Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review Samsung Series 7 Ultra

Ultrabook dihadirkan sebagai solusi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Tapi biasanya Ultrabook belum cukup memadai untuk kebutuhan gaming yang cukuyp serius. Untuk itulah Samsung mencoba hadir menawarkan sebuah Ultrabook berperforma tinggi yang sanggup digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk bermain dan bekerja.

Konsep & Desain
Kami cukup terpesona dengan desain premium dari Samsung Series 7 Ultra. Pasalnya dengan desain bodinya yang tipis dan material bodi alumunium yang diusungnya, Samsung Series 7 Ultra cukup terlihat mirip dengan Macbook Air dari Apple.

Ultrabook ini hadir dengan ukuran layar 13.3-inci beresolusi Full HD 1920×1080 pixel. Dengan tingkat kecerahan 350 nits, layarnya termasuk amat terang dengan tampilan warna yang matang. Dilihat dari berbagai sudut pandang, tidak terjadi penurunan kualitas gambar yang berarti. Ini menjadikannya salah satu Ultrabook dengan kualitas layar terbaik di kelasnya.

samsung-series-7ultra-2

Untuk keyboard, Samsung Series 7 Ultra dilengkapi keyboard bergaya chicklet dengan touchpad berukuran relatif besar. Keyboard miliknya telah dilengkapi dengan lampu backlit yang dapat menemani Anda mengetik dalam gelap. Namun sayang, tombol-tombolnya masih kurang menonjol. Respon tombol yang kurang ini membuat keyboard Series 7 Ultra kurang asyik untuk mengetik atau bermain game. Lain halnya dengan touchpad yang cukup akurat dan responfi saat digunakan untuk bernavigasi.

Walau bodinya langsing, Samsung Series 7 Ultra masih dapat mengemas sederetan port konektivitas dengan penempatan yang cukup baik dan mudah dijangkau di samping kiri kanan bodinya. Port yang disertakan cukup lengkap, mulai dari port HDMI, Ethernet, USB 3.0, jack audio dan port VGA di bagian kiri dan 2 port USB 2.0 sampai slot SD di bagian kanan.

Fitur dan Performa
Untuk performanya, Samsung mengandalkan prosesor Intel Core i5-3377U yang berlari di kecepatan 1.80 GHz, RAM DDR3 sebesar 4GB dan kartu grafis AMD Radeon HD 8570M 1GB. Dengan spesifikasi tersebut, kebutuhan komputasi sehari-hari seperti browsing dan sebagainya akan dapat dipenuhi dengan mudah oleh Samsung Series 7 Ultra. SSD 128GB yang disertakan juga cukup cepat, termasuk saat memangkas waktu booting.

benchmark

Untuk bermain game, kami juga puas dengan performa gamingnya yang masih sanggup memainkan game sekelas Tomb Raider pada pengaturan normal dengan cukup baik. Namun ada satu kekurangannya. Jika digunakan untuk bermain game yang cukup berat, bagian keyboard akan terasa agak panas.

Samsung juga telah menyematkan speaker JBL pada Samsung series 7 Ultra. Kami pun cukup puas dengan kualitas suara audio yang ditawarkan karena sangat optimal untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

Performa baterainya agak di bawah rata-rata. Anda dapat menggunakannya hingga sekitar 3 jam dengan pengaturan layar paling tinggi, terhubung ke Wi-Fi, dan menjalankan beragam aplikasi kantoran sambil browsing. Dengan setting daya yang lebih konservatif, daya tahan baterainya dapat ditingkatkan hingga hampir 5 jam.

Kesimpulan
Dalam kemasan bodi yang langsing, performa grafis yang bertenaga dan sektor audio yang mumpuni, Samsung Series 7 Ultra bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang mengidamkan notebook tipis dengan performa tangguh untuk kerja dan hiburan serius. Harganya yang dipatok di kisaran 13,5 juta rupiah memang cukup premium, tapi cukup sepadan dengan kinerja dan desainnya.

[table th=”0″]Spesifikasi;Samsung Series 7 Ultra
Prosesor;”Intel Core i5-3377U 1,8GHz”
RAM;4GB DDR3
SSD;128GB
Layar;”13,3 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 pixel (350 nits)”
Grafis;AMD Radeon HD 8570M (1GB DDR3)
Multimedia;”Speaker stereo JBL, 720HD webcam”
Koneksi;”Wi-Fi, Bluetooth, Ethernet, 1xHDMI, 1xUSB 3.0, 2xUSB 2.0, headphone out/mic in”
Sistem Operasi; Windows 8 64-bit
Dimensi;”324 x 224 x 17,5mm”
Bobot;”1,46 kg”
[/table]
Back to top button