Quantcast
KomputerNewsTablet PC

[CES 2014] Tablet Windows 8 Seharga 3 Jutaan Rupiah, VivoTab Note 8

Selain menghadirkan Zenphone, Asus memperkenalkan pula VivoTab Note 8. Tablet berlayar 8 inci memiliki layar beresolusi 1280×800 pixel. Meski resolusinya belum full HD, gambar dan video yang tampil pada layar cukup bagus. Tablet baru dari Asus ini disertai pula dengan stylus yang memiliki tingkat akurasi tinggi.

Asus-VivoTab-Note-8

VivoTab Note 8 memang belum mengusung layar full HD, tapi lapisan digitizer yang dipasang pada tablet ini bukanlah lapisan digitizer biasa. Untuk tablet barunya itu, Asus memasang digitizer khusus buatan Wacom. Dengan begitu, stylus yang dapat digunakannya juga harus kompatibel dengan teknologi layar Wacom tersebut. Spesifikasi layar serupa juga dapat ditemukan di produk Samsung Galaxy Note.

Keunikan dari paduan pena digital dan digitizer buatan Wacom terletak pada kemampuannya mengenali tekanan yang diberikan oleh stylus. Kemampuan ini penting mengingat tebal atau tipisnya guratan pena pada aplikasi gambar sangat bergantung pada seberapa keras pengguna menekan pena digital. Dengan begitu, layar jenis ini akan lebih ideal untuk membuat sketsa atau menggambar dibandingkan layar sentuh konvensional.

Asus ViviTab Note 8

Di luar penggunaan digitizer dan pena stylus dari Wacom, spesifikasi VivoTab Note 8 tergolong standar. Prosesor yang dipilih oleh Asus untuk tablet ini merupakan prosesor hemat energi terbaru besutan Intel, yakni Atom Z3740 Bay Trail 1,86GHz yang dipadankan dengan penggunaan RAM sebesar 2GB. Dengan begitu, performa tablet yang memiliki penyimpanan internal berkapasitas 32GB dan 64GB ini akan cukup terbatas untuk tugas-tugas yang relatif ringan saja.

Satu hal yang paling menarik adalah harganya. Asus berencana memasarkan VivoTab Note 8 dengan harga sekitar Rp3,6 juta untuk konfigurasi memori internal 32GB dan Rp4,2 juta untuk 64GB. Tapi hingga kini belum ada informasi resmi kapan tablet ini akan dipasarkan secara global.

[table]Spesifikasi;Asus VivoTab Note 8
Prosesor;Intel Atom Z3740 Bay Trail 1,86GHz
RAM;2GB
Layar;”8 inci, resolusi 1280×800 pixel dengan Wacom Digitizer”
Memori;Internal 32/64GB + microSD hingga 64GB
Konektivitas;Wi-Fi, Bluetooth,
OS;Windows 8.1
Kamera;Utama 5 megapixel
Dimensi;”211x134x10,9 milimeter”
Bobot;376 gram
[/table]
Back to top button