Quantcast
Audio VideoMobile GadgetReview

Review Sony MDR-V55

Headphone bergaya DJ menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi pengguna headphone. Selain menawarkan desain yang fleksibel, headphone ini juga biasanya menawarkan suara yang lebih didominasi oleh suara bass. Salah satunya yang mampir ke redaksi kami adalah Sony MDR-V55.

_1040937

Konsep Desain
Sony MDR-V55 hadir dengan ukuran yang cukup ringkas, earpad berukuran sedang. Ini agak berbeda dengan headphone DJ yang kebanyakan memiliki earpad berukuran relatif besar dan menutupi telinga.

_1040941

Guna memudahkan penyimpanan, Bagian earpad dapat diputar dan dilipat ke dalam. Mengingat bahan bodinya yang menggunakan plastik, Anda juga perlu sedikit hati-hati dalam melipat dan menyimpannya.

Soal kenyamanan, Sony MDR-V55 cukup nyaman ketika digunakan dan terasa pas menutupi telinga. Namun, jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama, kenyamanannya menjadi berkurang karena telinga Anda akan terasa agak panas dan melelahkan. Hal ini cukup wajar mengingat bagian dalam earpad V55 menggunakan bahan kulit sintetis.

Untuk mengurangi masalah kabel kusut, Sony menggunakan kabel berdesain pipih yang jarang kusut. Sayangnya, tidak seperti headphone DJ kelas atas, bagian kabelnya ini permanen sehingga tidak dapat dilepas pasang atau diganti dengan kabel lain.

Performa Suara
Untuk menghasilkan suara, Sony MDR-V55 dibekali dengan driver Neodymium magnet berukuran 40mm. Pengujian kualitas suaranya kami lakukan dengan menghubungkan headphone ini ke smartphone Motorola Razr dan memutar file audio .FLAC. Mengingat konsepnya yang menyerupai headphone DJ, kami langsung memutar lagu yang didominasi oleh suara bass seperti lagu I Don’t Deserve You dari Paul Van Dyk feat. Plumb.

_1040939

Pada lagu ini, Sony MDR-V55 dapat menunjukkan performa bass dengan sangat baik. Walau gebukan bass cukup terasa, suara mid dan vokal masih dapat terdengar dengan jelas dan tidak tertutupi oleh suara bassnya. Pengujian kemudian berlanjut pada lagu Someone Like You dari Adele. Pada lagu yang sangat condong pada vokal dan instrumen piano ini, Sony MDR-V55 masih dapat menyajikan suara vokal dengan komposisi mid dan treble yang berimbang dan nyaman di telinga. Separasi antara vokal dan suara piano juga dapat tersaji dengan baik. Namun sayang isolasi dari Sony MRD-V55 ini terasa kurang. Solusinya, kami harus meningkatkan volume ke level yang cukup tinggi agar suara dari luar tidak terdengar.

Kesimpulan
Tidak hanya menawarkan desain headphone ala DJ, Sony MDR-V55 juga memiliki performa suara yang baik. Headphone ini mampu menghasilkan suara bass yang terasa dan dapat mengimbangi suara mid dan vokal pada beragam jenis lagu. Dengan harga sekitar Rp850.000, Sony MDR-V55 memang bukanlah satu-satunya headphone bertampang DJ yang ada di pasaran, namun setidaknya headphone ini akan cocok bagi Anda yang gemar mendengarkan segala jenis musik terutama musik yang lebih didominasi oleh suara bass.

Back to top button