Review NIKON 1 S1

Kamera mirrorless berhasil menjadi jawaban bagi fotografer yang menginginkan hasil foto keren tapi dalam kemasan yang ringkas. Nikon 1 S1 merupakan kamera DSLM generasi kedua dari produsen kamera asal Jepang tersebut. Seperti apakah performanya?

Desain
Dari segi ukuran, Nikon 1 S1 tergolong amat ringkas, bahkan untuk ukuran kamera mirrorless. Selain bodi yang mungil, lensanya juga lebih kecil dibandingkan kamera DSLM dengan sensor MFT atau APS-C. Ditunjang bobotnya yang relatif ringan, S1 tidak akan membebani dan mudah disimpan. Di balik ukurannya yang mungil, S1 cukup nyaman saat digenggam dengan satu tangan sekalipun. Tombol fisik yang diberikan termasuk minimalis dan sepertinya lebih mengakomodir pengguna yang memotret dengan mode otomatis.

Satu keluhan dari kami, tombol rana (shutter) terasa dangkal dan perlu penyesuaian agar dapat digunakan dengan akurat. Akibatnya kami sering “kebablasan” memotret saat hanya ingin menentukan fokus dengan setengah menekan tombol shutter. Di bagian belakang, Anda akan menemukan layar TFT 3 inci dan sederetan tombol. Meskipun resolusinya termasuk standar, layar S1 cukup terang dan tetap efektif saat digunakan di bawah sinar matahari. Ini penting mengingat banyak fungsi S1 yang harus diakses melalui menu di layarnya, termasuk mode pemotretan. Tatanan menu cukup sederhana dan mudah dikuasai, walaupun kadang terasa ada jeda saat mengakses beberapa fungsi terutama efek filter.

Fitur & Performa
nikon_1_s1_menu

Nikon memasukkan dua fitur fotografi keren yaitu Smart Photo Selector yang mengambil 20 foto sekaligus dan memilih yang terbaik, serta Slow View yang mengambil video amat pendek dengan efek dramatis. Saat mengujinya, kedua fitur ini dapat digunakan dengan mudah dan berfungsi dengan baik. Hasilnya pun cukup menarik, terutama Slow View yang jarang ditemukan di kamera lain. Juga terdapat Creative Mode yang juga memuat mode pemotretan P/S/A/M dengan scene mode yang biasa ditempatkan di menu terpisah. Walaupun mode yang ditawarkan tidak begitu banyak, Nikon telah memasukkan mode yang paling populer seperti Soft, Miniature Effect, dan Selective Color.

Beralih ke soal kinerja, saya cukup kaget dalam arti positif. Nikon 1 S1 mampu menemukan fokus dengan cepat dan akurat, dalam berbagai kondisi cahaya. Bahkan untuk mengabadikan momen cepat seperti olahraga atau anak kecil bermain, S1 memiliki kecepatan shutter 1/16.000 detik dan continuous shooting mencapai 15fps. Kecepatan ini bahkan masih jarang ditemukan di kamera DSLR sekalipun.
Hasil foto S1 juga amat baik, dengan exposure yang akurat dan warna yang seimbang, langsung dari kamera. Noise cukup baik hingga ISO 1600 di pencahayaan yang baik, dan ISO 800 di kondisi temaram. Hasil rekaman video Full HD 1080p juga cukup baik untuk dapat menggantikan camcorder Full HD kelas pemula.

Berikut hasil foto JPEG langsung dari kamera yang tanpa melalui proses penyuntingan.

svg%3E
Nikon 1 S1Nikon 1 S1 selective colorNikon 1 S1Nikon 1 S1Nikon 1 S1Nikon 1 S1
Nikon 1 S1 macroNikon 1 S1 closeupNikon 1 S1Nikon 1 S1Nikon 1 S1 indoorNikon 1 S1
Nikon 1 S1

Nikon 1 S1, ukuran penuh di Flickr.

Via Flickr:Hasil foto Nikon 1 S1

Performa baterai cukup lumayan, dengan ketahanan mencapai sekitar 250 foto sebelum harus diisi lagi. Ini tentunya masih di atas rata-rata kamera saku, tapi untuk kamera mirrorless, daya tahan baterai ini agak di bawah rata-rata. Ukuran fisik baterai yang kecil sepertinya merupakan kompromi untuk menjaga ukuran kamera tetap langsing.

Kesimpulan
Dengan S1, Nikon berhasil menyajikan alat fotografi yang handal dalam kemasan yang mungil dan keren. Bahkan bagi yang bosan dengan warna hitam dan putih, Nikon juga menyediakan S1 dalam pilihan warna merah, pink, dan khaki.

Namun keunggulannya tidak hanya berhenti di ukuran mungil saja, tapi juga berlanjut di hasil foto berkualitas dan kinerja yang amat cepat. Dengan harga di kisaran Rp5,9 juta, Nikon 1 S1 layak dipertimbangkan bagi Anda yang membutuhkan kamera mungil dengan hasil foto amat baik dan penggunaan mudah.

Nikon 1 S1
Sensor;”12 megapixel (CX Format), Pixel efektif 10 megapixel”
Mount lensa; Nikon 1 Mount (2,7x)
Resolusi foto dan video;”Still Images (3:2 aspect ratio)~~
3,872 x 2,592 pixel~~
2,896 x 1,944 pixel~~
1,936 x 1,296 pixel~~
Still images (aspect ratio 16:9)~~
3,840 × 2,160 (Motion Snapshot mode atau 1,080/60i, 1,080/30p dipilih dari advanced movie mode)~~
1,280 × 720 (720/60p, 720/30p dipilih dari advanced movie mode)”
Shutter;”Elektronik, 1/16000 – 30 detik, flash sync 1/160 detik”
Continuous shooting;”15 foto per detik dengan AF; 30/60 foto per detik dengan fokus terkunci di foto pertama”
Memory;1X slot SD/SDHC/SDXC
Layar; TFT 3 inci 460.000 titik
Dimensi;102mm x 60,5mm x 29,7mm
Bobot; 197 gram

Verified by MonsterInsights