Foto & VideoLensaNews

Zeiss Loxia: Dua Lensa Khusus untuk DSLM Full Frame Sony

Carl Zeiss mulai terlihat serius merespon tren kamera DSLM yang semakin laris manis. Setelah merilis Zeiss Touit setahun lalu, kini Zeiss kembali menghadirkan lensa untuk DSLM keluaran Sony dengan nama Zeiss Loxia.

zeiss loxia-1

Lensa terbarunya ini khusus dirancang untuk kamera DSLM full frame milik Sony. Yang artinya hanya pengguna kamera DSLM Sony A7, A7R dan A7S saja yang bisa dipasangkan dengan lensa ini. Sony menyediakan lensa ini dalam dua pilihan model yaitu 35mm dan 50mm dengan bukaan diafragma yang sama yaitu F/2.0.

Keunikan dari kedua lensa ini tidak hanya terlihat dari segi penamaannya saja, tapi juga pada konstruksi lensanya. Kedua lensa tersebut terinspirasi oleh dua lensa manual Zeiss yang legendaris.

Untuk model 35mm diadaptasi dari lensa 35mm Biogon ZM F/2.0 yang dirancang untuk Leica M-mount. Lensa mengemas 9 elemen lensa dalam 6 grup dengan elemen lensa anomalous partial dispersion di posisi terdepan.

Lensa keduanya, 50mm, diapdatasi dari lensa lawasnya 50mm f/2 Planar. Lensa ini terdiri dari 6 elemen lensa dalam 5 grup. Di adaptasi dari konstruksi lensa lawas, keduanya juga tidak dilengkapi dengan elemen lensa asperical yang umum digunakan di lensa-lensa modern saat ini. Tanpa kehadiran elemen lensa asperical, ini artinya keduanya mampu menghasilkan foto dengan ciri khas lensa-lensa retro.

Untuk memanjakan para pembuat video, kedua lensa ini juga telah dilengkapi dengan tombol untuk pengaturan diafragma pada lensa. Dengan menekan tombol tersebut, para videografer dapat melakukan pengaturan diafragma lewat cincin diafragma langsung di lensanya.

Zeiss Loxia 50mm F/2.0 tersedia di bulan Oktober 2014 dengan kisaran harga US$949 atau sekitar Rp11.000.000. Kemudian akan menyusul Zeiss Loxia 35mm F/2.0 di akhir tahun dengan harga US$1299 atau sekitar Rp15.000.000.

Back to top button