SolidRun HummingBoard: Pesaing Raspberry Pi yang Lebih Fleksibel

Raspberry Pi saat ini masih tetap menjadi pilihan para penggemar sistem PC mini single board berbasis prosesor ARM yang memiliki dimensi seukuran kartu kredit. Ini karena harganya yang relatif terjangkau dan mendapat dukungan komunitas pengguna serta pengembang yang juga lebih banyak dari kompetitornya. Dengan konsep yang sama, SolidRun mencoba menghadirkan saingan dari Raspberry Pi denga produknya yang lebih menjanjikan yaitu HummingBoard.

solidrun-1

Tersedia 3 pilihan konfigurasi HummingBoard yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Model paling bawah, HummingBoard-i1, memiliki prosesor Freescale i.MX6 Solo ARM Cortex-A9, GPU Vivante GC880, RAM 512MB, serta telah dilengkapi port Ethernet 10/100, 2 port USB 2.0, slot kartu microSD, port HDMI, port SPDIF dan GPIO header. Memang standar tapi cukup oke untuk kebutuhan mendasar.

Untuk di segmen menengah, tersedia HummingBoard-i2 dengan kelengkapan port yang sama seperti HummingBoard-i1, tapi dengan spesifikasi lebih tinggi. Model ini telah mengemas prosesor dual-core i.MX6, dan RAM 1GB.

ASUS vivobook s14 flip 728

Sedangkan HummingBoard-i2eX, atau model teratasnya, hadir dengan sedikit perbedaan. Koleksi port yang dimilikinya tambah lengkap yaitu dengan adanya tambahan port Gigabit Ethernet, 2 port tambahan USB 2.0, port infrared, dan input mikrofon. Sementara konektornya juga lebih lengkap dengan adanya mSATA II dan PCI Express. Untuk tipe ini, telah digunakan GPU GC2000 yang lebih berteanga.

Ketiga model ini bisa menjalankan sistem operasi Android, Ubuntu dan Debian. Anda dapat menggunakannya sebagai sarana edukasi atau hanya sekedar memuaskan hobi utak-atik untuk membuat media server atau membuat media center di rumah.

Meski memiliki konsep yang sama dengan Raspberry Pi, HummingBoard memiliki keunggulannya tersendiri. Tidak seperti Raspberry Pi yang seluruh komponennya sudah terpasang dalam 1 papan motherboard, SolidRun merancang prosesor dan memori RAM Hummingboard dengan mekanisme lepas pasang seperti PC pada umumnya. Jadi secara teori, Anda bisa meningkatkan performa HummingBoard dengan mengganti prosesornya dengan yang lebih kencang atau menambah besaran memori RAM.

HummingBoard saat ini sudah dapat dipesan melalui laman SolidRun. Untuk harganya, HummingBoard-i1 sekitar US$45, HummingBoard-i2 sekitar US$75 dan HummingBoard-i2eX sekitar US$100.