Hands-on Review: Kamera Samsung Galaxy S6

Seiring waktu, peningkatan kualitas kamera pada ponsel kini sudah mencapai pada titik yang menakjubkan dan mengancam keberadaan kamera saku. Walaupun masih memiliki keterbatasan lensa dan pengaturan jika dibandingkan kamera digital, kamera di ponsel semakin banyak digunakan sebagai alat perekam gambar utama bagi sebagian konsumen. Jika pada awalnya fitur kamera hanyalah sebagai fitur pelengkap pada sebuah ponsel, kini fitur kamera yang canggih menjadi salah satu andalan berbagai vendor untuk menarik hati konsumen. Maka tidak heran jika kualitas foto menjadi salah satu fitur yang diuji serius di berbagai ulasan media tentang smartphone, termasuk YANGCANGGIH.COM.

samsung-galaxy-s6-lensa

Memenuhi undangan Samsung Indonesia untuk acara Galaxy S6 World Tour di Singapura, YANGCANGGIH.COM berkesempatan menjadi salah satu media pertama yang secara resmi mencoba Samsung Galaxy S6 dan S6 edge. Pada acara eksklusif tersebut, Samsung sengaja menekankan dua aspek andalan yang dimiliki kedua smartphone tercanggihnya untuk 2015 tersebut, yaitu desain dan kamera.

UI sederhana

UI di kamera kini lebih sederhana
UI di kamera kini lebih sederhana

Satu hal yang langsung terlihat adalah pada antarmuka kamera Galaxy S6. Selain lebih sederhana, tampilannya juga lebih intuitif. Anda juga dapat melakukan pengaturan opsi fotografi dengan lebih cepat. Caranya, pilih Mode Pro dan Anda akan dapat menyesuaikan white balance, ISO, metering, exposure compensation, serta jarak fokus.

samsung-galaxy-s6-ui-kamera-pro

Saat dicoba, pengaturan dapat disesuaikan dengan cepat dan akurat. Saya sering mengatur fokus secara manual, terutama untuk foto-foto dari jarak dekat. Dengan layar resolusi tingginya, perubahan fokus dapat terlihat dengan cukup jelas. Hal ini tentunya berguna bagi Anda yang sering memotret dari jarak dekat atau makro.

Performa ekstra cepat
Peningkatan lain yang dibawa kamera Samsung Galaxy S6 dapat ditemukan saat menentukan fokus dan merekam foto. Begitu tombol shutter ditekan, foto dapat langsung terekam nyaris secara instan. Tidak perlu menunggu untuk mengambil foto berikutnya, bahkan saat mengambil foto HDR sekalipun. Jika dibandingkan Galaxy Note 4, performa kamera Galaxy S6 terasa lebih cepat.

Saya juga mencoba memotret dengan flash, dan kecepatannya juga relatif amat cepat saat terus memotret dengan flash menyala. Jeda hanya terasa saat flash mengukur cahaya sebelum aktif menyala. Setelah foto direkam, kamera langsung siap memotret kembali.

Respons kamera Galaxy S6 ini menjadikannya kamera ponsel paling ngebut yang pernah dicoba YANGCANGGIH.COM sejauh ini. Kecepatannya bahkan melebihi kamera saku prosumer ternama yang pernah kami uji.

Hasil foto mengagumkan
Jika dibandingkan dengan smartphone kelas atas Samsung sebelumnya, hasil foto Samsung Galaxy S6 merupakan yang terbaik. Salah satu faktor penentunya terletak pada desain S6 yang lebih pas di tangan, apalagi bagi Anda yang gemar memotret dengan satu tangan. Dengan desain yang memudahkan pengendalian ini, Galaxy S6 akan lebih stabil saat digunakan memotret.

Namun di luar faktor ukuran, sensor dan lensa S6 memang mengesankan. Dalam kondisi low-light, hasil fotonya cukup baik. Memang ada noise yang sedikit mengurangi detail, namun jelas masih lebih baik dibandingkan Galaxy S5. Ketajaman hasil foto di kondisi minim cahaya termasuk baik, untuk ukuran kamera ponsel. Akurasi exposure dan white balance juga tergolong dapat diandalkan, walaupun ada kecenderungan agak kebiruan untuk beberapa situasi.

Untuk menjajal kemampuan fotonya di kondisi cahaya ideal, Samsung mengajak para media dan tamu undangan ke Gardens by the Bay pada pukul 10 siang. Setelah ditemani Galaxy S6 selama beberapa jam dan menghasilkan lebih dari 500 foto, saya cukup terkesan dengan hasilnya.

20150402_105013

Reproduksi warna termasuk memuaskan, matang tapi tidak terlalu mencolok. Ketajaman foto juga tidak perlu diragukan lagi, dengan DOF (depth of field) yang cukup halus pada jarak obyek yang ideal. Dari contoh foto yang ada di atas, detail bunga berhasil direkam dengan amat baik dalam berbagai pencahayaan. Bahkan saat sengaja dihadapkan ke backlight atau cahaya yang kuat di latar, S6 juga bisa menanganinya dengan baik.

20150402_102950

Bagi penggemar selfie, performa kamera depan S6 juga cukup baik. Fitur Beauty Mode cukup dapat diandalkan untuk menyulap wajah menjadi lebih mulus, walaupun kadang efeknya terlalu berlebihan dan membuat wajah kurang alami. Sama seperti Galaxy Note 4, tersedia fitur Wide Selfie untuk mengambil foto dengan sudut ekstra lebar.

Cukup sentuh sensor detak jantung dan S6 akan langsung merekam foto
Cukup sentuh sensor detak jantung dan S6 akan langsung merekam foto

Berikut hasil foto dari Samsung Galaxy S6 tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap, silakan kunjungi akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Memotret dengan Galaxy S6 memang menyenangkan, berkat tampilan yang sederhana dan respons yang amat cepat. Namun yang lebih penting, hasil fotonya juga amat memuaskan. Jika ada keluhan, ada beberapa kasus saat white balance kamera tidak akurat dan cenderung warm atau kekuningan. Kondisi yang tercatat misalnya saat memotret di balik kaca dalam kondisi cahaya sangat terang. Begitu juga dengan cahaya samping yang sangat terang. Namun perlu dicatat, Samsung Galaxy S6 yang digunakan untuk ujicoba singkat ini merupakan produk sample dan bukan produk akhir yang akan dijual. Lalu apa kesimpulan awal dari pengujian yang singkat ini? Dilihat dari kecepatan dan hasil fotonya, Samsung Galaxy S6 memiliki potensi besar untuk menjadi smartphone dengan kamera terbaik tahun ini. Setuju?

Verified by MonsterInsights