Google Android Wear: Platform Khusus untuk Wearable Device

Berita terbaru dalam dunia Android kini datang langsung dari markas besar Google. Perusahaan tersebut telah mengumumkan secara resmi kehadiran Android Wear, platform baru bagi ekosistem Android yang dirancang khusus untuk wearable device.

Android Wear

Wearable device berbasis Android Wear akan memudahkan pengguna memperoleh berbagai informasi dengan cepat, seperti prakiraan cuaca, waktu penerbangan, membaca dan membalas pesan singkat, hingga mencari informasi penting dengan menggunakan Google Now dan tentunya menunjukkan waktu layaknya sebuah jam tangan. Seluruh fitur yang nantinya akan dibenamkan ke dalam Android Wear dapat dioperasikan baik dengan sentuhan langsung maupun dengan perintah suara “Ok, Google”.

svg%3E

Google telah bekerja sama dengan beberapa produsen seperti Asus, Motorola, LG, Samsung, dan HTC untuk menyediakan perangkat wearable yang berbasis Android Wear. Selain itu, Google menggandeng pula Intel, Qualcomm, MediaTek, Broadcom, dan MIPS sebagai produsen penyedia chipset dan SoC bagi Android Wear.

Tak ketinggalan, Google mengajak pula brand fesyen Fossil menjadi mitranya dalam mengembangkan platform Android Wear ini. Turut sertanya brand fesyen dalam pengembangan perangkat teknologi memang bukan hal baru. Tetapi dengan masuknya Fossil sebagai salah satu produsen jam tangan terkemuka yang mendukung pengembangan Android Wear, mungkin saja konsep desain dari jam tangan pintar berbasis Android Wear ini nantinya akan terlihat lebih bervariasi dan lebih fashionable.

Tak lama berselang sejak peluncuran platform baru Android ini, LG dan Motorola telah mengumumkan kehadiran perangkat wearable device berbasis Android Wear miliknya yang dinamai LG G Watch dan Moto 360. Informasi lebih lengkap mengenai Android Wear dapat Anda lihat langsung pada laman resmi Google Android Wear Developer.