Qualcomm Perkenalkan Empat Prosesor Terbaru Untuk Gadget Pintar

Qualcomm yang merupakan salah satu produsen chip prosesor untuk perangkat mobile yang sudah sangat dikenal di seluruh dunia, pada hari ini(05/06/2013) secara resmi mengumumkan akan terus mendukung perkembangan industri telekomunikasi dan mendorong migrasi 3G di Indonesia.

qualcomm-1

Dalam acara ini, pihak Qualcomm yang dihadiri oleh Bapak Bernhard Siagian, Country Manager Qualcomm Indonesia dan Bapak Adrian Fu, Senior Manager Public Relations Qualcomm Southeast Asia & Pacific menjelaskan perkembangan produk dan inovasi terbaru dari Qualcomm. Untuk produk chip prosesor terbaru dari Qualcomm kini hadir prosesor Snapdragon 800, 600, 400 dan 200 yang disiapkan untuk perangkat mobile, multimedia dan rencananya juga akan segera digunakan pada produk Smart TV dalam waktu dekat.

Di lini paling bawah ada Qualcomm Snapdragon 200 yang dirancang untuk smartphone kelas entry. Prosesor ini mengemas CPU Quad Core ARM Cortex-A5 yang dapat berlari hingga 1.4Ghz per core, chip grafis adreno 203 dan telah dilengkapi dengan dukungan GPS, WiFi, Blutooth 3.0, USB 2.0, Multi-SIM DSDS, dan DSDA Single Platform untuk koneksi CDMA dan UMTS. Untuk sektor multimedia, Qualcomm Snapdragon 200 dapat menampilkan tampilan pada resolusi HD 720p, dapat digunakan untuk memutar video HD, merekam video pada kualitas HD 720p dan mendukung penggunaan kamera hingga 8 megapixel.

Untuk segmen smartphone kelas menengah, Qualcomm telah menyiapkan Qualcomm Snapdragon 400. Prosesor ini hadir dengan opsi CPU Dual Krait hingga 1.7Ghz, Quad ARM Cortex-A7 yang berlari hingga 1.4Ghz dan chip grafis dari Adreno 305. Jaringan yang didukungnya mencakup jaringan TDSCDMA, DC-HSPA+ (42Mbps), 1x Advanced, W+G CDMA, dan mendukung sistem Multi SIM, Dual SIM, Dual Standby, Dual Active (DSDA), serta mendukung penggunaan kamera dengan sensor hingga 13.5 megapixel. Snapdragon 400 juga dapat digunakan untuk merekam dan memutar video pada format Full HD 1080p serta telah kompatibel dengan teknologi Miracast wireless display untuk berbagi layar.

Di segmen smartphone menengah atas hingga premium hadir Qualcomm Snapdragon 600. Qualcomm Snapdragon 600 sendiri telah digunakan dibeberapa smartphone kelas atas seperti misalnya HTC One yang baru saja hadir di Indonesia. Prosesor ini hadir dengan CPU quad core Krait 300 CPU yang masing-masing intinya (Core) dapat berlari pada kecepatan hingga 1.9GHz. Sektor grafisnya didukung oleh chip grafis Adreno 320 yang mendukung pengolahan grafis OpenGL ES 3.0, DirectX, OpenCL, Renderscript Compute dan FlexRender yang cukup untuk mengakomodir game-game mobile berdefinisi tinggi yang membutuhkan kinerja grfis ekstra. Untuk koneksi yang didukungnya, tersedia koneksi WiFi, USB 2.0 dan Bluetooth 4.0 serta dapat digunakan pada jaringan 4G LTE. Untuk mencukupi kebutuhan multimedia Anda, prosesor ini sanggup menyajikan tampilan hingga resolusi 2048×1536 pixel, memutar dan merekam video pada format Full HD 1080, audio dengan dukungan DTS-HD dan Dolby Digital Plus serta mendukung penggunaan sensor kamera hingga 21 megapixel.

Yang terakhir dan paling bertenaga adalah prosesor Qualcomm Snapdragon 800. Qualcomm merancang prosesor ini untuk digunakan pada smartphone premium kelas atas, tablet PC hingga Smart TV atau perangkat multimedia lainnya. Di dalam kepingan prosesornya tersebut, Anda dapat menemukan CPU quad core Krait 400 yang berlari pada kecepatan hingga 2.3GHz per core, sektor grafis yang ditangani oleh GPU Adreno 330 dengan dukungan OpenGL ES 3.0, DirectX, OpenCL, Renderscript Compute dan FlexRender. Untuk jaringan yang didukungnya, tersedia dukungan jaringan 4G LTE, WCDMA, CDMA1x, EV-DO, TD-SCDMA dan GSM 4G LTE yang mendukung akses paket data berkecepatan tinggi hingga 150 Mbps. Konesi WiFi, USB 3.0, Bluetooth 4.0, dan GPS juga telah didukung penuh oleh prosesor ini. yang paling menarik adalah kemampuannya di sektor multimedia. Mengingat dapat digunakan pada Smart TV, prosesor ini dapat menyajikan tampilan hingga tampilan 4K, kompatibel dengan Miracast Wireless Display 1080p, serta sanggup digunakan untuk merekam dan memutar video pada resolusi Ultra HD (4K). Sektor audionya sendiri telah hadir dengan teknologi audio DTS-HD dan Dolby Digital Plus serta kompatibel dengan fitur kontrol gestur. Untuk sensor kamera yang kompatibel dengan Snapdragon 800 pun tidak kalah canggih. Dengan prosesor ini kedepannya sebuah smartphone dapat dilengkapi dengan sensor kamera hingga resolusi 55 megapixel dan mendukung teknologi pengambilan gambar 3D stereoscopic.

Untuk meningkatkan efiesiensi para pengguna perangkat mobile, Qualcomm juga merancang prosesor-prosesornya ini dengan teknologi yang dapat mengatur konsumsi listrik dengan lebih baik sehingga baterai akan lebih tahan lama. Qualcomm juga melengkapi beberapa prosesornya dengan fitur Quick Charge. Pada prosesor Qualcomm 400 dan Qualcomm 600 telah dilengkapi dengan fitur Quick Charge 1.0 yang dapat mempercepat pengisian baterai hingga 40% lebih cepat. Dan khusus untuk Qualcomm 800 dilengkapi dengan fitur Quick Charge 2.0 yang dapat mempercepat isi ulang baterai hingga 75% lebih cepat.

Tidak hanya prosesor saja, Qualcomm juga saat ini telah hadir dengan inovasi lain yang tidak kalah canggih. Seperti misalnya untuk solusi jaringan ada Qualcomm AllJoyn, Qualcomm Hy-Fi, Qualcomm Atheros, dan Qualcomm Vuforia yang merupakan platform besutan Qualcomm untuk teknologi Augmented Reality yang sedang naik daun saat ini.

Verified by MonsterInsights