Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Olympus PEN E-PL7: Kamera Mirrorless Bergaya Retro untuk Hasil Selfie Jempolan

Bukan sekedar tren, selfie telah menjadi fenomena tersendiri dalam dunia fotografi. Buktinya, seluruh produsen kamera seakan berlomba untuk mengeluarkan produk yang membuat aktivitas potret diri tersebut menjadi lebih mudah dan lebih menawan. Kabar terbaru datang dari Olympus yang baru saja mengumumkan Olympus PEN E-PL7 generasi penerus E-PL6.

olympus-e-pl7-1

Garis desain retro masih tetap terlihat pada Olympus PEN E-PL7. Bahkan sekilas desainnya tidak berbeda dengan Olympus PEN E-PL6. Perubahan yang paling terlihat akan ditemukan pada sektor layar. Meski besaran layarnya tetap 3 inci, E-PL7 kini membawa layar fleksibel yang bisa dilipat ke bawah. Ini berbeda dengan layar fleksibel Olympus PEN E-PL6 yang hanya bisa dilipat ke atas.

Untuk hasil foto selfie yang lebih maksimal, Olympus telah menambahkan mode selfie yang secara otomatis akan aktif saat layarnya dilipat ke bawah. Pada mode ini, pengambilan foto diri dapat segera dilakukan hanya dengan mengetuk bagian layarnya. Beragam gaya foto selfie juga bisa dilakukan lewat tersedianya opsi pengaturan waktu dan interval pengambilan foto selfie hanya dengan menyentuh layarnya tersebut.

Bicara soal spesifikasi, Olympus PEN E-PL7 masih cukup identik dengan E-PL6. Ini terlihat dari digunakannya sensor MFT 16 megapixel. Namun ada beberapa teknologi yang dimiliki DSLM premium Olympus, E-M10, yang turut ditanamkan ke E-PL7, seperti misalnya fitur peredam getar 3 axis dan sistem autofokus 81 titik. Nampaknya tambahan teknologi tersebut dapat menjadi resep yang jitu untuk menghasilkan foto selfie yang bebas blur dan tetap fokus, mengingat foto selfie lebih sering dilakukan hanya dengan menggunakan satu tangan.

Olympus PEN E-PL7 juga menjadi DSLM pertama di lini menengah Olympus yang mendapat konektivitas WiFi untuk terhubung ke smartphone atau tablet. Tambahan lain, kamera juga memiliki ragam filter dan mode pemotretan yang lebih variatif seperti filter “Vintage” untuk efek foto seperti yang dimiliki aplikasi Instagram dan efek “Old Film Effect” untuk pengambilan video dengan efek retro.

Olympus PEN E-PL7 akan tersedia di akhir September 2014. Harganya US$700 atau sekitar Rp8.400.000, sepaket dengan lensa 14-42mm.

[table th=”0″]” “;Olympus PEN E-PL7
Sensor; 4/3 16 MP
Prosesor; TruePic VII
ISO;Auto, 200 – 25600
Autofokus; Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Lensa; Micro Four Thirds
Layar; Tilting 3-inci 1,037,000 titik
Continuos Shoot; 8fps
Video;1920 x 1080 (30p), 1280 x 720 (30p), 640 x 480 (30 fps)
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC card
Konektivitas; USB, HDMI, WiFi
Dimensi;115 x 67 x 38 mm
Bobot;357 gram
[/table]
Back to top button