Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo S850

Saat ini cukup jarang ponsel pintar di tingkatan harga menengah yang cantik dan menggunakan materi selain plastik. Lenovo mencoba mengubah hal ini dengan merilis S850, sebuah ponsel Android yang stylish dengan menggunakan material kaca untuk eksteriornya.

Desain dan Kualitas Layar
Desain cantik dan mewah dengan material kaca yang menyelimutnya adalah jualan utama Lenovo S850. Dan hal itu amat nyata. Saat menggenggam S850, Anda akan merasakan kemewahannya. Apalagi jika dibandingkan dengan ponsel dengan bahan dari plastik, namun belum sampai tingkatan yang sama seperti ponsel kelas atas yang lebih mahal dengan eksterior kaca seperti Sony Xperia Z2 atau iPhone 4s. Namun hati-hati saat menggenggamnya, karena bahan kaca ini agak licin, terutama jika terkena keringat dari jari Anda.

DSC03947 DSC03956

Dengan dimensinya, ponsel ini cukup pas di tangan. Namun saat digenggam, ponsel ini terasa kaku karena bodinya yang rata bak supermodel ternama. Saat digunakan mengetik dengan dua tangan, S850 terasa cukup nyaman. Meskipun bukan mustahil, mengetik satu tangan di ponsel berlayar 5 inci ini cukup sulit.

DSC03977

Walaupun terkesan kaku, bingkai di sisi kiri dan kanan S850 cukup tipis. Ini menjadikan dimensi ponsel tidak terlalu lebar. Desain unibodi yang dianutnya juga membuat tutup belakang tidak bisa dibuka sehingga kartu SIM harus dimasukkan menggunakan tray khusus yang bisa menampung dua buah kartu micro SIM. Sayangnya tidak ada slot micro SD untuk memperluas penyimpanan memori internalnya yang berkapasitas 16GB. Tentunya ini adalah kompromi yang harus dilakukan untuk menghadirkan desain cantiknya.

Bagian samping ponsel ini seakan-akan dibingkai dengan logam atau metal, tetapi bukan. Bezel samping ini adalah plastik dengan finishing yang menyerupai logam. Cukup bagus sebagai pemanis desain S850 yang memang sudah manis. Lokasi loudspeakernya cukup “nyeleneh”, ada di sisi sebelah kiri, tepat di atas port kartu Micro SIM. Diduga keputusan desain ini lebih untuk memberikan bagian belakang yang lebih sederhana.

Untitled

Untitlefd

Layarnya dilapisi kaca dengan lapisan oleofobik yang cukup berguna untuk mengurangi kotoran dan keringat dari jari Anda. Layar 5 inci beresolusi 1280 x 720 piksel ini memiliki jarak yang amat dekat dengan kaca depannya. Ini menjadikan kualitas tampilannya lebih baik dengan tingkat pantulan yang rendah.

DSC03966

Kualitas layarnya juga amat baik saat dilihat dari berbagai sudut. Tingkat kecerahannya juga tinggi saat diatur ke tingkat maksimal. Sedangkan kontras dan saturasinya termasuk standar. Bila ponsel kelas menengah dengan layar 720p sering memiliki efek garis, Lenovo S850 hal itu tidak terjadi. Dari segi White Balance, ponsel ini lebih ke arah kebiruan sehingga lebih adem saat dilihat.

Fitur dan Antarmuka
Tampilan antarmuka pada Lenovo S850 mengikuti tren masa kini, yakni dengan tampilan ikon sederhana yang flat, tapi penuh warna. Seperti MIUI dan Apple iOS, layar utama menampilkan seluruh aplikasi, jadi hanya satu lapis saja, sehingga lebih enteng untuk memori ponsel dan lebih sederhana bagi para pengguna.

Untcitlevd

Walau demikian, fitur dan ubahan yang bisa Anda lakukan cukup variatif. Misalkan, efek transisi pada layar Home serta pengaturan Themes. Ada 9 buah Themes dengan berbagai nuansa, mulai dari yang minimalis, kekanak-kanakan, feminin sampai yang serius dan kaku. Anda bisa memadukannya dengan berbagai pilihan visual layar pengunci, sistem, antarmuka pada notifikasi, wallpaper, serta animasi saat ponsel dinyalakan.

Untitlevd

Tampilan notifikasi di atas layar telah memuat banyak pengaturan cepat untuk Wi-Fi, Bluetooth, tingkat kecerahan dan lain-lain. Recent Apps dapat dibuka dengan menahan tombol menu. Di sini Anda bisa memerintahkan untuk ‘kill’ semua aplikasi yang sedang berjalan untuk membersihkan RAM 1GB yang dibawanya. Intinya, UI S850 yang memang selaras dengan UI ponsel Lenovo yang ada cukup gegas dengan banyak pengaturan dan pilihan tampilan yang dapat diatur cukup luas.

Untitled

Performa
Menurut informasi dari aplikasi benchmark Antutu, Lenovo menyematkan chipset MT6582 dari Mediatek. Prosesornya memiliki 4 inti dengan clock 1,3GHz, sementara GPU menggunakan Mali 400MP. Memori RAM-nya sendiri adalah 1GB saja. Sejauh yang kami gunakan, ponsel Android kelas menengah ini lumayan stabil performanya, dalam artian jarang terjadi lag ataupun bug saat digunakan. Lebih jelasnya lagi, di Antutu Benchmark ini Lenovo S850 dapat angka 17756 poin, sementara di Quadrant Standard nilainya 7169 poin.

antutu

Menggunakan baterai 2150mAh, daya tahan baterai Lenovo S850 cukup baik. Jika digunakan dengan kondisi aktif menggunakan Internet dan memotret, Lenovo S850 dapat bertahan seharian sekitar 10-12 jam.

Kamera
Jika ponsel sekelasnya biasanya diberikan kamera 8MP, maka Lenovo membekali S850 dengan kamera 13 megapiksel. Fitur pemotretan pun cukup banyak, seperti Beauty, Panorama, EV Bracket Shot, PIP, Group Shoot dan Makro. Selain itu juga ada High Dynamic Range alias HDR. Saat dicoba, hasil foto dari mode HDR ini sering tidak pas penyambungannya sehingga menjadi seperti berbayang. Untuk menghasilkan foto HDR yang benar-benar sempurna, tangan Anda harus sangat stabil dan tidak goyang sama sekali.

EV Bracket Shot cukup menarik, jika mode ini diaktifkan, kamera akan memotret tiga kali berurutan dengan tingkat kecerahan yang berbeda. Kemudian Anda bisa memilih salah satu hasilnya, atau menyimpannya sekaligus. Lalu Anda bisa menggunakan program di PC Anda untuk menggabungkan ketiganya menjadi sebuah foto dengan rentang dinamis yang tinggi. Sementara PIP adalah Picture-in-Picture. Di sini Anda bisa menggabungkan foto kamera depan dan belakang, namun diambil dalam waktu yang berbeda dan tidak bersamaan.

ca

Hasil kamera dari ponsel ini cukup menjanjikan. Saat kondisi kurang cahaya cukup banyak detil yang hilang gara-gara noise removal, namun secara keseluruhan hasil foto cukup oke untuk sekedar diunggah ke media sosial.

Berikut hasil foto Lenovo S850 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap, silakan kunjungi akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Kesimpulan
Lenovo S850 diposisikan sebagai smartphone dengan desain cantik tapi dengan harga yang relatif terjangkau. Walaupun begitu, harganya yang ada di angka Rp2,9 juta memang berada di atas ponsel Android merek lain dengan spesifikasi serupa. Namun untuk harganya, Anda tidak akan menemukan ponsel Android dengan desain lebih mewah atau dengan warna casing lebih menarik (putih, biru, dan pink).

Ditunjang dengan performa yang lumayan serta hasil foto yang amat baik, Lenovo S850 amat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan ponsel berdesdain mewah tapi tidak terlalu mahal.

Yang canggih:
+ Desain menawan
+ Material kaca memberikan kesan premium
+ Kualitas tampilan amat baik
+ Hasil foto dan video tergolong baik
+ Kamera depan oke

Yang kurang:
– Tidak ada slot microSD
– Agak licin dan kaku saat digenggam
– Fungsi HDR sulit digunakan
– Harga di atas rata-rata

[table]Spesifikasi;Lenovo S850
Prosesor;Mediatek MT6582 quad-core 1,3GHz
GPU;Mali-400MP
Layar;5 inci HD (1280 x 720 pixel)
RAM;1 GB
Memori;Internal 16GB
Kamera;Belakang 13 megapixel, Depan 5 megapixel
Koneksi;HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;2150 mAh
Dimensi;141 x 71 x 8.2 mm
Bobot;140 gram
[/table]
Back to top button