Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Lenovo IdeaPad S405

Laptop yang pada umumnya berdesain tebal, saat ini perlahan telah berevolusi dengan bentuk dan bobot yang lebih ringan agar semakin mudah diajak bermobilitas. Setelah merilis Lenovo IdeaPad S400 dan IdeaPad S300 di tahun 2012 lalu, Lenovo kini menambah lini IdeaPad S-series mereka dengan menghadirkan satu lagi laptop langsing yaitu Lenovo IdeaPad S405.

Desain
Lenovo IdeaPad S405 dihadirkan sebagai alternatif lain dari Lenovo IdeaPad S400. Dari segi desain, keduanya masih tampak identik dan tidak terlihat adanya perbedaan. Lenovo IdeaPad S405 tetap hadir dengan layar WXGA berukuran 14-inci yang kualitasnya tidak berbeda dengan layar IdeaPad S400. Akurasi warna dan ketajaman layarnya cukup baik dan nyaman dilihat dari sudut pandang yang tepat. Dilihat dari samping kiri atau kanan, sama seperti laptop pada umumnya, gambar terlihat agak buram.

Dalam kemasan bodinya yang langsing, port konektivitas yang dimilikinya termasuk cukup lengkap dengan penempatan yang sangat baik dan mudah dijangkau. Anda dapat menemukan port USB 3.0, port HDMI, port Ethernet, dan tombol One Key Recovery di samping kiri bodi. Bagian samping kanan body hadir 2 port USB 2.0, slot kartu memori SD, lubang jack audio 3,5mm dan lubang AC adapter.

Untuk kenyamanan mengetik, Lenovo masih mempertahankan desain tombol keyboard Accutype yang sering ditemukan di seri IdeaPad keluaran Lenovo. Trackpad yang dimilikinya juga sangat responsif terhadap sentuhan jari. Mengetik diatas keyboard Lenovo IdeaPad S405 memang cukup nyaman. Untuk kebutuhan gaming, keyboardnya ternyata juga masih cukup nyaman digunakan dan tidak membuat jari cepat lelah.

Performa
Walau memiliki desain yang sama, namun spesifikasi Lenovo IdeaPad S405 amat berbeda dengan S400. Lenovo memilih platform AMD untuk S405. Jadi prosesor yang digunakan adalah prosesor APU AMD A8-4555M yang berlari di kecepatan 1.60 Hhz. Besaran RAM dan ruang penyimpanan yang digunakan masih sama dengan Lenovo IdeaPad S400 yaitu dengan RAM sebesar 4GB DDR3 dan hard disk berkapasitas 500GB. Yang paling menarik, Lenovo IdeaPad S405 juga dibekali dengan kartu grafis tambahan AMD Radeon HD7450 1GB untuk menangani sektor grafisnya. Untuk hasil test benchmarknya, simak grafik berikut ini.

benchmark-cinebench-S405

Dalam penggunaan sehari-hari, Lenovo IdeaPad S405 dengan prosesor APU AMD A8 ini dapat menyajikan performa komputasi yang sangat baik dan cukup memadai untuk kebutuhan browsing, multimedia dan membuat dokumen. Membuka beberapa program sekaligus, dan banyak tab ketika browsing juga tidak menurunkan performanya secara signifikan. Dengan dukungan kartu grafis AMD Radeon HD7450 1GB, kami juga cukup puas karena laptop ini masih sanggup diajak untuk bermain game berat. Seperti misalnya game Tomb Raider yang kami gunakan untuk menguji kemampuan gamingnya. Hasil test benchmarknya performa gamingnya memainkan game Tomb Raider sebagai berikut.

benchmark-tomb-raider-normal

Hasil benchmark diatas merupakan hasil test benchmark game Tomb Raider pada pengaturan normal dan resolusi penuh. Saya masih bisa bermain dengan nyaman pada pengaturan normal ini tanpa terasa adanya lag yang berarti. Ketika dinaikkan ke setting high. Kualitas grafis memang terlihat menjadi lebih baik, namun frame rate menjadi menurun walau masih nyaman untuk dimainkan. Untuk pengujian game lain, kami mencoba game bola PES 2013 dan dengan pengaturan normal juga laptop ini sanggup memainkannya dengan tanpa masalah.

Dukungan Dolby Sound juga masih dapat Anda temukan di sini. Dengan fitur ini, Anda dapat mendapatkan hasil suara yang lebih baik pada saat menonton koleksi film HD atau bermain game, apalagi dengan headphone atau speaker yang baik. Untuk ketahanan baterainya, dalam pengujian normal dan tidak bermain game, Lenovo IdeaPad S405 baterainya masih dapat digunakan hingga sekitar hampir 4 jam dengan terhubung ke WiFi dan melakukan aktivitas browsing, mengetik dan mendengarkan musik.

Untuk fitur tambahan lainnya, sama dengan Lenovo IdeaPad S400 Anda tetap dapat menikmati fitur seperti Lenovo OneKey Recovery, Lenovo Quicskstart, Lenovo Veriface, Lenovo EE Boot Optimizer untuk mempercepat waktu booting laptop dan Lenovo Energy Management yang berguna untuk merawat dan melakukan pengaturan pada baterai. Fitur-fitur tersebut tentunya hanya dapat dinikmati jika Anda memasang Windows 7/8 sebagai sistem operasinya.

Kesimpulan
Dengan spesifikasinya tersebut, Lenovo IdeaPad S405 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp4,999jt ini bisa menjadi sebuah laptop untuk memenuhi kebutuhan kerja atau untuk bermain game, walau pengaturan grafis harus dibatasi di setting paling rendah hingga menengah. Bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan kinerja multimedia lumayan dan harga cukup terjangkau, Lenovo IdeaPad S405 layak dipertimbangkan.

[table th=”0″]” “;Lenovo IdeaPad S405
Prosesor;AMD APU Quad Core A8-4555M 1,6GHz
RAM;4 GB DDR3
HDD;500 GB 7200rpm
Layar; 14 inci HD LED
Chip Grafis; AMD Radeon 7600 HD Graphics ATI Seymour XT HD7450
Web Camera;0.3 Megapixel
Konektivitas;Wireless LAN IEEE 802.11b/g/n dan Bluetooth v4.0
Bobot;1,8 kg
Dimensi;268 x 168 x 24,4 mm
[/table]
Back to top button