Champ Man: Jadi Manager Klub Sepakbola Dunia di Android

Ada ungkapan, menjadi komentator jauh lebih mudah ketimbang yang bermain di atas lapangan. Bagaimana jika menjadi manajer atau pelatih?

champman20132014_957704

Setidaknya berbekal gadget Android, Anda bisa menjajal kemampuan sebagai manajer sebuah klub atau negara lewat game Champ Man. Tersedia dua mode yakni klub dan internasional yang bisa Anda pilih. Pada mode klub, ada 434 klub dari total 23 liga yang berbeda di seluruh dunia, seperti berbagai liga di Eropa, Brasil, Argentina, Rusia hingga Turki. Indonesian Super League kita yang penuh dengan mafia itu tidak ada di dalamnya.

Champ Man memiliki desain klasik a-la game Championship Manager yang telah populer sejak belasan tahun lalu. Anda bisa mendesain ulang klub favorit dengan pemain pilihan, atribut, hingga melatih mereka untuk meningkatkan kemampuan serta nilai jualnya di jendela transfer. Saat bermain, Anda juga bisa memilih mode kecepatan lambat, normal atau cepat.

Saat pertama kali bermain, Anda harus mulai dari klub yang biasa-biasa sebelum dapat menangani klub besar kelas dunia. Untuk menambah pemain, Anda dapat membelinya dengan uang sungguhan atau terus bermain mengumpulkan uang virtual yang kemudian dapat digunakan untuk membeli pemain.

champman3

Saat artikel ini ditulis, kami mendapati banyak keluhan pengguna ketika memainkan mode Club. Rupanya beberapa pengguna sering gagal mengakses mode ini, bahkan saat Anda sedang berada di tengah-tengah musim. Penulis sendiri hanya memainkan mode International selama satu musim (dan memenangkan juara kedua) tanpa masalah berarti. Namun sekedar catatan, saat kami keluar dari game untuk melakukan hal lain secara multitasking, permainan tidak tersimpan dan harus mengulang dari awal.

Jika tertarik, unduh dan pasang saja secara gratis dari Google Play Store. Atau jika Anda khawatir permainan Anda tak dapat kembali padahal sedang menempuh musim yang gemilang, coba saja aplikasi gratis serupa dari Google Play Store, seperti Top Eleven Be a Soccer Manager, PES Manager atau SuperSoccer Football Manager dari Djarum Soccer. Selamat beradu strategi!

Verified by MonsterInsights