Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Inilah Tes yang Dilewati untuk Menguji Seberapa Kuat Samsung GALAXY S4

Tahukah Anda tes atau pengujian apa saja yang dilewati sebuah prototipe ponsel hingga akhirnya diproduksi secara massal dan dijual kepada umum? Lalu seberapa baik Samsung GALAXY S4 melewati rangkaian tes tersebut?

S4 test

Sebagai smartphone kelas premium, S4 tentu saja harus memiliki ketahanan yang tinggi melalui berbagai macam kondisi yang kelak akan dihadapi oleh penggunanya. Mulai dari terjatuh, tertekan, terkena debu dan kotoran, tercemplung air hingga berada dalam kondisi ekstrem. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas sebuah official video dari Samsung mengenai rangkaian tes ketahanan yang dilewati oleh smartphone flagship mereka tersebut.

1. Jatuh berkali-kali
S4 test 1
Beberapa buah S4 dijatuhkan ke atas lantai berbahan metal secara berturut-turut hingga ratusan kali demi mendapatkan berbagai sudut jatuh yang berbeda. Tentu saja untuk dinyatakan lulus, ponsel harus tetap dalam keadaan dapat dioperasikan dengan normal.

2. Jatuh bebas
S4 test 2
Mirip dengan tes pertama, namun kali ini S4 dijatuhkan dengan tiba-tiba dengan kecepatan dan tinggi yang bisa menghancurkan cangkir kopi hingga berkeping-keping.

3. Terguling
S4 test 3
Dalam tes ketiga, S4 dimasukkan ke dalam kotak berputar perlahan yang mirip dengan mesin cuci selama waktu tertentu.

4. Benturan keras pada layar
S4 test 4
Menggunakan mesin bertekanan tinggi, layar S4 akan dihantam dengan keras untuk melihat apakah ada kerusakan fisik dan kinerja yang ditimbulkan.

5. Menguji kekuatan lapisan kaca depan
S4 test 5
Lapisan yang akan sering Anda sentuh dalam mengoperasikan S4 tersebut juga harus memiliki kekuatan dalam menghadapi benturan keras. Sebuah bola besi dijatuhkan dari ketinggian tertentu untuk mengujinya.

6. Tenggelam
S4 test 6
Ini mungkin yang paling menarik. Meski S4 tidak memiliki spesifikasi khusus seperti layaknya S4 Active, namun pengujian kekuatan ponsel saat tercebur ke dalam air juga harus dilewati.

7. Suhu ekstrem
S4 test 7
Terkadang Anda tak sadar saat meletakkan ponsel di dekat kompor yang menyala atau tempat dengan temperatur tinggi lainnya. Karena itu, ponsel tersebut harus memiliki kekuatan cukup hingga kemudian Anda tersadar dan mengambilnya segera. Beberapa unit S4 pun dimasukkan ke dalam oven yang diset ke suhu yang cukup untuk melelehkan es batu dan margarin dalam waktu singkat.

Selain ketujuh tes di atas, S4 harus melewati serangkaian tes lagi seperti menghadapi listrik statis, debu, hingga uap air garam sebagai gambaran kekuatan untuk Anda yang membawa serta S4 berlibur ke laut atau pantai di bawah terik sinar matahari. Silakan saksikan video berikut untuk lebih lengkapnya.

Back to top button