Motorola Moto G: Harga 2 Jutaan, Spesifikasi Kompetitif

Sejak Motorola diakuisisi oleh Google tahun lalu, produsen smartphone yang dulu sempat dikenal dengan varian RAZR nya ini mulai menunjukan peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Peningkatan penjualan ini berkat kehadiran smartphone pertama Motorola dibawah bendera Google yakni Motorola Moto X. Kini setelah Moto X sukses dipasaran, Motorola memperkenalkan produk terbarunya yaitu Moto G.
Motorola-Moto-G2

Diposisikan sebagai versi murah dari Moto X, spesifikasi yang dibawa oleh Moto G memang masih di bawah kakaknya. Moto G mengandalkan prosesor Snapdragon 400 1.2GHz yang secara teknis lebih rendah dari Snapdragon S4 Pro 1.7GHz di Moto X. Spesifikasi lain menyebutkan Motorola Moto G juga dibekali RAM sebesar 1GB dan Adreno 305 sebagai pengolah grafis. Walaupun begitu, untuk pengguna rata-rata, spesifikasi ini cukup baik dan dapat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan mulus.

Pemangkasan lain terlihat pada besaran layar dan resolusi kamera. Dibandingkan dengan Moto X, smartphone ini dilengkapi layar yang berukuran lebih kecil. Layarnya yang berukuran 4,5 inci ini memiliki resolusi HD 1280×720 pixel (720p) dengan tingkat kerapatan pixel 329ppi. Sedangkan kameranya dan kamera utama 5 megapixel. Selain spesifikasi, ada beberapa fitur Moto X yang absen di Moto G, seperti Motorola Touchless Control, Quick Capture dan Active Notification.

Untuk desain, Moto G mengambil acuan desain rancang bangun yang serupa dengan Moto X. Satu hal lain yang dipertahankan Motorola pada Moto G adalah penggunaan sistem operasi Android yang nyaris tanpa ubahan alias nyaris identik dengan Google Nexus. Moto G juga akan menerima dukungan untuk sistem operasi terbaru dari Google yaitu Android 4.4 KitKat.

svg%3E

MotoG Screen

Motorola tidak akan melengkapi Moto G dengan tingkat kustomisasi warna dan aksen MotoMaker yang sama dengan pendahulunya. Akan tetapi Motorola menyediakan cover baterai belakang yang dapat diganti sesuai warna pilahan penggunanya. Warna yang dapat dipilih diantaranya adalah merah, biru, kuning, putih dan ungu. Sayangnya walau cover baterai dapat diganti, tapi baterai smartphone yang berkapasitas 2.070mAh ini tidak dapat dilepas.

Motorola telah secara resmi memperkenalkan Moto G dan juga telah menetapkan harga jual dari smartphone terbarunya ini di angka US$179 untuk Moto G dengan kapasitas penyimpanan internal 8GB dan US$199 untuk penyimpanan 19GB. Itu berarti harganya akan bertengger di angka 2 jutaan rupiah. Motorola akan melepas Moto G pertama kali untuk kawasan Brazil dan Eropa lalu diikuti dengan Amerika, India dan Asia pada bulan Januari 2014. tertarik?

[table]Spesifikasi;Motorola Moto G
Prosesor;Qualcomm Snapdragon 400 1.2GHz
RAM;1GB
Memori;Internal 8GB/16GB
Grafis;Adreno 305
Layar;”4.5inci 1280x720pixel (329ppi) Gorilla Glass 3″
Kamera;Utama 5 megapixel+lampu kilat, depan 1.3 megapixel
OS;Android 4.3 Jellybean, dapat ditingkatkan ke 4.4 KitKat
Konektifitas;HSPA+, WiFi, Bluetooth 4.0, MicroUSB, jack audio/mikrofon 3.5mm
Dimensi;”129,9×65,9×11,6mm”
Bobot;143 gram
[/table]