Quantcast
Mobile Gadget

Indosat Wireless Innovations Contest Kembali Digelar

Indosat kembali menggelar ajang kompetisi inovasi digital bagi generasi muda Indonesia, Indosat Wireless Innovations Contest (IWIC) ke-7 tahun 2013, sebagai bagian dari Program Inovasi Indosat.

Indosat Wireless Innovations Contest

Kali ini IWIC mengusung tema “Digital Innovation and Enterpreneurship for Stronger Indonesia” sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengembangan aplikasi selular oleh generasi muda bangsa serta berkesempatan mengembangkan bisnis sendiri. IWIC ke-7 ini dikembangkan dari program IWIC sebelumnya, terdiri dari kompetisi ide/prototype aplikasi, edukasi online, Seminar Roadshow di 18 Kampus, Innovations Boot Camp selama 2 hari, kesempatan bagi para pemenang mendapatkan beasiswa dari Founders Institute untuk mengembangkan potensi menjadi bisnis pengembang pemula (“start up companies”) serta program inkubasi dari Indosat. Kompetisi mengundang ide dan karya untuk 11 kategori. Pemenang akan memperoleh hadiah tunai bernilai total ratusan juta rupiah dan beasiswa.

Sejak 2006, lebih dari 1600 peserta mengirimkan ide dan prototype aplikasinya. Ajang ini terus mendapat dukungan dari berbagai pihak dan mendorong Indosat untuk terus mengembangkan kompetisi di tahun ini. Khusus untuk penyelenggaraan IWIC ke-7, Indosat bekerja sama dengan beberapa mitra antara lain BlackBerry, Founder Institute dan Kompas Gramedia Group sebagai media partner.

Program ini selain sejalan dengan perkembangan penggunaan perangkat selular yang sangat pesat hingga mencapai lebih dari 200 juta pengguna, ternyata juga diikuti meningkatnya pengguna aplikasi selular yang tren saat ini seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain-lain. Tentunya aplikasi buatan anak bangsa diharapkan bisa ikut mewarnai dinamika perkembangan aplikasi selular di dunia.

President Director dan CEO Indosat, Alexander Rusli, saat membuka dengan resmi dimulainya IWIC ke-7 tahun 2013 di Jakarta menyatakan,

“Indosat secara konsisten berkomitmen mengajak generasi muda untuk terus berinovasi di bidang aplikasi digital wireless serta mewujudkan teknologi dan inovasi tersebut secara mandiri dalam bidang kewirausahaan melalui ajang tahunan IWIC yang tahun ini memasuki tahun ke-7. Kami yakin melalui generasi muda dan masyarakat yang terus berinovasi dan mandiri di bidang teknologi, kita akan mampu membangun Indonesia yang semakin kuat.”

Sebagai bagian dari upaya menggali semangat berinovasi kalangan mahasiswa melalui ajang IWIC ke-7, Indosat bersama Founder Institute akan menyelenggarakan Start Up Seminar di 18 universitas terkemuka secara nasional. Dalam seminar yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa secara gratis tersebut akan diberikan training serta sharing pengalaman dari para enterpreneur di bidang teknologi dan aplikasi (technopreneur) yang telah sukses, sekaligus membuka akses para mahasiswa ke dunia technopreneur sehingga mendorong mereka untuk dapat meraih sukses yang sama. Seperti diketahui, banyak technopreneur lahir dari dunia kampus seperti success story Facebook dan lain-lain.

Salah satu yang baru dalam ajang IWIC ke-7 ini adalah diselenggarakannya kegiatan Innovations Boot Camp bagi 40 nominator, berlangsung selama 2 hari di Jakarta. Para peserta dalam kegiatan ini akan memperoleh training secara intensif untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka dalam bidang enterpreneur, teknologi dan inovasi. Penilaian dan penjurian terhadap peserta IWIC ke-7 juga akan dilakukan dalam kegiatan ini.

Sementara bagian dari program inovasi Indosat secara terintegrasi melalui IWIC, para pemenang dari ajang ini akan memperoleh kesempatan untuk memperoleh beasiswa di Founder Institute, sebuah organisasi global yang mendukung dan mendorong para pengembang aplikasi pemula menjadi wirausaha di bidang teknologi (technopreneur), berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat. Para pemenang yang telah lulus dari program beasiswa ini selanjutnya akan bergabung dalam Indosat Incubation Program.

Bagi yang memenuhi kriteria dan memiliki potensi bisnis yang kuat, di tahap selanjutnya dapat memperoleh dukungan fasilitas infrastruktur dari Indosat sebagai persiapan bisnis. Bahkan dimungkinkan mendapatkan akses pendanaan. Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, menyampaikan apresiasi serta dukungan BlackBerry Indonesia terhadap program ini.

“Generasi Digital Indonesia telah berkembang pesat selama tujuh tahun terakhir. Generasi muda adalah tulang punggung yang akan mendorong pengembangan aplikasi mobile industri di Indonesia. Kami akan membantu bakat muda untuk membangun pemikiran besar dan mengikuti tren inovasi digital global Kami berkomitmen untuk mendukung generasi muda digital di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan salah satunya adalah melalui IWIC. Kami percaya bahwa bisnis masa depan akan datang dari industri aplikasi mobile yang akan membawa perekonomian Indonesia ke tingkat berikutnya.”

Program IWIC ke-7 berlangsung dari bulan Juni 2013 sampai dengan Oktober 2013 dan pengumuman shortlisted akan dilakukan di bulan November 2013. Pendaftaran ide dan karya serta informasi lebih lanjut dapat diakses melalui www.indosat.com/iwic7.

Satu komentar

Back to top button