Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

[CES 2014] LaCie Fuel: HDD Eksternal Wi-Fi Sekaligus Router bagi iPhone & iPad

Keterbatasan ruang media penyimpanan seringkali menjadi kendala yang menggangu bagi para pengguna perangkat keluaran Apple. Tentunya ini gara-gara Apple tidak pernah memberikan opsi perluasan media penyimpanan dengan menggunakan kartu memori seperti di perangkat Android. Kini masalah tersebut dapat diatasi dengan perangkat penyimpanan eksternal terbaru karya LaCie yang diberi nama Fuel.

lacie fuel yc

LaCie Fuel diperkenalkan secara resmi di ajang CES 2014 dengan kapasitas penyimpanan 1 Terabyte (1000GB). Sekilas tidak tampak hal yang istimewa dari produk yang satu ini, melihat bentuk dari produk ini tidak jauh berbeda dengan produk media penyimpanan eksternal pada umumnya.

Tapi tunggu dulu, Fuel bukanlah media penyimpanan eksternal biasa. LaCie melengkapinya dengan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan perpindahan dan penyimpanan data, baik dari maupun ke dalam perangkat keluaran Apple. Fitur unggulan dari produk ini adalah perpindahan data nirkabel dengan menggunakan jaringan Wi-Fi.

lacie fuel yc3

LaCie Fuel akan secara otomatis membentuk jaringan Wi-Fi terdedikasi untuk perpindahan maupun penyimpanan data. Dengan demikian Anda tak lagi harus repot mencolokkan kabel ketika hendak melakukan perpindahan data. Dengan kapasitas 1TB yang disediakan, Fuel diperkirakan mampu menampung 500-an film dengan format HD atau Blu-ray atau jutaan foto dan musik. Bagi Anda yang menginginkan transfer data lebih cepat, LaCie juga menyediakan port untuk koneksi USB 3.0.

Berkat teknologi komunikasi Wi-Fi yang dimilikinya, Anda tak lagi harus memindahkan dulu film yang ingin ditonton ke iPhone atau iPad. Cukup hubungkan perangkat tersebut ke Fuel, maka Anda dapat langsung menikmati film yang ada di Fuel menggunakan koenksi Wi-Fi streaming. Bahkan LaCie Fuel juga dapat terhubung dengan tiga perangkat sekaligus. Lacie juga melengkapi Fuel dengan konektivitas AirPlay yang dapat melakukan streaming lagu dengan mudah. Dengan fitur ini, Anda juga dapat menampilkan apa yang tertampil di layar iPhone/iPad di layar TV yang telah dihubungkan ke Apple TV.

Fitur hebat lain dari LaCie Fuel adalah kemampuannya untuk berubah fungsi menjadi sebuah Wi-Fi router dengan sumber data yang berasal dari Wi-Fi hotspot. Sebagai router, Fuel dapat membagikan koneksi hingga empat perangkat sekaligus.

Lacie Fuel rencananya akan mulai dipasarkan dengan harga Rp2,4 juta setelah CES berakhir. Belum ada informasi tentang ketersediaan LaCie Fuel untuk pasar Indonesia.

Back to top button