Tantang Google Glass, Cape Evolution Kembangkan Pivothead SMART

Anda tentu tak asing dengan produk Google Glass, bukan? Perangkat pintar berbentuk kacamata buatan raksasa mesin pencarian Google itu kini punya penantang baru di dunia wearable device. Adalah Pivothead SMART, perangkat pintar berbentuk kacamata karya Cape Evolution Ltd.

pivothead smart

Kendati mengadopsi kacamata sebagai media yang digunakan, Pivothead SMART tidak bisa dikatakan meniru Google. Hal ini dikarenakan sistem yang diadopsi oleh Cape Evolution lebih bersifat modular, yang artinya beberapa bagian dari kacamata pintar buatannya ini bisa dilepas dan diubah sesuai kebutuhan penggunanya.

Bagian kacamata yang dapat diubah atau diganti ini oleh pengembangnya disebut dengan Mods. Bagian tersebut terletak di tungkai belakang kanan dan kiri. Cape Evolution kini telah menyediakan 3 buah Mods yang dapat digunakan pada Pivothead SMART ini, yakni Live, Fuel, dan Air Mods.

Penggunaan Live Mods memungkinkan penggunanya menyiarkan langsung video yang diambil melalui kacamata ini ke dalam situs milik pribadi ataupun YouTube. Penggunaan Fuel Mods akan menambah waktu siaga dari Pivothead SMART, sedangkan Air Mods berguna untuk membuka fungsi Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan NFC.

Tak seperti Google yang meletakkan modul kamera di bagian kanan, Pivothead SMART menempatkan modul kamera dengan resolusi 8 megapixel miliknya ini di bagian tengah bingkai kacamata. Hasilnya, foto dan video yang dihasilkan terlihat lebih natural.

svg%3E

Kamera milik Pivothead juga sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Google Glass berkat kemampuannya memotret dengan sistem fokus otomatis, makro atau fix, ditambah lagi dengan mode burst dan time-lapse serta perekaman video dengan resolusi Full HD dengan kecepatan 30fps (frame per detik).

Anda tertarik memiliki kacamata pintar ini? Jika ya, Anda mungkin masih harus bersabar karena hingga saat ini Pivothead SMART masih dalam tahap penggalangan dana.

Jika proses penggalangan dana selesai, rencananya kacamata pintar ini akan dijual seharga US$629 atau sekitar Rp7 jutaan. Namun, selama masa penggalangan dana, Cape Evolution Ltd sudah menerima pesanan.

Bagi Anda yang ingin melakukan pre-order dapat langsung mengunjungi laman indiegogo atau langsung menuju laman resmi Pivothead untuk informasi lebih lanjut.

[table]Spesifikasi;Pivothead SMART
Prosesor;ARM
RAM;4GB
Memori;Internal 16GB + microSD hingga 32GB
Kamera;8 megapixel dengan Autofocus, makro, fixed
Konektivitas;Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC, jack Audio/mikrofon 3,5 mm, USB OTG
[/table]