Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy S4

Di tahun 2012 lalu, Samsung berhasil meraih supremasi smartphone dunia melalui Galaxy S3 dan Galaxy Note II. Paduan performa, desain, fitur inovatif merupakan kunci sukses menaklukkan pasar smartphone dunia. Di tahun ini, mereka ingin mempertahankan pencapaian tersebut dengan menghadirkan GALAXY S4. Mampukah smartphone tercanggih Samsung ini memesona kita semua?

Konsep & Desain
Menilik tampilan luarnya, desain Galaxy S4 tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan Galaxy S3. Dipadukan dengan Gorilla Glass 3, bahan plastik polikarbonat yang digunakan di bodinya ternyata cukup tangguh untuk pemakaian sehari-hari. Jadi Anda tidak perlu cemas saat mengantunginya bersama ponsel atau benda lain.

Ada beberapa pihak yang kurang setuju dengan digunakannya bahan plastik di smartphone tercanggih Samsung ini. Namun dengan tutup bodi bagian belakang yang terbuat dari plastik, mengganti baterai dan microSD di Samsung Galaxy S4 dapat dilakukan dengan amat mudah. Dan menurut saya, ini adalah keputusan terbaik yang dilakukan Samsung saat mendesain ponsel Galaxy.

Bentang layar 4,9 inci terasa pas di tangan, tidak seperti Galaxy Note II yang masih terlalu besar saat digunakan dengan satu tangan. Galaxy S4 juga tidak licin dan tetap nyaman saat dioperasikan dengan satu tangan. Samsung masih mempertahankan tombol Home di bagian bawah layar, yang dapat ditekan agak lama untuk memunculkan deretan aplikasi yang sedang dijalankan. Tombol power ditempatkan di sisi kanan, sementara tombol volume ada di sisi kiri. Dari pengujian kami, penempatan dan respons tiap tombol amat baik dan responsif.

Fitur & Performa

Antarmuka TouchWiz UI yang sudah akrab bagi pengguna ponsel Android Samsung juga digunakan di sini. Menjelajah menu dapat dilakukan dengan responsif dan mulus, walaupun tidak berbeda jauh dengan Galaxy Note II. Beberapa fungsi standar seperti Wi-Fi, Bluetooth, Air View, dan sebagainya dapat langsung diatur melalui layar notifikasi yang ada di atas. Ini tentunya menghemat waktu karena Anda tidak perlu masuk ke menu Setting hanya untuk mematikan atau menyalakan sebuah fungsi.

Secara keseluruhan, performa S4 memang amat baik. Bahkan hasil benchmark dari AnTutu menempatkannya di posisi teratas untuk saat ini. Namun meski sudah mengemas prosesor Exynos Octa dan RAM 2GB, ternyata masih ada beberapa kasus terjadi jeda (lag) saat menjelajah menu atau mengakses beberapa fungsinya. Yang paling kentara adalah saat mengaktifkan kameranya. Namun setelah dua kali memperbaharui firmware, performa S4 semakin membaik dan masalah ini semakin jarang muncul.

Dengan spesifikasi supernya, Galaxy S4 dapat menjalankan aplikasi Android yang berat sekalipun. Berbagai game 3D populer di Android seperti Dead Trigger, Shadow Gun, Dungeon Hunter 4 dapat dijalankan dengan sempurna. Tugas multimedia seperti menyunting foto dan memutar film Full HD juga bisa dilakukan dengan amat baik. Baterai berkapasitas 2600mAH ternyata mampu bertahan sekitar 10 jam dengan penggunaan cukup intensif (browsing, telepon, main game, download aplikasi, memotret secara berkala).

Keunggulan utama Samsung Galaxy S4, dibandingkan dengan kompetitornya, terletak pada deretan fitur pintarnya. Smartphone ini mengemas banyak fitur baru yang menarik seperti Air View (menayangkan informasi tambahan dengan jari melayang di atas layar tanpa menyentuhnya), Air Gesture (gerakan tangan di udara tanpa menyentuh layar), Smart Scroll (mengikuti gerakan mata saat membaca), WatchON (mengubah S4 menjadi remote control berbagai produk elektronik), NFC (Near Field Communication), serta Screen Mirroring (menggandakan tampilan layar S4 di layar TV secara nirkabel). Saat dibutuhkan, fitur-fitur tersebut dapat digunakan dengan cepat dan mudah.

S Health

Tambahan beberapa aplikasi eksklusif juga membedakannya dari smartphone Android lainnya. Saya cukup terkesan dengan S Health yang membantu penggunanya memantau kesehatannya mulai dari konsumsi kalori hingga jumlah langkah yang diambil dalam satu hari. Juga ada WatchON yang memanfaatkan port infrared S4 untuk mengubahnya menjadi remote control berbagai perangkat seperti TV dan home audio, S Translator untuk membantu menerjemahkan bahasa asing dengan suara dan teks, yang sayangnya belum mendukung banyak bahasa. Samsung memasukkan fitur Group Play yang mengubah ponsel Galaxy lain menjadi speaker tambahan. Fitur ini cukup menyenangkan, walaupun sepertinya cukup terbatas kegunaannya apalagi mengingat hanya beberapa Galaxy saja yang telah mendukung fitur ini. Bagi yang suka foto-foto, Samsung menyediakan Story Album yang akan menciptakan album foto otomatis dari koleksi foto di galeri S4. Anda bisa memilih dari beberapa desain yang sudah ada. Hasilnya kemudian bisa dibagikan dalam format .PDF dan .SSF (Story Album file) atau langsung dicetak. Penggunaannya juga amat mudah sehingga Anda dapat membuat album dalam hitungan detik.

Fotografi
Satu fitur yang menjadi andalan Samsung Galaxy S4 adalah fitur fotografinya. Selain telah mengemas sensor 13 megapixel yang besar, kamera S4 telah dilengkapi berbagai fitur fotografi menarik. Sebut saja Sound & Shot yang dapat memotret dan merekam suara di sekitarnya sekaligus. Juga ada Dual Shot untuk mengambil gambar fotografer dan subyek/obyek yang dijepretnya, Drama Shot untuk mengabadikan gerakan satu subyek sehingga menghasilkan efek menarik, serta Animated Photo yang menghadirkan gerakan dalam foto dengan hasil akhir dalam format .GIF.

Saat mencobanya, ada beberapa fitur yang sangat tergantung pada kondisi yang sedang terjadi. Misalnya fungsi Drama Shot. Walaupun hasilnya keren, obyek yang dibidik harus satu obyek yang bergerak, sementara obyek lain relatif diam. Meskipun begitu, saya sangat terkesan dengan hasil foto dan videonya yang amat baik. Exposure dan fokus cukup akurat, dengan reproduksi warna yang cenderung matang. Pada kondisi cahaya temaram, noise memang cukup jelas terlihat. Namun detail pada foto masih dapat dipertahankan. Singkatnya, inilah ponsel Android dengan kamera terbaik saat ini.

Berikut hasil foto yang ditangkap dari Samsung Galaxy S4 tanpa proses penyuntingan. Klik foto untuk melihat file asli di Flickr YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Mempertahankan sebuah pencapaian yang luar biasa bukanlah hal yang mudah. Dengan Galaxy S4, Samsung berhasil menyajikan sebuah smartphone Android yang keren, pintar, fungsional, dan memiliki kualitas tinggi. Harga Rp7,5 juta memang cukup tinggi bagi sebagian besar konsumen, tapi bagi Anda yang menginginkan ponsel Android terbaik saat ini, S4 layak jadi pilihan.

[table th=”0″]” “;Samsung Galaxy S4
Layar;”4.99 inci, resolusi 1920×1080 pixel Full HD 1080p, Super AMOLED, kerapatan 441ppi”
Prosesor;Exynos 1.6GHz Octa-core
Memori;”RAM DDR3 2GB, internal 16GB, eksternal microSD hingga 64GB”
Kamera;”13MP (belakang), 2.1MP (depan)”
Konektivitas;”HSDPA 42,2Mbps, HSUPA 5,76Mbps, Bluetooth 4.0, NFC, port infrared, GPS, microUSB 2.0″
Sistem Operasi;Android 4.2.2 Jelly Bean
Baterai;2.600 MAh
Dimensi;”136.6 x 69.8 x 7.9 mm”
Bobot;130 gram[/table]
Back to top button