Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo Vibe-X S960

Walaupun termasuk pemain baru di pasar ponsel tanah air, kehadiran Lenovo ternyata disambut dengan amat baik oleh konsumen Indonesia. Kini pabrikan asal Cina itu kembali mengeluarkan smartphone Android terbarunya di segmen menengah ke atas. Mengusung nama Vibe-X, Lenovo berusaha menghadirkan sebuah smartphone yang langsing, cantik, canggih, tapi dengan harga yang bersaing.

Konsep desain

Pertama kali melihat Lenovo Vibe-X, desainnya memberikan kesan premium dan elegan. Aksen bingkai kromium di sekeliling bodinya yang memadukan warna hitam dan silver membuat terlihat kokoh, walaupun bodinya cukup tipis. Bicara soal ketahanan, Vibe-X menggunakan bahan polikarbonat untuk bodinya. Desainnya terlihat sedikit melengkung dengan ketebalan hanya 6,9mm dan bobot sekitar 121 gram. Ini tergolong ringan dan mudah dibawa-bawa.

Poin positif dari Lenovo Vibe X ada pada bagian kover belakangnya yang menggunakan permukaan bertekstur. Penggunaan permukaan bertekstur ini membuatnya tidak mudah lepas dari tangan saat digenggam. Ini tentunya berguna bagi Anda yang tangannya mudah berkeringat.

Lenovo Vibe X-2

Masuk ke sektor layar, Vibe X hadir dengan layar sentuh 5 inci Full HD dengan panel IPS. Saat menampilkan berbagai jenis konten, layarnya mampu menyajikan gambar dengan warna yang cukup akurat dan amat tajam. Ini tentunya berkat teknologi inovatif 20/20 Vision serta tingkat kerapatan pixel yang mencapai 441 ppi (lebih rapat dibandingkan Retina Display yang dimiliki Apple iPhone). Bagian layarnya juga makin istimewa berkat perlindungan ekstra dari lapisan Gorilla Glass 3 yang membuat kacanya tidak mudah tergores.

Lenovo-Vibe-X-4

Di samping kanan bodinya terdapat sebuah tombol Volume, sementara selot kartu micro SIM serta tombol Power hadir di bagian kiri. Walaupun mengikuti desain bodinya yang tipis, seluruh tombolnya masih nyaman digunakan dan cukup mudah saat ditekan. Di bagian atas bodinya terdapat port jack audio 3,5 milimeter dan sebuah micro USB di bagian bawah bodi.

Lenovo-Vibe-X-3

Secara keseluruhan Lenovo Vibe X merupakan salah satu smartphone berlayar besar yang masih cukup nyaman digunakan. Bodinya terlihat lebih cantik dengan desain yang sedikit melengkung serta bagian sudut-sudut bodi yang agak membulat, sangat cocok dipilih bagi pengguna wanita. Kesan ini amat berbeda dengan K900 yang tampil kaku dengan tarikan garis bodi lebih tegas.

Fitur

Lenovo Vibe X menjalankan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Hingga saat ini, belum ada informasi apakah Lenovo Vibe-X bisa ditingkatkan ke Android KitKat atau tidak. Satu hal yang membedakan Vibe-X dengan smartphone Lenovo sebelumnya terletak pada launcher baru yang memiliki tampilan lebih segar. Launcher Vibe-X ini dapat diubah-ubah tampilannya dengan mudah. Anda tinggal memilih tema yang disukai, maka ikon, wallpaper, dan berbagai elemen tampilan lain akan berubah. Bahkan efek gerak saat menggeser menu juga dapat diubah.

launcher-1

Namun launcher bawaan Lenovo Vibe-X terasa cukup membebani kinerjanya sehingga kadang terasa ada lag saat navigasi. Salah satu solusinya adalah menggantinya dengan launcher buatan pihak ketiga yang marak ada di PlayStore.

Apps-1

Selain launcher yang unik, Lenovo juga membekali Vibe-X dengan beberapa aplikasi eksklusif yang cukup berguna. Misalnya saja aplikasi Power Manager yang amat berguna untuk mengatasi masalah baterai. Aplikasi ini menyediakan beragam opsi dan pengaturan yang bisa Anda pilih untuk memperpanjang waktu pemakaian baterainya. Sudah terasa performanya sedikit menurun? Lenovo juga telah siap dengan aplikasi Cleanup untuk membersihkan RAM sehingga Anda tidak perlu lagi install aplikasi sejenis dari Google Play.

Dan terakhir ada aplikasi SECUREit yang berguna untuk melindungi Vibe X. SECUREit telah dilengkapi dengan fitur antivirus, pengendalian privasi, dan pengaturan akses informasi. Dengan fitur ini, Anda dapat memantau penggunaan data, mengunci dari jarak jauh, serta memindai malware. Jadi data Anda yang tersimpan di Vibe X akan dijamin keamanannya. Kumpulan aplikasi yang diberikannya cukup baik dan mudah digunakan, terutama bagi pengguna Android pemula.

Performa

Tidak seperti Lenovo K900 yang hadir dengan prosesor Intel, Vibe X dipersenjatai prosesor quad-core dari pabrikan MediaTek. Prosesor MediaTek MTK 6589T quad-core 1,5GHz miliknya ini dipadukan dengan chip grafis PowerVR SGX544MP dan RAM 2GB. Untuk hasil benchmark dengan aplikasi AnTutu, Quadrant dan Vellamo dapat Anda lihat berikut ini.

benchmark-1

Benchmark performa grafis dengan 3D Mark dan NenaMark2 2.4
benchmark-graphics-1

Raihan angka benchmark dari Lenovo Vibe X memang tergolong cukup memuaskan. Dalam penggunaan sehari-hari, spesfikasinya ini sudah cukup dapat diandalkan untuk beragam kebutuhan. Main game yang cukup berat, menikmati konten multimedia format HD hingga menjalankan beberapa aplikasi juga dapat dilakukan dengan lumayan lancar.

Baterai Vibe-X yang berkapasitas 2000 mAh juga cukup hemat daya. Jika Anda tidak terlalu banyak main game yang membutuhkan koneksi Internet, atau menggunakannya sebagai pemandu jalan, maka baterai Lenovo Vibe-X akan dapat bertahan seharian.

Kamera

Bagi penggemar fotografi smartphone, Lenovo Vibe X menawarkan kamera utama beresolusi 13 megapixel. Hasil foto dari kamera utamanya ini tergolong baik dengan tingkat ketajaman dan akurasi warna yang akurat. Respons kamera juga cukup cepat, walaupun ada kondisi cahaya yang menyulitkannya untuk menemukan fokus.

Aplikasi kamera khas Lenovo, SNAPit, di Vibe X juga menarik untuk dieksplorasi. Pasalnya aplikasi ini telah memuat cukup banyak opsi pengaturan dan pilihan efek foto serta filter. Misalnya, Anda bisa merekam video singkat yang kemudian disimpan menjadi gambar bergerak berformat .GIF. Kemudian ada fitur Picture in Picture yang mirip seperti fitur Dual Shot di kamera smartphone Samsung Galaxy. Bagi sebagian besar pengguna, koleksi filter aplikasi SNAPit sudah cukup memadai untuk menghasilkan foto yang unik dan menarik.

camera option

Berikut hasil foto Lenovo Vibe X tanpa proses penyuntingan. Hasil foto lain bisa dilihat di galeri Flickr resmi yangcanggih berikut ini.

Lenovo Vibe X

Lenovo Vibe X

Lenovo Vibe X

Lenovo Vibe X Lenovo Vibe X

Kesimpulan
Lenovo Vibe X-1

Lenovo Vibe-X merupakan contoh yang amat baik dari smartphone masa kini. Selain mengandalkan desain tipis yang memesona, ponsel ini juga unggul dalam hal kualitas layar dan hasil foto. Ditambah dengan kinerja yang cukup tangguh, walaupun ada masa-masa kinerjanya agak melambat, Lenovo Vibe-X layak disandingkan dengan ponsel Android kelas atas yang lebih mahal lainnya.

Yang paling menarik, harga Vibe-X tergolong terjangkau. Dengan harga Rp4.499.000, Anda sudah bisa membawanya pulang. Bagi Anda yang mencari sebuah smartphone canggih dan mewah, tapi tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak, Lenovo Vibe-X merupakan salah satu pilihan yang terbaik saat ini.

Yang Canggih:
+ Desain tipis dan mewah
+ Performa cukup baik
+ Hasil foto amat baik
+ Layar tajam dan cerah, dengan reproduksi warna yang baik
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Kadang masih ada lag saat menavigasi menu
– Cukup banyak aplikasi bawaan yang memenuhi memori internal

[table]Spesifikasi;Lenovo Vibe-X S960
Prosesor;Mediatek MTK 6589T 1.5GHz quad-core
RAM;2GB
Memori;Internal 16/32GB
Layar;5-inci IPS Panel 1920 x 1080 pixel (441ppi) Gorilla Glass 3
OS;Android 4.2 Jellybean
Kamera;Utama 13 megapixel, depan 5 megapixel
Dimensi;”144x74x6.9mm”
Bobot;121 gram
[/table]
Back to top button