Quantcast
Mobile GadgetSmartphone

BlackBerry Umumkan Pemenang Kompetisi Smart City di BBIC 2014

Talenta luar biasa di kalangan kaum muda Indonesia bukanlah hal yang perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, dibutuhkan wadah yang tepat dan inspiratif untuk penyalurannya, baik untuk memperdalam kemampuan secara teknis maupun secara bisnis. Bersama ITB, BlackBerry menjalin kerjasama untuk menjadi wadah tersebut.

“Melalui BlackBerry Innovation Center (BBIC), kami ‘tampung’ para kaum muda Indonesia yang berbakat untuk membuat aplikasi yang cerdas dan lebih produktif sesuai dengan kondisi Indonesia,” ujar Kusuma Lienandjaja, Director of Governance Relations BlackBerry Indonesia menjelaskan.

bbic 2014 bandung

Salah satu yang diagendakan adalah kompetisi aplikasi. Bukan sekedar aliran fun atau games, namun yang lebih bermanfaat dan memenuhi pedomann ‘Built for Blackberry’ dan Blackberry 10 User Interface. Kompetisi ini dibagi dalam lima katagori yakni Smart City Jakarta, Smart Health, Smart Education, Smart Payment dan Smart Enteprise.

Kali ini, BBIC pun bekerjasama dengan pemprov DKI. “Kami di DKI memerlukan aplikasi yang dapat digunakan oleh public dan langsung dapat disampaikan pada pejabat yang terkait. Dengan demikian, persoalan yang ada dapat langsung di respon dengan cepat,” ujar Agus Bambang Setiowidodo Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta menjelaskan. Apalagi, pemprov DKI saat ini sedang menuju pelayanan terpadu 1 pintu yang diharapkan akan selesai pada 2015.

Dalam rangka ulang tahun ke dua BBIC ini juga, diumumkan hasil kompetisi tersebut. Dan pemenang untuk setiap katagorinya adalah :

Smart City Jakarta
Pemenang pertama – Floo Ride Sharing for Better Mobility
Pemenang Kedua – Pengembangan Pelacak berbasis Bluetooth Low Eenergy

Smart Health
Pemenang pertama – Sportpal
Pemenang Kedua – Smart Hospital

Smart Education
Pemenang pertama – Pinjam Buku
Pemenang kedua – Growth

Smart Payment
Pemenang pertama – Bayareen.com
Pemenang kedua – Slice Promo

Smart Enterprise
Pemenang pertama – Secure Survey
Pemanang kedua – Mobile Cashier

Selain itu juga, BBIC dan Blackberry memberikan beasiswa penelitian di bidang Mobile Computing untuk siswa berbakat. Tahun ini ada 18 sises sarjana strata 1 (S1), Pasca Sarjana, Strata Dua (S2) dan Doktoral, Strata Tiga (S3).

Back to top button