Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Apple iPad Mini Retina Display: Lebih Cepat dengan Layar Super Tajam

Serbuan tablet Android yang hadir menjelang akhir tahun tak membuat Apple gentar. Sebaliknya, Apple justru membalas dengan memperkenalkan varian terbaru dari jajaran iPadnya. Apple iPad Mini telah banyak menerima penghargaan dari kalangan penggila teknologi, kini iPad Mini generasi kedua diperkenalkan oleh Apple dengan mengusung perbaikan dari berbagai sisi.

Perbaikan pertama dapat ditemukan di layarnya. Sesuai namanya, layar iPad Mini Retina Display jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Walaupun ukurannya masih sama, yaitu 7,9 inci, resolusi layarnya kini meningkat menjadi 2048×1536 pixel. Dengan begitu, layarnya memiliki kerapatan pixel yang mencapai 326 ppi (pixel per inci) atau jauh lebih rapat dibandingkan layar iPad Air.

iPad Mini2

Segi performa juga tidak luput dari perombakan. iPad Mini Retina Display kini menggunakan prosesor A7 arsitektur 64-bit dan M7 Motion Coprosesor, sama seperti iPad Air dan iPhone 5s. Dengan penggunaan prosesor A7 yang memiliki arsitektur 64-bit, tablet ini memiliki performa 2x lebih baik dibandingkan iPad Mini pertama. Sedangkan M7 Motion Coprosesor berfungsi untuk terus menerus merekam pergerakan pengguna dengan memanfaatkan sensor akselerometer dan gyroscope. Untuk yang terakhir, manfaatnya akan lebih terasa bagi pengguna yang aktif berolahraga.

iPad Mini3

Perbaikan kinerja juga didukung dengan tambahan pilihan kapasitas memori internal yang disediakan. Kini Apple menyediakan versi dengan memori internal 128GB. Ini berarti Anda dapat memilih iPad Mini Retina Display mulai dari versi 16GB,32GB,64BG, dan 128GB.

Apple juga turut meningkatkan teknologi koneksinya. Sama seperti iPad Air, iPad Mini Retina Display telah dilengkapi dua antena dan teknologi MIMO (multiple-input multiple-output). Perbaikan dan penambahan antena WiFi ini diklaim Apple akan meningkatkan kecepatan download menggunakan WiFi hingga 300Mbps.

Sama dengan Apple iPad Air, pengguna iPad Mini Retina dapat menikmati beragam aplikasi menarik yang dapat diunduh pada Apple AppStore secara gratis khusus pengguna Mini Retina Display ini. Aplikasi yang lazimnya hanya dapat dinikmati dengan dibeli, kini dapat dinikmati dengan gratis. Beberapa aplikasi tersebut adalah: iWork Suite (Pages, Numbers, dan Keynote) serta iLife Suite (iPhoto, iMovie, dan Garage Band).

iPad Mini1

Lalu apa saja yang sama? Walaupun spesifikasinya ditingkatkan, ukuran dan bobot fisiknya masih sama. Apple juga masih belum mengubah resolusi kamera yang terdapat pada iPad Mini Retina ini yaitu 5 megapixel untuk kamera utama dan 1.2 megapixel untuk kamera depan.

iPad Mini4

Untuk generasi kedua ini, Apple memberikan polesan warna baru. Sama dengan iPad Air, iPad Mini Retina Display akan dipasarkan dengan warna Silver dan Space Grey. Seperti biasa, Apple akan melepas varian iPad Mini Retina Display dengan jaringan data selular + Wifi dan jaringan WiFi saja.

Apple iPad Mini Retina Display akan dijual seharga US$399 (16GB), US$499 (32GB), US$599 (64GB), US$699 (128GB) untuk iPad Mini Retina Display Wifi only. Dan untuk varian WiFi + data selular akan dipasarkan seharga US$529 (16GB), US$529 (32GB), US$729 (64GB), US$829 (128GB).

[table]Spesifikasi;iPad Mini Retina Display
Prosesor;A7 chip dengan arsitektur 64-bit dan M7 Motion Coprosesor
Layar;”7.9 inci, 2048×1536 pixel (326ppi)”
Kamera;5 megapixel f/2.4 aperture 1080p HD Video di belakang, 1.2 megapixel 720p di depan
Memori;16,32,64,dan 128GB
Baterai;Li-polymer 28-watt hour hingga 10 jam
Warna;Space grey dan Silver
Dimensi;”199,8×134,6×7,3mm”
Bobot;331 gram (WiFi), 341 gram (Wifi+Cellular)
[/table]

2 komentar

    1. @inatekno
      tentu tidak karena software sudah disetel untuk mengakomodasinya. jadi nggak sekedar resolusi layar saja.

Back to top button