Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)

FIFA 14: Game Sepakbola Tercanggih Di Smartphone

Dari jaman Sony Playstation, game bola besutan EA Sports ini selalu ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Kini, Fifa hadir dengan seri teranyarnya yaitu Fifa 14. Selain tersedia untuk konsol dan PC, sama seperti Fifa 13, EA Sports juga menghadirkan Fifa 14 untuk platform iOS dan Android yang kini tersedia secara gratis.

Walau tersedia secara gratis, EA memasang strategi In-App-Purchase atau Freemium yang sama persis dengan Real Racing 3. Ini artinya walau Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma di Appstore atau Google Play, untuk membuka beberapa mode tambahan seperti Kick Off, Tournament, dan Manager Mode, Anda harus merogoh kocek hingga US$6.07 atau sekitar Rp70.000.

Tapi jika Anda hanyalah gamer santai biasa yang tidak memprioritaskan bertanding dengan klub favorit, EA masih menyediakan mode FIFA Ultimate Team, Penalty Shootout, dan Games Of The Week yang bisa dimainkan gratis. Untuk Games Of The Week , isinya adalah 6 pertandingan antar klub atau negara yang bisa diunduh dan dimainkan untuk mengumpulkan poin.

Di FIFA 14, Anda akan menemukan 30 liga dari seluruh dunia, 500 tim yang telah mendapat sertifikasi resmi dengan seluruh baju pemain asli, serta jenis bola dan stadion yang telah menyerupai aslinya. Untuk karakter pemain bola, game ini memiliki lebih dari 15.000 karakter.

Untuk urusan grafis, tidak banyak peningkatan dibandingkan FIFA 13 yang dirilis tahun lalu. Tampilan grafisnya termasuk baik, dengan AI (Artificial Intelligence) dan pergerakan pemain yang cukup luwes dan tidak terlihat kaku. Bahkan Anda juga dapat menikmati animasi selebrasi gol yang sangat variatif sehingga membuat atmosfer pertandingan menjadi lebih seru.

Namun di sisi lain, saya cukup menyayangkan hilangnya komentator di awal-awal pertandingan yang saya mainkan. Ini tentu mengurangi esensi sebuah pertandingan bola karena komentator harus digantikan oleh musik latar. Untuk dapat ditemani komentator, Anda harus mengumpulkan poin terlebih dahulu dengan memainkan pertandingan yang disediakan lalu mengunduhnya.

Satu hal baru yang ditawarkan FIFA 14 adalah sistem kendali permainan dengan memanfaatkan kendali gestur. Anda kini dapat menggerakkan pemain dengan cara menyapu layar, jika bosan mengendalikannya dengan sistem D-Pad yang konvensional.

Pada posisi menyerang untuk mengarahkan pemain, Anda harus memilih pemain tersebut, lalu tahan dan arahkan jari untuk menentukan arah mana pemain harus bergerak. Untuk membuat pemain Anda berlari, cukup ketuk di area layar mana saja dan pemain akan berlari ke area tersebut. Untuk melakukan operan bola, cukup ketukkan jari ke pemain yang ingin dioper dan untuk menembak bola ke gawang dapat dilakukan dengan menyapukan jari langsung ke arah gawang.

Lalu bagaimana jika Anda bertahan? Pada posisi bertahan, Anda dapat mengetuk pemain lawan dan pemain Anda akan otomatis berlari ke arah pemain tersebut untuk merebut bola. Jika ingin melakukan sliding tackle, Anda dapat mendekatkan pemain ke pemain lawan lalu sapukan jari untuk merebut bola tersebut.

Tapi pada prakteknya, walau terdengar mudah, justru kendali ini sangat sulit untuk digunakan. Apalagi jika Anda bermain di smartphone yang layarnya cukup kecil seperti iPhone karena pemain Anda akan sering tertutup oleh jari.

FIFA 14 tersedia gratis untuk iOS dan Android dan dapat diunduh melalui Apple Store dan Google PlayStore.

Back to top button