Cactus V6: Wireless Transceiver Pertama di Dunia Untuk Beragam Merk Flash

Wireless flash trigger memegang peranan penting untuk memotret dengan flash tidak menempel di kamera atau juga dikenal dengan istilah strobist. Namun kebanyakan trigger wireless yang ada saat ini biasanya terbatas hanya dapat digunakan untuk mengaktifkan flash merek tertentu (merek yang sama dengan kameranya). Untuk memecahkan masalah tersebut, Cactus, kini menghadirkan wireless flash trigger terbarunya Cactus V6.

cactus-V6-birdview

Dengan Cactus V6, Anda bisa mengaktifkan berbagai flash dengan merek berbeda hanya menggunakan satu trigger. Bahkan Cactus V6 ini merupakan trigger pertama di dunia yang bisa mengaktifkan flash berbeda merek dalam waktu bersamaan. Untuk saat ini, Cactus V6 mampu digunakan untuk mengaktifkan flash kamera Canon, Nikon, Pentax dan beberapa brand flash pihak ketiga seperti Godox, Metz, Nissin, Yongnuo, Sigma, Phottix, dan flash buatan Cactus sendiri.

Tidak hanya sekedar mengaktifkan flash saja, Cactus V6 juga punya sederetan fitur tambahan. Misalnya mendukung TTL jika digunakan untuk mengaktifkan flash yang telah memiliki fitur TTL. Jika flash belum dilengkapi dengan dukungan TTL, Cactus V6 juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan output tingkatan cahaya flash yang diinginkan secara manual.

cactus-1

Menariknya, Cactus V6 juga telah menyimpan sekitar 30 ragam profil flash yang ada di pasaran agar dapat berkerja secara bersamaan. Ini artinya, saat Anda memotret menggunakan flash Nikon SB-910 dan Canon 430EX untuk memotret, Cactus V6 mampu mengatur kedua flash berbeda brand ini untuk menghasilkan output cahaya flash yang sama kuat sehingga hasil foto mendapatkan pencahayaan yang merata. Kedepannya, Cactus pun akan menghadirkan update berkala untuk melakukan update profil flash ini agar Cactus V6 dapat kompatibel dengan flash yang lebih beragam.

Bagi yang gemar memotret dengan bantuan lebih dari satu flash, Cactus V6 mampu digunakan untuk memotret dengan flash hingga 4 grup melalui 16 kanal yang dimilikinya. Selain itu tersedia mode delay yang berguna untuk mengaktifkan flash secara bergantian dan mode Lo Power untuk memotret dengan durasi flash yang sangat singkat.

Cactus V6 saat ini telah tersedia di pasaran dan dibanderol dengan harga US$54.95 atau sekitar Rp632.500. Untuk memesannya, Anda bisa melakukannnya di sini.

Verified by MonsterInsights