Quantcast
Foto & VideoLensaNews

Mitakon 42.5mm F/1.2: Lensa Bukaan Besar Murah Meriah

Memiliki lensa dengan bukaan diafragma besar menjadi impian setiap fotografer. Pasalnya, selain bisa menghasilkan efek bokeh yang lebih artistik, lensa bukaan diafragma besar juga lebih handal di kondisi minim cahaya. Sayangnya, banderol harga lensa di kategori ini rata-rata dibanderol dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Baru-baru ini sebuah angin segar berhembus dari pabrikan lensa asal Cina, Shenyang ZhongYi Optical and Electrical Company (ZY Optics), yang mengumumkan sebuah lensa berdiafragma F/1.2 dengan jarak fokal 42.5mm dibawah label Mitakon.

mitakon 42.5mm-1

Jika dulu Mitakon 50mm F/0.95 khusus dirancang untuk kamera Full-frame Sony A7-series seperti Sony A7, A7r dan A7s, maka Mitakon 42.5mm F/1.2 nantinya akan tersedia untuk kamera DSLM berbagai merk. Tercatat lensa ini akan dapat digunakan di kamera DSLM bersensor Micro Four Thirds (MFT) seperti kamera Panasonic Lumix atau Olympus PEN, dan DSLM dengan sensor APS-C seperti Sony E-Mount dan Fuji X-System.

Dari sisi spesifikasi, Mitakon 42.5mm F/1.2 telah mengemas 9 elemen lensa dalam 7 grup dengan bobot sekitar 310 gram. Sebagai catatan, tidak ada fungsi autofocus di lensa ini sehingga Anda harus mengoperasikan fokusnya secara manual. Jadi masih cukup cocok untuk kebutuhan memotret atau mengambil video. Selain itu, jarak fokal lensa 42.5mm yang ditawarkannya juga sangat ideal, khususnya untuk foto-foto portrait. Saat terpasang ke kamera MFT, lensa ini dapat menghasilkan foto yang setara dengan lensa 85mm di kamera Full-frame. Sementara untuk kamera bersensor APS-C foto yang dihasilkan akan setara dengan menggunakan lensa 64mm di kamera Full-frame.

Mitakon 42.5mm F/1.2 dibanderol dengan harga US$359 atau sekitar Rp4.300.000. Sebagai info, harganya ini jauh lebih terjangkau dari lensa Panasonic serupa yaitu Leica DG Nocticron 42.5mm f/1.2 yang harganya mencapai Rp.17.995.000. Penasaran dengan hasil foto lensa ini? Cermati di link berikut ini.

Back to top button