Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

[CES 2014] Project Christine: Sistem PC Pertama Berkonsep Modular

Bagi seorang hardcore gamer, merakit sebuah PC menjadi pilihan tersendiri dibandingkan harus membeli sebuah sistem PC Gaming yang ditawarkan oleh produsen PC.Dengan merakit sebuah PC, gamer bisa lebih bebas memilih hardware apa yang ingin digunakan untuk mencapai kepuasaan bermain game secara maksimal.

razer-project-christine-1

Tapi, merakit PC Gaming memang bukan perkara mudah dan murah. Pemilihan hardware yang salah bisa saja menimbulkan bottleneck atau terjadinya ketidakseimbangan sistem yang menyebabkan sistem PC Anda tidak akan berjalan maksimal. Inilah masalah yang sering kali terjadi bagi orang awam yang tidak begitu mengenal hardware PC secara mendalam. Berangkat dari ide inilah Razer mempersiapkan konsep PC revolusioner yang diberi nama Project Christine.

Konsep modular dan mudah dibongkar-pasang
Dengan Project Christine, Razer menjamin siapa saja bisa membangun sebuah sistem PC Gaming secara maksimal. Konsep modular yang diusungnya sangat memungkinkan gamer bisa bebas memilih komponen yang ingin digunakan dari pemilihan prosesor, kartu grafis, RAM, model ruang penyimpanan hingga PSU.

Bentuk fisiknya sendiri terdiri dari 1 base-tower yang menjadi rumah tempat dipasangkannya modul-modul yang dipilih. Pada bagian paling bawah dari base tower ini terletak power supply yang juga berfungsi sebagai wadah (reservoir) cairan (coolant) yang digunakan untuk mendinginkan setiap modul yang dipasang. Selain itu Project Christine juga telah dilengkapi dengan sebuah LCD yang dapat menunjukkan informasi tentang panas yang dihasilkan tiap modul dan informasi lain yang berkaitan dengan fungsi dan performa komputer.

Menariknya lagi, layar LCD yang disertakan dapat difungsikan sebagai media pemilihan sistem operasi yang ingin digunakan. Ini juga yang menjadi salah satu nilai lebih dari Project Christine selain fungsi modularnya. Pengguna dapat menggunakan lebih dari satu sistem operasi yang dapat langsung dipilih melalui LCD sesaat setelah komputer ini dinyalakan.

Setiap komponen hardware yang ditawarkan Razer Christine akan hadir dengan case yang telah dilengkapi dengan sistem pendingin berbasis cairan (Liquid Cooling) dan telah dilengkapi fitur noise cancellation untuk menangkal suara bising yang disebabkan oleh komponen hardware yang bekerja.

Dengan mengusung arsitektur PCI-Express yang dianut Project Christine, semua modul komponennya ini juga akan secara otomatis tersinkronisasi dan langsung bisa digunakan. Razer pun membebaskan para gamer untuk melakukan overclock komponen sistem Project Christine yang dimilikinya secara aman tanpa perlu harus khawatir merusak garansi.

Karena masih berupa konsep, Razer belum mengumumkan berapa banderol harga dari Razer Christine nantinya saat tersedia di pasaran. Razer juga tidak membocorkan siapa saja pihak ketiga yang akan dilibatkan untuk mempersiapkan setiap komponen hardware Razer Christine. Jadi sudah siapkah Anda dengan PC Revolusioner ini? Nantikan update kami selanjutnya..

Back to top button