Aksesoris KomputerKomputerNews

The Micro 3D: Printer 3D Hemat Tempat

Kehadiran teknologi printer 3 dimensi membuka berbagai kesempatan baru bagi para penggemar modeling atau replikator. Kebanyakan printer 3D datang dengan ukuran besar, namun tidak demikian dengan Micro 3D atau M3D.

M3D-2

Printer 3 dimensi yang satu ini memiliki ukuran cukup kecil sehingga bisa diletakkan diatas meja tepat di samping komputer atau laptop Anda. Hadir dengan ukuran sisi 18,5 sentimeter, printer berbentuk kubus ini memiliki area cetak seluas 10,9 x 11,3 sentimeter dengan tinggi maksimal 11,6 sentimeter.

Dilengkapi dengan aplikasi desain bawaan yang mudah digunakan lengkap dengan dukungan layar sentuh, printer 3 dimensi ini dapat dioperasikan baik oleh profesional maupun pemula. Untuk memudahkan pengguna baru, M3D telah menyertakan beragam desain sederhana langsung di dalam aplikasi bawaannya sehingga pengguna dapat langsung mencetak karya pertamanya.

m3d

Aplikasi bawaan M3D dapat dijalankan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi windows, Mac OSX, dan Linux. Sementara untuk format desain, printer ini dapat mencetak objek yang bersumber dari file berformat STL, OBJ, dan XYZ. Printer ini dapat mencetak objek dengan bahan dasar plastik PLA, ABS, nylon, dan dapat digunakan dengan filamen yang disuplai oleh M3D atau dari pihak ketiga lain.

Jika ingin memiliki printer 3D ini, Anda dapat memesan langsung dengan lewat program Kickstarter M3D senilai US$299 atau sekitar Rp3,4 juta. Informasi lengkap dapat Anda lihat di laman resmi M3D.

Back to top button