Quantcast
AksesorisAksesoris GadgetHome GadgetMobile GadgetNews

Sony Umumkan Project Morpheus, Headset VR untuk PlayStation 4

Sony baru saja mengumumkan rencananya untuk membuat headset Virtual Reality (VR) untuk PlayStation 4. Bahkan Sony sempat memamerkan prototipe headset ini di Game Developers Conference 2014.

“Virtual Reality telah menjadi impian banyak gamer sejak komputer ditemukan. Banyak dari anggota tim PlayStation yang juga memimpikan untuk menggunakannya,” ungkap Shuhei Yoshida, Presiden Sony Worlwide Studios.

sony project morpheus vr headset

Produk Virtual Reality yang diberi nama kode Project Morpheus ini akan dirancang untuk PlayStation 4. Headset yang dipamerkan ini menggunakan LCD 1080p dengan sudut pandang 90 derajat. Selain itu, headset VR ini juga terintegrasi dengan PlayStation Camera dan PlayStation Move (untuk kendali gerakan). Prototipe yang dipamerkan ini dapat dihubungkan melalui koneksi HDMI dan USB. Namun nantinya Sony akan membuatnya dapat dipakai tanpa kabel.

Walaupun ditujukan untuk PlayStation 4, namun headset VR ini nantinya juga dapat digunakan di luar gaming. Pihak Sony sendiri telah menjalin kerjasam dengan beragam pengembang software, mulai dari Epic Games, Crytek, Autodesk, Unity, dan masih banyak lagi. Jadi jangan heran jika ada orang yang bekerja atau mendesain sesuatu menggunakan headset canggih ini.

Pada saat ini, ada beberapa headset VR yang cukup terkenal di pasaran yaitu Oculus VR Rift dan Project Fortaleza dari Microsoft. Sony sendiri juga menyatakan bahwa headset VR ini belum akan dipasarkan tahun ini. Sebelum dijual bebas, Sony juga akan mengeluarkan SDK untuk para developer sehingga akan ada banyak konten yang tersedia saat headset VR ini dijual.

Back to top button