Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Microsoft Surface Pro 3: Tablet Ramping untuk Menyaingi Laptop Mungil

Fungsionalitas tablet saat ini memang belum sepenuhnya bisa menggantikan fungsi laptop. Tapi, kemunculan tablet Microsoft Surface Pro generasi terbaru, Microsoft Surface Pro 3, nampaknya akan mulai mengusik popularitas laptop terutama laptop berukuran mini yang memiliki layar 10-inci hingga 11.6-inci.

Microsoft Surface Pro 3-1

Microsoft Surface Pro 3 membawa sederetan peningkatan baru, baik dari sisi desain dan performa, agar semakin layak menggantikan fungsi laptop. Pertama, Microsoft Surface Pro 3 hadir dengan ukuran layar sentuh yang lebih besar. Layar 12 incinya ini mengusung teknologi layar ClearType dengan resolusi layar 2160 x 1440 pixel yang lebih tajam dibandingkan Full HD biasa. Ukuran layarnya ini 38% lebih besar dari Surface Pro 2 dengan jumlah pixel yang juga 50% lebih banyak. Ini berarti tampilan Surface Pro 3 akan memiliki kerapatan pixel lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Sebagai tambahan, layarnya pun telah mendapat sentuhan kalibrasi warna langsung dari pabrik agar dapat menyajikan tampilan dengan warna yang lebih akurat dan aspek rasio layarnya hadir dengan aspek rasio 3:2 yang diklaim akan lebih nyaman digunakan baik dalam posisi vertikal atau horizontal.

Microsoft Surface Pro 3-3

Berbanding terbalik dengan layar yang membengkak, bodi Surface Pro 3 justru melangsing. Dengan ketebalan bodi yang hanya sekitar 9,1 mm dan bobot sekitar 800 gram, tablet ini tampil lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan dengan laptop tipis andalan Apple, MacBook Air. Kendati demikian, urusan performanya ikut mengalami peningkatan dengan waktu guna baterai yang diklaim lebih tahan lama.

Microsoft Surface Pro 3-2

Microsoft Surface Pro 3 hadir dengan pilihan prosesor Intel generasi keempat dari Intel Core i3, Core i5 dan Core i7 yang menjanjikan waktu guna hingga sekitar 9 jam, 10% lebih tahan lama dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Microsoft Surface Pro 2. Sektor RAM tersedia dalam 2 konfigurasi tergantung dari pilihan ruang penyimpanannya. Untuk Microsoft Surface Pro 3 berkapasitas 64GB atau 128GB hadir dengan besaran RAM 4GB. Dan untuk yang kapasitas 256GB atau 512GB besaran RAM yang digunakan yaitu 8GB.

Kemudian beralih ke sektor konektivitas, Microsoft melengkapi tablet ini dengan konektivitas yang tergolong lengkap. Diantaranya, koneksi Bluetooth, WiFi, USB 3.0, selot pembaca kartu memori microSD, headset jack, port Mini Display dan Cover Port. Untuk mengabadikan momen, Microsoft Surface Pro 3 dilengkapi dengan kamera depan dan kamera belakang beresolusi 5 megapixel.

Kenyamanan pengguna ikut mendapat perhatian. Ini terlihat dari desain kaki penyangga Microsoft Surface Pro 3 yang kini dapat diatur hingga sudut 150 derajat untuk menyesuaikan sudut pandang. Seperti generasi terdahulu, juga tersedia aksesoris keyboard cover yang kini memiliki trackpad berukuran 63% lebih besar dan tersedia dalam 5 pilihan warna yang menarik. Anda juga bisa membeli aksesoris pena stylus khusus secara terpisah.

Microsoft Surface Pro 3-4

Microsoft Surface Pro 3 menjalankan Windows 8.1 yang artinya seluruh aplikasi berbasis Windows yang ada di desktop atau laptop bisa dijalankan di tablet ini. Jadi sekali lagi, ini bukan Windows RT yang memiliki aplikasinya tersendiri. Yang paling menarik, Microsoft juga berhasil menggandeng Adobe untuk menghadirkan aplikasi Adobe Photoshop yang telah dioptimalkan untuk tablet ini.

Tablet terbaru dari Microsoft ini akan dijual dengan banderol harga mulai dari US$799 untuk konfigurasi Intel Core i3, RAM 4GB dan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 64GB. Sementara untuk versi tertingginya yang menggunakan Intel Core i7, RAM 8GB dan kapasitas 512GB dibanderol sekitar US$1949. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Microsoft Surface Pro 3
Prosesor; 4th generation Intel® Core™ i3, i5 atau i7
SSD/RAM; Versi 64GB dan 128GB dengan RAM 4GB, Versi 256GB dan 512GB dengan RAM 8GB
Layar; Layar sentuh 12-inci ClearType Full HD Plus, 2160 x 1440 pixel (3:2)
OS; Windows 8.1 Pro
Konektivitas; Wi-Fi, Bluetooth 4.0, Digital Compass, USB 3.0, microSD card reader, Headset jack, Mini DisplayPort, Cover port
Kamera; Kamera depan 5.0 megapixel, kamera belakang 5.0 megapixel
Speaker; Stereo dengan Dolby®
Sensor; Ambient light sensor, Accelerometer, Gyroscope, Magnetometer
Baterai; hingga 9 jam
Dimensi; 292mm x 201.3mm x 9.1mm
Bobot; 800 gram
[/table]
Back to top button