Jolla Perkenalkan Smartphone Dengan OS Baru, Sailfish

Berbagai sistem operasi atau OS baru diciptakan untuk semakin menyemarakkan pasar smartphone dan tablet. Setelah kita mengenal Firefox OS dari Mozilla, kini hadir Sailfish OS besutan Jolla.

OS Sailfish berbasis pada Mer, sebuah OS terbuka (open source) yang digunakan untuk smartphone, tablet PC, hingga TV. Yang paling menarik, OS ini dikabarkan akan kompatibel dengan aplikasi berbasis Android. Sementara Jolla sendiri merupakan sebuah perusahaan baru yang berbasis di Finlandia – sama seperti Nokia dan Rovio – yang memang banyak dihuni oleh petinggi dan profesional dari Nokia sejak 2011 lalu. Rencananya samrtphone perdana yang akan menggunakan OS baru ini akan diluncurkan tahun ini juga dengan kisaran harga €400 atau sekitar Rp5,1 jutaan.

svg%3E

Smartphone tersebut memiliki layar “Estrade” 4.5 inci dengan kamera 8MP yang hasil foto maupun video Full HD-nya bisa Anda simpan pada memori internal 16GB atau microSD. Belum diketahui berapa kecepatan prosesor dual core yang digunakannya, tapi konektivitas seluler yang dimilikinya sudah mendukung 4G. Satu hal menarik, Jolla membiarkan penggunanya kelak melakukan personalisasi dalam bentuk skin di sisi belakang smartphone.

Meski kabarnya hanya akan diluncurkan untuk pasar Eropa, menarik juga untuk menunggu kiprah Jolla dengan Sailfish. Apalagi banderol harganya tergolong mahal dengan spesifikasi “hanya” berotak prosesor dual core saja plus sektor kamera yang juga terkesan nanggung. Apakah memang Jolla mengungulkan cita rasa desain premium? Video berikut mungkin bisa lebih membangkitkan imajinasi Anda.