Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Nikon 1 J4: Mirrorless dari Aluminium dengan Prosesor EXPEED 4

Beberapa waktu lalu Nikon telah merilis DSLM Nikon 1 V3 yang disiapkan dengan sederetan teknologi dan fitur baru. Kini seluruh kecanggihan Nikon 1 V3 juga dapat ditemukan di kamera terbarunya, Nikon 1 J4, namun dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

nikon 1 j4-1

Walau mengadopsi spesifikasi Nikon 1 V3, Nikon 1 J4 memiliki desain kemasan yang berbeda dengan Nikon 1 V3. Kamera ini hadir dengan kemasan bodi alumunium yang trendi dengan dimensi lebih kecil dan bobot ringan serta tanpa dilengkapi dengan hand grip.

Buat Anda yang mengutamakan kenyamanan, Nikon 1 V3 mungkin terasa lebih ergonomis karena memiliki dimensi bodi yang lebih besar dan hand grip. Agar dapat menghasilkan bodi yang mungil, Nikon juga mengganti penggunaan kartu memori SD yang dulu dijumpai pada Nikon 1 V3 dengan micro SD yang lebih hemat tempat.

Untuk spesifikasi, Nikon 1 J4 dibekali sensor CMOS CX-format 18 megapixel tanpa Optical Low Pass Filter dan prosesor Nikon Expeed 4A yang sama dengan Nikon 1 V3. Kamera juga didukung dengan teknologi Autofocus Hybrid terbaru yang menggabungkan sistem 171 area fokus Contrast Detect dan 105 area Focus Phase Detect yang titik fokusnya mencakup hampir 100% di seluruh area frame. Selain itu, dengan dukungan prosesor Expeed 4, Anda juga bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 20fps pada mode Continuous Autofocus dan 60fps menggunakan Fixed Focus.

Nikon 1 J4 juga membawa layar sentuh berukuran 3 inci, memiliki koneksi Wi-Fi untuk berbagi foto dan video dengan tablet atau smartphone.

Modus video Nikon 1 J4 dilengkapi dengan fitur Auto Image Capture yang membuat kamera mampu menganalisis setiap frame dan secara otomatis menghasilkan foto di kondisi yang terbaik. Modus video terbarunya ini juga memiliki fitur Fast Motion untuk membuat efek subjek terlihat bergerak lebih cepat, Jump Cut untuk membuat efek stop motion, Second Movie Clips untuk membuat klip video berdurasi 4 detik, dan membuat efek lebih dramatis dengan efek Slow Motion. Satu fitur unggulan dari Nikon 1 J4 adalah hadirnya fitur Active Selection Function pada mode Best Moment Capture. Dengan fitur ini, kamera dapat mengambil hingga 20 foto resolusi tinggi kurang dari 1 detik dan memungkinkan Anda untuk memilih satu foto yang terbaik.

Nikon 1 J4 akan tersedia dalam pilihan warna putih, silver, hitam dan oranye metalik. Hingga saat ini, Nikon belum mengungkap kepastian harga dan jadwal rilis produk ini di pasaran.

[table th=”0″]” “;Nikon 1 J4
Sensor;CMOS CX-Format 18 megapixel, tanpa Optical Low Pass Filter
Prosesor;EXPEED 4A
ISO;Auto, 160-12800
Autofokus;Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective Single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Lensa;Nikon 1 Mount
Layar;3 inci 1.037.000 titik
Continuous Shoot;20 fps pada mode Continuous AF, dan 60 fps pada mode Single AF
Video;”1920 x 1080 (60p, 30p), 1280 x 720 (60p, 30p)”
Kartu Memori;microSD/SDHC/SDXC
Konektivitas;USB, mini HDMI, Wi-Fi
Dimensi;100 x 60 x 29 milimeter
Bobot;232 gram
[/table]
Back to top button