Quantcast
KomputerReviewTablet PC

Review SpeedUp Pad Phone

Selain menjadi perangkat pendukung untuk bekerja secara mobile, tablet PC juga banyak dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Sama seperti smartphone, tablet PC pun sekarang tersedia di pasaran dengan variasi harga dan spesifikasi. Seperti salah satunya produk tablet PC dari SpeedUp berikut yang hadir untuk pengguna tablet PC di segmen entry level.

Konsep & Desain
SpeedUp Pad Phone merupakan tablet PC dengan layar berukuran 7 inci. Desainnya tergolong rata-rata dan cukup mirip tablet PC sekelasnya dengan paduan bodi alumunium dan plastik serta desain bingkai layar yang cukup tebal. Di dalam ruangan, tampilan layarnya sendiri cukup baik dan masih nyaman dilihat dengan resolusi layar 1024×600 pixel. Namun, seperti tablet PC lokal kebanyakan layarnya agak sulit terlihat dibawah kondisi pencahayaan yang terik. Untuk bodinya, SpeedUp Pad Phone telah mengusung desain unibodi yang membuat pengguna tidak dapat melepas penutup plastik di bagian belakang untuk melepas baterai. Secara keseluruhan, bobotnya ringan, ketebalan bodinya cukup pas dan tidak terlihat murahan.

Walau bisa digunakan pada posisi portrait, SpeedUp Pad Phone nampaknya dirancang untuk digunakan dalam posisi horizontal/landscape. Ini terlihat dari hadirnya sebuah kamera sekunder beresolusi 2 megapixel di bagian atas layar (pada posisi horizontal) dan dua buah speaker yang berada di samping kiri kanan layar.

Untuk port konektivitas, slot kartu SIM, port jack audio, slot kartu memori SD dan port mini USB, semuanya ditempatkan di samping kiri bodi. Seluruh port dan slot yang ada ditempatkan dengan cukup baik. Namun sayang, untuk slot kartu memori ketika kartu memori disisipkan, kartu memori tersebut tidak masuk sepenuhnya masuk ke dalam bodi dan terlihat sedikit menonjol. Walau tidak menggangu tapi ini mengurangi sedikit nilai estetis dari kemasannya dan kurang enak dilihat.

speedup-Pad-Phone-detail-1

Antarmuka
SpeedUp Pad Phone menjalankan sistem operasi Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Antarmukanya relatif sederhana dengan launcher standard tanpa adanya sentuhan atau kustomisasi dari pabrik. Ini menjadi nilai positif tersendiri, karena dengan antarmuka sederhana ini kinerjanya pun terasa relatif cepat karena tidak terbebani dengan launcher homescreen custom yang biasa digunakan oleh tablet PC sekelasnya. Tapi, jika memang Anda bosan dengan tampilannya Anda tetap bisa menggunakan launcher lain yang bisa diunduh lewat PlayStore.

speedUp-Pad-Phone-3

Aplikasi dan Fitur
Untuk aplikasi dan fitur bawaan dari SpeedUp Pad Phone juga tergolong minim. Di dalamnya Anda bisa menemukan SpeedUp Studio yang merupakan toko konten digital SpeedUp yang menyediakan konten seperti musik, majalah, aplikasi, games dan news feed. Untuk aplikasi, selain bisa mengandalkan Google PlayStore Anda juga bisa mengandalkan SpeedUp AppStore. Walau memang daftar aplikasi yang tersedia tidak sebanyak di PlayStore, tapi setidaknya ini juga menjadi nilai tambah karena aplikasi yang tersedia dapat diunduh secara gratis.

Jika Anda memiliki kamera pengaman dari SpeedUp, SpeedUp Pad Phone juga telah dilengkapi aplikasi SpeedUp Camera untuk terhubung dengan kamera pengaman Anda agar bisa memantau dari jarak jauh. Dan untuk kebutuhan office, telah tersedia aplikasi Kingsoft Office, notepad dan Adobe Reader untuk membuka file .pdf.

Dan yang terakhir adalah fitur telefoni. Selain menjadi tablet PC, SpeedUp Pad Phone bisa juga digunakan untuk menjawab panggilan dan sms seperti smartphone pada umumnya.

Performa
Pada sektor dapur pacunya, SpeedUp Pad Phone dibekali dengan prosesor single core ARM Cortex-A9 yang berlari pada kecepatan 1 GHz, RAM 512MB, dan sektor grafis dari chip grafis PowerVRSGX 531. Dengan spesifikasinya tersebut, nilai benchamark Quadrant yang berhasil diraih oleh SpeedUp Pad Phone adalah 2189 point yang berada di posisi 3 terbawah. Sementara test benchmark dengan aplikasi AnTuTu, tablet PC ini berhasil meraih 3656 poin yang menempatkannya di posisi terbawah. Untuk menguji layar sentuhnya, dengan AnTuTu Screen test terdeteksi layarnya hanya dapat menerima input 5 jari dalam waktu yang sama. Berikut hasil benchmarknya..

spec-1

antutu-benchmark-1benchmark-2

Walau meraih nilai benchmark yang cukup minim bukan berarti tablet PC ini payah loh. Untuk pengujian penggunaan sehari-hari kami cukup terkesan dengan performanya yang lumayan oke. Layarnya tergolong cukup responsif dibandingkan dengan tablet PC sekelasnya. Perpindahan antar halaman pada menu dan homescreen terasa mulus dan tidak terasa lag yang berarti. Walau begitu, ada yang membuat kami cukup heran pada launcher SpeedUp Pad Phone ini. Setiap kali mengakses menu yang berisi deretan aplikasi performanya terasa melambat dan terlihat lag. Sedangkan ketika menekan ikon home untuk kembali ke homescreen semua berjalan dengan mulus. Semoga k edepannya SpeedUp bisa menyediakan update untuk mengatasi bug seperti ini.

Multimedia dan Gaming
Untuk kebutuhan multimedianya SpeedUp Phone telah hadir dengan aplikasi music, video player dan Radio. Untuk menonton film, kami mencoba film berkualitas HD720p dan 1080p. Aplikasi video player bawaannya hanya sanggup memutar file video berformat HD720p dengan cukup baik. Dan ketika menjalankan file video berformat 1080p gambar tidak bisa ditampilkan. Jika Anda ingin menonton film Full HD di tablet PC ini, alternatfinya adalah menggunakan aplikasi video lain yang bisa diunduh di Google PlayStore. Tapi Anda pun juga harus cukup puas dengan performa frame rate yang sedikit lambat dan tentu saja baterai menjadi lebih boros ketika memutar konten Full HD.

Selain untuk menonton film, SpeedUp Pad Phone juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik. Namun sayang, baik untuk menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game, performa suaranya walau sudah diatur pada level maksimum masih terasa kurang bertenaga. Tidak hanya itu saja, kapasitas ruang penyimpanan internalnya yang hanya berkapasitas 4GB juga terasa kurang jika Anda menyimpan file video pada format HD, dan file musik berformat .FLAC atau .WAV yang umumnya berukuran file besar. Tapi untunglah masih tersedia slot kartu memori yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ruang penyimpanannya hingga kapasitas maksimum 32GB.

Dan sebagai alternatif hiburan Anda saat bermobilitas, tablet PC ini masih dapat diandalkan untuk bermain game. Untuk bermain game-game ringan dengan tampilan sederhana seperti Angry Birds dan Tiny Thief tablet PC ini sangat sanggup untuk memainkannya. Lalu bagaimana dengan game 3D yang membutuhkan kinerja grafis berat? Kami mencobanya untuk bermain game balap Real Racing 3. Hasilnya? SpeedUp Pad Phone masih bisa diandalkan untuk bermain game 3D yang lumayan berat sekelas Real Racing 3 dengan cukup baik.

Kamera
SpeedUp Pad Phone dibekali dengan 2 buah kamera yang masing-masing beresolusi 2 megapixel. Hasil bidikan fotonya memang tidak begitu baik, namun setidaknya SpeedUp memberi kemudahan kepada penggunannya dengan mengahadirkan lensa fix fokus. Dengan lensa fix fokus ini, pengguna tidak perlu repot untuk menentukan fokus ketika memotret dan hasil foto akan cukup tajam asalkan tangan Anda tidak bergoyang.

IMG_20130723_141340

IMG_20130723_141354

IMG_20130723_141321

Baterai
Kapasitas baterai yang digunakan oleh SpeedUp Pad Phone ini sebesar 2800 mAh. Untuk penggunaan sehari-hari dengan menyalankan paket data untuk kebutuhan email dan penggunaan yang tidak terlalu moderat untuk kebutuhan musik, bermain game, dan menonton film baterainya dapat bertahan hingga sekitar hampir 7 jam.

Kesimpulan
Walau bukan yang terbaik, dari segi kemasan dan performa SpeedUp Pad Phone masih cukup dapat diandalkan untuk kebutuhan mobile dengan performa yang lumayan dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Fitur telefoni menjadi nilai tambah bagi tablet PC berlayar 7-inci ini. Dengan harganya yang relatif terjangkau yaitu sekitar Rp1.299.000, SpeedUp Pad Phone cukup layak dipertimbangkan untuk Anda yang berbudget minim tapi mengidamkan tablet PC Android yang sekaligus bisa digunakan untuk telepon dan sms.

[table th=”0″]” “;SpeedUp Pad Phone
Prosesor; ARM Cortex A9-1GHz
GPU;PowerVRSGX 531
Layar; “7-inci 1024×600 pixel”
RAM;512MB
Memori Internal; 4GB + slot kartu memori hingga 32GB
Sensor; G-sensor
Kamera; Kamera utama dan kamera depan 2 Megapixel
Baterai; 2800 mAh
Dimensi; 197.6 x 122.3 x 10.7mm
Bobot; 307 gram
[/table]

Artikel terkait

Back to top button