Quantcast
AndroidAplikasiPilihan

5 Aplikasi Olah Foto Android Paling Canggih 2014

Siapapun akan sangat senang jika hasil bidikan fotonya yang dibagikan ke Instagram atau Facebook mendapatkan jumlah Like yang banyak. Dari ribuan aplikasi foto yang tersedia di Google Playstore berikut 5 pilihan aplikasi olah foto yang menurut kami paling canggih dan wajib dimiliki oleh seluruh pengguna Android.

1. Perfectly Clear

Perfectly Clear-1

Salah satu keunggulan Perfectly Clear yang tidak dimiliki oleh aplikasi olah foto lain adalah kemampuannya untuk mengoreksi warna dan tingkat gelap terang hasil foto dengan sangat akurat dan tetap terlihat natural. Hanya dengan menekan tombol Fix!, aplikasi ini mampu mengoreksi warna foto menjadi lebih baik dalam sekejap. Jika masih kurang oke, Perfectly Clear juga menyediakan beragam opsi olah foto lain seperti pengaturan Brightness, Depth, Vibrancy, Tint, Skin tone hingga Eye enhancer untuk memperbesar mata Anda.

Keunikan lain, Perfectly Clear tidak menyediakan aplikasi penyuntingan seperti crop atau straighten yang umum dimiliki aplikasi olah foto pada umunya. Dan aplikasi besutan Athentech ini memang dibanderol dengan harga yang relatif tinggi yaitu sekitar Rp32.565. Namun, menurut kami cukup sepadan dengan kemampuan yang ditawarkannya.

2. Snapseed

snapseed-1

Tidak ingin merogoh kocek lebih untuk mendapatkan hasil foto maksimal? Snapseed adalah jawabannya. Aplikasi olah foto gratis dari NikSoftware ini memang berawal dari versi desktop untuk PC dan Mac. Namun, setelah dimiliki Google, Snapseed akhirnya hanya tersedia untuk platform iOS dan Android serta menjadi aplikasi olah foto untuk Google+.

Snapseed memiliki antarmuka yang amat sederhana dengan fitur olah foto yang cukup menarik. Untuk memperbaiki warna dan gelap terang hasil foto tersedia opsi Auto Correct untuk membetulkan warna dan gelap terang foto secara otomatis. Atau Anda bisa menggunakan opsi Tune Image dan selective image jika ingin mengubah tingkat gelap terang atau kontras di area tertentu pada foto.

Aplikasi ini pun memiliki tools untuk crop, straighten, rotate, hingga menyediakan beragam opsi efek filter foto dan bingkai. Paling menarik, Snapseed memiliki fitur efek foto Tilt Shift dan opsi olah foto menjadi HDR yang bisa diutak-atik untuk hasil yang lebih memukau.

3. Adobe Photoshop Express

adobe photoshop express

Aplikasi olah foto gratisan lain yang tidak kalah canggih yaitu Adobe Photoshop Express. Sama seperti Snapseed, aplikasi yang bermula dari versi desktop ini juga menyediakan beragam pilihan perangkat olah foto dan efek filter yang sangat lengkap dari crop, rotate, flip, hingga tersedia tool Blemish Removal untuk menghilangkan area yang tidak diinginkan pada foto. Pemakaiannya juga cukup mudah.

Adobe Photoshop Express menjadi tambah menarik dengan tersedianya opsi menghilangkan efek red eye pada bagian mata subjek yang sering muncul akibat memotret dengan flash. Kecanggihannya yang lain, aplikasi ini sanggup menangani file foto berukuran besar dan mendukung penyuntingan untuk foto dalam format RAW.

4. VSCO Cam

VSCOCAM-1

Mengawali debutnya sebagai plugin untuk aplikasi Adobe Lightroom dan Adobe Camera RAW di PC dan Mac, Visual Supply Co akhirnya menghadirkan VSCO Cam untuk smartphone.

Sama seperti versi desktopnya, aplikasi VSCO Cam juga menawarkan beragam efek foto retro ala kamera analog. Di Playstore memang saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang menawarkan efek foto sejenis, termasuk Instagram yang menjadi pelopornya. Namun, VSCO Cam berhasil menarik perhatian kami dengan beragam efek foto retronya yang memiliki pilihan tonal warna yang sangat mendekati simulasi efek kamera analog (film).

Selain keunikannya tersebut, VSCO Cam juga menyediakan beragam fitur olah foto sederhana seperti pengaturan kontras, tingkat gelap terang, crop, saturasi, bayangan hingga mempertajam atau menambah noise pada hasil foto.

VSCO Cam tersedia secara gratis dan menyediakan beragam koleksi efek filter foto keren dalam bentuk in-app purchase atau pembelian dalam aplikasi dengan harga relatif terjangkau.

5. Pixlr Express

pixlr express

Aplikasi olah foto yang satu ini memiliki tools yang lengkap. Selain menawarkan fitur olah foto mendasar seperti crop, rotate serta pengaturan brightness dan contrast. Tapi Anda bisa menggunakannya untuk memperindah foto tanpa perlu lagi aplikasi tambahan. Pixlr Express memiliki 600 lebih pilihan efek foto yang bisa dikombinasikan dari efek filter warna, cahaya, bingkai, sticker hingga menambahkan kalimat-kalimat indah pada foto lewat opsi Text yang dimilikinya.

Untuk mempermudah koreksi pencahayaan di foto, tersedia opsi Auto Fix yang bisa membetulkan foto dalam sekejap. Hasil foto pun bisa dibuat lebih artistik dengan tampilan efek bokeh yang manis menggunakan fitur Focal Blur. Selain itu, tersedia juga opsi untuk membuat foto kolase dengan pilihan layout, warna latar dan bingkai yang semuanya bisa dikustomisasi sesuai selera.

Dari 5 aplikasi ini, mana yang sudah Anda gunakan? Bagikan ceritamu di kolom komentar di bawah ini.

Back to top button