yang belum digunakan oleh seri Aspire. Akan tetapi, seri Aspire lebih terkenal sebagai notebook mainstream dengan tampilan klasik terutama untuk seri V. Untuk 2015, Acer memberikan penyegaran pada seri V dengan fitur dan desain yang menarik

Satu untuk semua

Dari sisi desain, Acer Aspire V3-371 tampil menarik. Notebook tipis dengan layar 13.3” ini memiliki layar yang lebih pendek dibandingkan dengan bagian dasarnya. Desain yang cukup menarik karena meskipun memiliki bagian dasar yang lebih panjang, engsel yang panjang juga menempatkan posisi layar seperti notebook lainnya ketika dibuka. Desain ini juga memberikan penempatan yang menarik untuk lampu status LED. Ketika banyak notebook menempatkan lampu status LED di sisi samping, Aspire V3 memiliki lampu status LED di pojok atas landasan notebook, terlihat jelas baik ketika layar tertutup maupun terbuka.

acer v3 light

Walaupun bukan termasuk Ultrabook, bodi Aspire V3 tergolong tipis. Dengan ketebalan sedikit di bawah 20 mm, Aspire V3 masih cukup bersahabat dengan tas profil kecil dan nyaman ditenteng satu tangan. Bentuknya yang relatif kompak ini sayangnya menyisakan sedikit port konektivitas, dengan 1x USB 2.0, 1x USB 3.0, HDMI (full size), LAN, SD card reader dan jack audio combo.

Aspire V3 menggunakan desain unibody dengan panel bawah yang tidak dapat dibuka. Acer menyertakan kisi-kisi kipas untuk masukan udara segar di bagian bawah yang kemudian dikeluarkan di sisi belakang bagian bawah layar. Desain yang menarik ini mengijinkan bagian dudukan tangan pada daerah touchpad menjadi relatif dingin meskipun prosesor bekerja secara maksimal.

Selain tekstur penutup layar yang bermotif premium, desain keyboard Aspire V3 terlihat biasa saja. Permukaan keyboard dengan aksen tekstur alumunium dengan touchpad satu panel memberikan kesan minimalis. Begitu juga dengan desain mata kunci keyboard chiclet yang minimalis.

acer-aspire-v3-meja

Masalah input, penggunaan tombol keyboard bergaya chiclet yang sudah menjadi standar Acer tampaknya semakin membaik. Tingkat kepejalan dan jarak tekan yang baik membuat mengetik pada notebook ini sangat nyaman. Touchpad yang besar juga memberikan respon yang baik dalam penggunaannya. Secara keseluruhan, desainnya cukup baik untuk kelas harganya.

Performa maksimal

Tidak hanya bentuknya yang mendapatkan penyegaran, Acer menyertakan prosesor Intel generasi Broadwell kepada Aspire V3 untuk performa dan daya tahan baterai yang lebih baik dibanding pendahulunya. Dari segi spesifikasi, Aspire V3 hadir dengan prosesor Core i5 5200U dengan Intel HD Graphics 5500, RAM 4GB, dan hard disk 500 GB.

Dari pengujian benchmark, Acer Aspire V3 masuk dalam kategori baik. Penggunaan prosesor generasi terkini Intel tampaknya memberikan kinerja yang baik di kelasnya. Dengan nilai Pcmark 8 2373, notebook ini mendapatkan nilai yang tinggi. Tidak hanya untuk produktivitas, prosesor grafis Intel HD Graphics 5500 yang diusung oleh Core i5 5200U juga memiliki kinerja yang sangat baik. Pada pengujian 3D Mark, notebook ini mendapatkan nilai ice storm 42945, cloud gate 4401, sky diver 2407 dan fire strike 561.

svg%3E

Kinerja tinggi ini membuat kami sedikit terkejut karena nilai-nilai benchmark tersebut dapat dibilang sudah masuk dalam kategori solusi multimedia hingga gaming. Kami pun mencoba menjalankan game PES 2015 untuk menguji kemampuan gaming notebook ini. Hasilnya cukup mengejutkan, dengan setting otomatis low quality dan resolusi 1280 x 720 (aspek rasio dikunci), kami dapat bermain game bola favorit tersebut dengan 60 FPS tanpa halangan berarti.

Pada penggunaan sehari-hari, kombinasi prosesor yang cepat dan kemampuan olah grafis yang tinggi membuat Aspire V3 melahap semua aplikasi-aplikasi besar maupun kecil. Meskipun terbatas dengan RAM 4GB, aplikasi-aplikasi besar dapat berjalan dengan cepat setelah dijalankan melalui cache memori RAM. Tentunya kami menyarankan untuk melakukan upgrade RAM untuk notebook ini bila memungkinkan.

acer-aspire-v3-samping

Dari segi multimedia, Aspire V3 mendapatkan nilai yang cukup baik. Walaupun layar 13,3 inci dengan resolusi HD 1366 x 768 pixel terlihat kurang tajam, namun layarnya ini hadir dalam permukaan matte (non glossy). Hasilnya, pantulan cahaya lampu dapat diminimalkan sehingga terkesan warna yang dihasilkan layar lebih dalam. Reproduksi warna cukup baik walaupun kadang terlihat pudar saat menampilkan gambar dengan kontras yang tinggi. Kualitas suara saat diuji memutar video HD termasuk oke, dengan kualitas suara yang cukup jernih dari speakernya yang ada di bagian bawah notebook. Seperti kebanyakan notebook dengan speaker di bagian bawah, reproduksi suara juga sedikit tergantung pada permukaan Aspire V3 diletakkan.

Untuk ketahanan baterai, Acer Aspire V3-371 termasuk mumpuni. Prosesor Intel generasi Broadwell terbukti mampu menyajikan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang efisien. Pada pengujian Battery Eater, notebook ini mampu bertahan hingga 2 jam 55 menit, cukup baik mengingat banyak notebook mainstream dengan kinerja yang lebih rendah namun memiliki daya tahan baterai yang sama. Untuk pengujian sehari-hari, notebook ini dapat bertahan hingga 5 jam dengan skema pemakaian sebagai berikut: power plan balanced, 50% brightness, Wi-Fi menyala, mengetik dokumen, browsing dan menonton video durasi 1 jam hingga baterai habis.

Kesimpulan

Acer Aspire V3-371 merupakan produk yang menarik. Desainnya masih mengusung faktor bentuk clamshell notebook pada umumnya namun dengan sentuhan-sentuhan desain yang tepat guna. Posisi lampu status LED, misalnya, merupakan suatu keputusan desain yang pintar. Walaupun cukup ringan, performanya ternyata mengejutkan dalam arti positif dan membuat notebook ini cukup oke untuk dipakai bekerja maupun bermain ringan.

Yang membuat kaget, notebook langsing ini dijual dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 7 juta rupiah. Walaupun ada beberapa notebook dengan spesifikasi serupa, namun tidak banyak yang memberikan sentuhan estetika desain sedetil Acer Aspire V3. Mempertimbangkan desain, harga, spesifikasi dan performanya, Acer Aspire V3-371 layak menjadi pertimbangan Anda yang mencari notebook handal dengan desain relatif tipis dan bobot yang ringan, namun dengan harga lumayan terjangkau.

Yang Canggih:
+ Desain cantik
+ Kinerja baik
+ Layar dengan finishing matte anti pantulan
+ Daya tahan baterai tergolong baik
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Layar kurang tajam dan warna agak pudar

[table]
Spesifikasi;Acer Aspire V3-371
Prosesor;Intel Core i5 (2.2 GHz)
RAM;4GB
Storage;500 GB (HDD)
Konektivitas;Bluetooth, WiFi, Gigabit Lan
Dimensi;327 x 228 x 19,6 mm.
Bobot;1,5 kg
[/table]

Verified by MonsterInsights