Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

[MWC 2014] Samsung Gear 2 dan Gear 2 Neo: Duo Smartwatch dengan OS Tizen

Di ajang MCW kali ini, Samsung memperkenalkan dua smartwatch yang terdiri dari Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo. Berbeda dengan generasi pendahulunya, dua anggota baru Galaxy Gear itu mengusung sistem operasi Tizen buatan Samsung.

Group Gear 2

Penggunaan Tizen memungkinkan Gear 2 dan Gear 2 Neo dapat menjalankan berbagai aplikasi baru yang tidak dapat dioperasikan pada Galaxy Gear pertama seperti Line, Path, PayPal, eBay, dan Garmin. Sementara ukuran layar, besaran RAM, dan kapasitas memori internal yang diaplikasikan pada Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo masih sama seperti pendahulunya, yakni 1,63 inci, RAM 512MB, dan media penyimpanan internal berkapasitas 4GB.

Meski spesifikasinya mirip dengan Galaxy Gear, urusan komputasi pada kedua jam tangan pintar ini sedikit lebih unggul. Dengan dibenamkannya prosesor dual-core berkecepatan 1GHz, Galaxy Gear 2 dan Gear 2 Neo memiliki prosesor yang lebih cepat dibandingkan Galaxy Gear edisi pertama.

Group Gear 2 and Gear 2 Neo

Samsung bukan hanya mengubah sistem operasi, tetapi juga desain. Jika pada Galaxy Gear pertama posisi kamera diletakkan di tali jam dan mikrofon dipasang pada bagian pengunci jam tangan, kini kamera dan mikrofon dibenamkan langsung di bodi jam tangan. Pada Gear 2 Neo, Anda juga tidak akan menemukan kamera 2 megapixel seperti di Gear 2. Absennya modul kamera pada tali jam berarti Anda dapat dengan leluasa mengganti jenis tali jam yang ingin digunakan.

Gear 2 black and rose

Kecanggihan duo smartwatch berbasis sistem operasi Tizen ini tak berhenti pada kemampuannya menjalakan aplikasi saja, tapi juga pada kemampuannya untuk memonitor kecepatan detak jantung. Dengan begitu, baik Gear 2 maupun Gear 2 Neo, dapat berfungsi pula sebagai fitness tracker seperti jam tangan fitness Wellograph. Selain itu, jam tangan yang dilengkapi dengan Ir Blaster ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan debu dan juga air.

Walaupun telah secara resmi diperkenalkan, Samsung belum mau mengungkapkan harga jual dari kedua smartwatch ini. Namun Samsung rencananya akan mulai memasarkannya pada bulan April tahun ini. Sementara untuk Indonesia, masih belum ada kepastian kapan dan berapa harga jual kedua perangkat ini nantinya.

[table]Spesifikasi;Samsung Gear 2; Samsung Gear 2 Neo
Prosesor;Dual-core 1GHz;Dual-core 1GHz
RAM;512MB;512MB
Layar;”1,63 inci”;”1,63 inci
Memori;4GB;4GB
Kamera;2 megapixel + Autofokus; –
Konektivitas;Bluetooth, Ir LED;Bluetooth, Ir LED
OS;Tizen;Tizen
Baterai;300mAh;300mAh
Dimensi;”36,9×58,4×10 milimeter”;”37,9×58,8×10 milimeter”
Bobot;68 gram;55 gram
[/table]
Back to top button