Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Google Luncurkan Nexus 5, Smartphone Android Pertama Dengan Kitkat

Seri Nexus dari Google boleh dibilang merupakan smartphone Android yang diistimewakan. Pasalnya, Google Nexus hampir selalu mendapatkan update OS Android dan biasanya selalu membawa OS versi terbaru. Hal ini juga ditemukan di Nexus 5 yang merupakan ponsel Android 4.4 KitKat pertama di dunia.

google_nexus_5_4

Dibuat oleh LG
Fakta menarik lainnya, Google Nexus biasanya diproduksi oleh pabrikan yang ditujukan Google. Untuk Nexus 5, Google kembali menunjuk LG yang juga membuat Nexus 4. Maka tidak heran jika ada beberapa spesifikasi LG G2 yang juga ditemukan di Nexus 5. Hanya saja, beberapa aplikasi dan fitur khas G2 – seperti tombol fisik di bagian belakang – tidak akan ditemukan di sini. Tombol fisik Nexus 5 yang terbuat dari bahan keramik ini diletakkan di sisi kanan dan kiri.

google_nexus_5_2

Dari segi fisik, Nexus 5 yang memiliki layar 4,95 inci ini sedikit lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan Nexus 4. Google bahkan dengan bangga mengumumkan bahwa inilah ponsel Nexus yang paling tipis dan paling cepat sejauh ini.

Bodinya terbuat dari plastik dengan finishing lembut yang nyaman di genggaman. Bagian belakang bodinya agak sedikit melengkung, mirip seperti Nexus versi terdahulu. Layarnya juga telah dilapisi Gorilla Glass 3, sehingga lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Google juga memperbaiki respons layar Android sehingga dapat mengenali sentuhan lebih cepat dan lebih akurat.

Untuk performanya, Nexus 5 mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core berkecepatan 2,26GHz dan RAM 2GB. Selain itu, terdapat fitur wireless charging terintegrasi untuk mengisi baterai tanpa menyambungkannya ke kabel charger. Baterainya sendiri yang berkapasitas 2300 mAh diklaim dapat digunakan hingga 8,5 jam dalam kondisi terhubung ke Internet menggunakan Wi-Fi.

Koneksi ke Internet menggunakan Wi-Fi juga canggih. Nexus 5 telah mendukung Wi-Fi standar ac yang lebih cepat, walaupun memang masih jarang ditemui saat ini. Selain itu, juga tersedia dukungan LTE yang sampai saat ini masih belum muncul di Indonesia.

Fitur Kamera Baru
Google Nexus 5 telah dilengkapi kamera 8 megapixel dengan O.I.S (Optical Image Stabilization), yang di atas kertas masih di bawah Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z, dan LG G2. Namun tentunya besaran megapixel tidak selalu menentukan kualitas hasil foto.

Google memperkenalkan fitur baru di kamera KitKat, yaitu HDR+. Sebenarnya ini adalah fitur HDR biasa yang mengambil lebih banyak foto dan menggabungkannya secara otomatis. Selain dapat mengatasi foto dengan eksposure yang salah, fitur ini dapat memperbaiki efek kabur saat subyek bergerak.

Android 4.4 KitKat
google_nexus_5_5
Secara visual, KitKat tampil lebih bersih dibandingkan Android versi sebelumnya. Bahkan Anda juga dapat mengaktifkan Nexus 5 hanya dengan perintah suara. Katakan “OK Google” untuk menjalankan pencarian berdasarkan suara, mengirim SMS, mencari arah, memutar musik, atau melakukan tugas lainnya. Di KitKat, berbagai konten seperti film, game, atau buku kini ditampilkan memenuhi layar. Untuk memunculkan kembali status bar dan tombol navigasi, Anda tinggal menyapukan jari dari ujung layar.

Selain tampilan visual, Google juga meningkatkan kinerja multitasking. Dengan mengoptimalkan penggunaan memori, Anda akan dapat membuka lebih banyak aplikasi di KitKat. Perubahan besar lainnya dapat ditemukan di aplikasi Hangouts yang baru. Anda dapat mengakses semua interaksi Anda, mulai dari SMS, MMS, hingga panggilan video, di aplikasi Hangouts. Bagi yang suka memakai emoticon atau Emoji saat chatting, keyboard KitKat kini sudah memuat Emoji terintegrasi.

Google Nexus 5 rencananya akan dijual dalam 2 versi; 16GB seharga US$349 dan 32GB seharga US$399.

[table]Spesifikasi;Google Nexus 5
Prosesor;Qualcomm Snapdragon 800 2,26GHz
GPU; Adreno 330 450MHz
RAM;2GB
Memori; Internal 16GB/32GB
Kamera; “Depan: 1,3 megapixel, Belakang: 8 megapixel dengan OIS”
Konektivitas; “NFC, Bluetooth 4.0, Dual-band Wi-Fi a/b/g/n/ac”
Sensor;”GPS, Gyroscope, Accelerometer, Compass, Proximity/Ambient Light, Pressure, Hall”
Baterai;2300 mAh
Dimensi;”69.17×137.84×8.59mm”
Bobot;130 gram
[/table]
Back to top button