NFC Ring: Cincin Cerdas Berteknologi NFC

Teknologi wearable device semakin menjamur, mulai dari jamtangan hingga kacamata. Kini pasar perangkat yang dapat digunakan ketambahan satu lagi pemain baru. Memperkenalkan NFC Ring, sebuah cincin yang dibekali dengan teknologi Near Field Communication (NFC).

nfc ringset

Teknologi NFC sendiri telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone kelas atas, namun masih lebih difungsikan sebagai sarana untuk berbagi data atau file multimedia seperti gambar, musik dan video. Kini, teknologi koneksi jarak dekat ini diimplementasikan ke dalam sebuah cincin. NFC Ring sendiri merupakan proyek yang dimulai oleh John Mclear, seorang pengembang aplikasi asal Inggris.

Jika NFC sering digunakan untuk berbagi data atau file antar smartphone, lantas apa kegunaan dari NFC Ring? Jawabannya mungkin akan membuat Anda terkejut. NFC Ring dapat difungsikan sebagai sebuah kunci digital yang menurut pengembang, dapat digunakan untuk membuka kunci smartphone Anda tanpa perlu memasukan kode, membuka pintu mobil atau rumah, melakukan pembayaran hingga membagikan informasi pribadi Anda hanya dengan menyentuhkan cincin ini ke obyek yang memiliki sensor NFC pula.

nfc ring

svg%3E

NFC Ring memiliki dua bagian yang dapat dikostumisasi. Bagian pertama adalah bagian pribadi yang dapat Anda atur untuk membuka kunci smartphone, rumah, mobil atau berbagi informasi pribadi kepada orang-orang terdekat.

Sedangkan bagian kedua adalah bagian publik, yang dapat Anda gunakan sebagai media pembayaran, pembelian atau berbagi informasi kepada rekan kerja atau kolega seperti informasi yang biasanya terdapat pada kartu nama Anda. Anda juga dapat merubah atau menambahkan perintah ke dalam cincin NFC ini, seperti memasukkan kode pengenal Bitcoin ketika Anda melakukan transaksi finansial.

NFC Ring telah sukses melewati masa penggalangan dana dan akan mulai diproduksi untuk umum. Akan tetapi produksi pertama akan ditujukan khusus untuk para pemberi donasi pada penggalangan dana terlebih dahulu. NFC Ring akan dilepas kepasaran dengan harga £22 atau sekitar Rp400 ribu rupiah.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, silahkan menuju laman kickstarter atau laman resmi NFC Ring utnuk informasi lebih lanjut.