Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Motorola Moto G

Setelah berhasil memboyong beberapa lini smartphone Android premium seperti Droid RAZR beberapa tahun silam, nama besar Motorola seakan tenggelam di pasar smartphone tanah air. Mencoba kembali menggaungkan namanya di Indonesia, kini hadir Motorola Moto G yang diposisikan di segmen smartphone Android kelas menengah.

Konsep Desain
Moto G hadir dengan layar sentuh IPS 4.5-inci HD yang memiliki kerapatan pixel hingga 329 ppi. Maka tidak heran jika layarnya tampil tajam dengan kontras warna yang amat baik dibandingkan smartphone sekelasnya. Desain bodinya menganut konsep unibodi dengan bagian sudut yang agak membulat dan bagian belakang bodi terlihat sedikit melengkung. Dengan desainnya tersebut, Moto G cukup nyaman dan pas saat digenggam. Bagian panel penutup baterainya telah dilapisi bahan karet sehingga tidak licin di tangan.

Moto-G-1

Untuk sebuah smartphone kelas menengah, Moto G tampil kokoh dan meyakinkan. Bahkan smartphone ini telah dilapisi dengan lapisan anti air untuk perlindungan dari cipratan air dan guyuran air hujan. Layarnya juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass untuk membuatnya lebih tahan terhadap goresan.

Moto-G-2

Keunikan Moto G juga terlihat dari penempatan slot kartu SIM yang tidak seperti smartphone pada umumnya. Jika smartphone pada umumnya menempatkan 2 slot kartu SIM secara berdekatan, Moto G menempatkannya secara terpisah. Slot kartu SIM pertama di bagian kanan atas bodi dan slot kartu SIM kedua ada di bawah kiri bodi.

Fitur dan Performa
motorola-assist-1

Satu keunikan lain, Moto G telah dibekali OS KitKat langsung dengan antarmuka Google Android yang tidak diutak-atik sama sekali. Selain itu, juga ada fitur tambahan menarik lain seperti Motorola Assist yang akan membantu menyesuaikan kondisi ponsel ketika Anda sedang sibuk atau beristirahat. Misalnya, jika Anda memilih opsi Meeting, maka Moto G secara otomatis akan mengakses kontak kalender pada akun Google di ponsel. Jika di kontak kalender ada jadwal rapat, maka Motorola Assist akan langsung mengubah mode smartphone menjadi “silent” saat jam rapat tersebut. Canggih kan?

motorola-migrate-1

Kemudian masih ada Motorola Migrate yang membantu pemindahan data ke Moto G. Dengan fitur ini, Anda bisa memindahkan seluruh konten di smartphone lama Anda seperti foto, video, kontak, riwayat panggilan dan pesan ke Moto G hanya dengan sekali sentuhan, tanpa menggunakan PC atau kabel.

Dengan mengandalkan SoC Quad Core Qualcomm Snapdragon 400 1.2 Ghz dan RAM 1GB, performa Moto G sudah sangat mumpuni untuk beragam kegiatan. Menonton film HD, browsing, mendengarkan musik dapat dituntaskan dengan cukup mulus tanpa terasa ada lag yang berarti.

Untuk bermain game HD, smartphone ini masih bisa diandalkan berkat GPU Adreno 305 yang digunakannya. Kami mencoba menjalankan Real Racing 3 dan hasilnya cukup memuaskan. Tidak ada lag yang berarti sehingga permainan berjalan mulus dan menyenangkan. Berikut hasil benchmark Moto G dengan aplikasi Antutu dan Vellamo.

benchmark-1

Dalam hal kapasitas penyimpanan, memori intenal 8GB Moto G memang cukup terbatas tanpa adanya tambahan slot kartu microSD. Tapi Motorola telah menyiapkan solusinya. Khusus untuk Moto G, Motorola memberikan gratis tambahan kapasitas 50GB untuk Google Drive. Dengan begitu, kapasitas total Google Drive Anda akan menjadi 65GB.

Bagi yang gemar memotret, Moto G membawa kamera beresolusi 5 megapixel dengan tambahan LED Flash. Hasil fotonya termasuk baik dengan tingkat ketajaman dan kontras warna yang cukup baik di kondisi cahaya ideal. Beralih ke pencahayaan yang kurang, noise akan terlihat jelas di hasil foto, walaupun reproduksi warna masih terjaga dengan cukup baik. Untuk lebih jelasnya, silakan cermati hasil foto Moto G berikut ini.

IMG_20140702_161834291

IMG_20140629_153656753_HDR

IMG_20140702_161523021

Baterainya yang berkapasitas 2070 mAh juga memiliki performa cukup baik. Dengan pengaturan gelap terang 50%, satu kartu SIM, pemakaian push email yang cukup sibuk, browsing, chat di Whatsapp dan koneksi data aktif, kami dapat memakainya hingga 10 jam sebelum harus diisi kembali.

Kesimpulan
Dengan kombinasi performa yang baik, OS KitKat dengan tampilan Google asli, serta harga yang kompetitif, Motorola Moto G tampil sebagai paket smarpthone Android yang menarik. Bagi Anda yang mendambakan smartphone Android yang terjangkau dengan fitur unik serta merek tidak pasaran, jangan sampai lewatkan Motorola Moto G.

Yang Canggih:
+ Performa oke
+ Kualitas layar dan bodi baik
+ Aplikasi bawaan Motorola berguna
+ Gratis Google Drive 50GB
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Hasil foto kurang baik di kondisi minim cahaya
– Tidak ada slot kartu memori

Back to top button