Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Smartfren Andromax V3S

Saat ini selfie sudah menjadi ‘wabah’ yang sangat populer, bahkan Presiden berbagai negara pun melakukannya. Maka tidak mengherankan jika kamera depan pada smartphone kini juga ikut terdongkrak pamornya sebagai alat bantu selfie yang utama. Smartfren juga turut menangkap tren selfie tersebut dengan merilis Andromax V3S. Salah satu daya tarik yang ditawarkan adalah kamera depan yang telah dilengkapi flash LED.

Desain dan Kualitas Layar

Diproduksi oleh Innos, Smartfren Andromax V3S hadir dengan desain yang agak berbeda dengan ponsel Smartfren lainnya. Desainnya terlihat minimalis dengan sudut-sudut menyiku yang khas Jepang. Namun menurut kami, V3S merupakan smartphone Smartfren paling keren saat ini. Paduan desain dua warnanya – putih dan hitam – dengan sisi samping bergaya stainless steel juga memberikan kesan mewah bagi yang melihatnya. Saat digenggam, ponsel ini ternyata tidak sekaku ponsel dengan konsep desain yang lebih kaku seperti iPhone 5S atau Sony Xperia Z Series.

Untuk bahan, V3S menggunakan plastik mengkilap dengan tutup belakang berwarna putih mutiara. Finishing bodinya termasuk bagus, apalagi mengingat harganya yang di bawah 2 juta rupiah. Yang paling penting, bahannya tidak mudah kotor seperti plastik mengkilap yang ditemukan di ponsel sekelasnya.

aa02

aa01

WP_20141106_21_46_06_Raw

Sebagai sebuah smartphone di kelas harga yang persaingannya amat ketat, layar Andromax V3S sudah menggunakan panel IPS. Dengan ukuran 5 inci dan resolusi HD 1280 x 720 piksel, kualitasnya bagus dan enak dilihat. Layar dengan panelnya menempel dekat, sehingga meminimalisir pantulan dan memberikan kualitas maksimal untuk kepuasan mata Anda. Seperti yang bisa Anda harapkan dari sebuah layar IPS, sudut pandang sempit tidak mengurangi kualitas pandang layar dari samping secara signifikan. Tingkat kontras juga amat baik, demikian juga dengan level warna hitam. Warna yang ditampilkan juga menarik, akan membuat Anda betah berlama-lama melihat gambar atau video resolusi HD. Bahkan boleh dibilang, V3s merupakan salah satu smartphone Andromax dengan kualitas layar terbaik sejauh ini.

WP_20141106_21_40_10_Raw

Fitur dan Antarmuka

Seperti halnya ponsel keluaran Smartfren lainnya, tidak ada kostumisasi besar-besaran di ponsel yang menggunakan OS Android 4.4.2 KitKat ini. Untuk pengendalian, ponsel ini masih menggunakan tombol sentuh kapasitif di bawah layar. Sayangnya, dua tombol kapasitif di kiri dan kanan tombol utama hanya berupa titik saja sehingga membingungkan saat masuk ke dalam beberapa aplikasi. Imbasnya, kami terpaksa menerka-nerka fungsinya saat menekannya.
Yang menarik, tampilan pada V3S bisa dibuat menjadi landscape, sehingga menyerupai tablet. Untuk memberikan keamanan lebih, Anda bisa menggunakan mode Face Unlock, Pattern, PIN dan password seperti layaknya ponsel Android. Baik layar home maupun layar menu aplikasi terlihat penuh, karena bisa memuat 4 x 5 ikon aplikasi.

 a1

Bar notifikasi terdiri dari dua ‘tirai’ yakni notifikasi dan halaman pengaturan cepat instan. Di halaman pengaturan cepat ada informasi pemilik, pengaturan tingkat kecerahan, suara, Wi-fi, Airplane Mode dan lain-lain, serta indikator baterai.

a2

Performa

Andromax V3S dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 200 empat inti dengan clock 1,2GHz dan GPU Adreno 305. Performa nyata dari ponsel ini bagus, jarang ditemukan lag, kecuali jika Anda membuka terlalu banyak aplikasi. Ini disebabkan keterbatasan RAM yang kapasitasnya masih 1GB. Transisi layar di Homescreen mulus dan lancar, demikian juga saat dipaksa melakukan kerja cukup browsing membuka situs full (bukan situs mobile), main game dan sebagainya.

 a4

Dari hasil benchmark Antutu, Smartfren Andromax V3S mendapatkan skor 15110 poin, sudah termasuk dalam kategori “Not too bad” untuk aplikasi Antutu. Sementara di Quadrant Standard ponsel ini mendapatkan angka 8191 poin. Memainkan berbagai game yang mainstream seperti Real Racing 3, FIFA 15, dan sebagainya dapat dilakoninya dengan baik. Secara keseluruhan, kinerjanya termasuk cukup memuaskan untuk harganya.

Kamera

Walaupun resolusi kamera depan cuma 2 megapiksel, V3S memiliki flash LED yang dapat membantu Anda mengambil selfie di kondisi pencahayaan kurang. Jangan kuatir, kekuatan flashnya tidak sebesar flash pada kamera belakang, meskipun ukurannya terlihat lebih besar. Jadi, sudah pas untuk foto selfie yang biasanya dari jarak dekat. Hasilnya cukup baik, walaupun Anda harus memastikan jarak subyek dan kamera pas agar hasil foto selfie tetap tajam.

a3 

Dari sisi tampilan menu kamera, V3s menggunakan menu standar Android. Terdapat p[ilihan fitur HDR, mode fokus (makro, infinite, continuous autofocus), ISO (100-800), timer, pendeteksi wajah, dan efek warna, mode pemotretan dan sebagainya. Performa saat memotret sendiri termasuk lambat. Anda harus menunggu 1-2 detik setelah menekan tombol shutter. Pada saat jeda tersebut, tangan tidak boleh bergoyang agar hasil foto tetap tajam.

Untuk hasil foto, termasuk cukup bagus jika dilakukan di kondisi cahaya yang ideal dengan ketajaman yang cukup dan reproduksi warna yang menarik. Namun begitu cahaya berkurang, hasilnya jauh dari memuaskan dengan detail dan ketajaman yang menurun. Berikut hasil fotonya tanpa pengolahan sama sekali. Untuk hasil foto lengkapnya, dapat dilihat di akun Flickr resmi yangcanggih.com.

 

Baterai

Smartfren membekali Andromax V3S dengan baterai berkapasitas 2500mAh, cukup besar untuk ponsel dengan spek kelas menengah seperti V3S ini. Makanya tidak heran ponsel ini bisa bertahan 1 harian dengan kondisi pemakaian normal-agak berat seperti sering browsing, menggunakan kamera dan main game sederhana.

Kesimpulan

Dengan harga resmi Rp. 2 juta pas, apa yang ditawarkan Smartfren melalui Andromax V3S cukup menarik, terlebih untuk para maniak selfie. Namun kompetitor di kelas ini sudah sangat berdarah-darah, banyak sekali pesaing berat seperti Asus Zenfone 5 dan Huawei Honor 3c yang menawarkan RAM 2GB, Motorola Moto G serta ponsel dari vendor lokal, dan tidak lupa, rajanya ponsel murah meriah yakni Xiaomi Redmi 1S.

Yang Canggih:

  • Layar berkualitas tinggi
  • Kinerja cukup baik untuk berbagai aplikasi
  • Dual SIM (CDMA EVDO dan GSM 2G)
  • Hasil foto cukup baik di kondisi cahaya ideal
  • Desain cukup atraktif dan mirip dengan ponsel merek lain yang lebih mahal

 

Yang Kurang:

  • Multitasking banyak aplikasi terasa kurang mulus
  • Performa kamera lambat
  • Tombol kapasitif tanpa label sehingga membingungkan

 

[table]Spesifikasi;Smartfren Andromax V3S
Prosesor;empat inti 1,2GHz, Qualcomm Snapdragon MSM8612
GPU;Adreno 302
Layar;5 inci HD (1280 x 720 pixel)
RAM;1 GB
Memori;Internal 8GB
Kamera;Belakang 8 megapixel, Depan 2 megapixel
Koneksi;CDMA EVDO Rev. A, GSM EDGE, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;2500 mAh
Dimensi;-
Bobot;-
[/table]

Satu komentar

Back to top button