Acer Aspire R7: Gabungan Desktop, Tablet Dan Laptop Yang Pertama Di Dunia

Kejutan besar datang dari produsen perangkat komputasi asal Taiwan, Acer, yang baru saja secara resmi mengumumkan produk notebook hybrid dengan konsep yang sama sekali baru.

Jika sebelumnnya cukup banyak konsep notebook/tablet yang beredar di pasaran, maka Acer melakukan pendekatan desain yang inovatif dan belum pernah ditemukan di produk kompetitornya. Acer Aspire merupakan perpaduan antara notebook, tablet, dan All in One PC dalam satu kemasan. Jadi rasanya seperti memiliki tiga produk sekaligus dalam satu kemasan.

Acer Aspire R7-6

Dengan konsepnya, maka tak mengherankan jika Acer Aspire R7 hadir dengan layar sentuh IPS Full HD (1920×1080 pixel) berukuran 15,6 inci. Agar notebook ini dapat berubah menjadi sebuah PC All-In-One, bagian layar R7 dilengkapi dengan sebuah kaki. Nah, kaki inilah yang menjadi tumpuan utama Acer Aspire R7 untuk berubah mode penggunaanya.

Kaki Acer Aspire R7 tersebut diberi nama dengan Ezel. Desain kakinya juga amat fleksibel dan dapat diatur sudutnya untuk memberi kenyamanan bagi penggunanya. Ingin menggunakan R7 pada mode tablet PC? Anda cukup mengatur Ezel ke posisi tidur dengan layar menempel ke bagian keyboard. Sayangnya, pada mode tablet PC, Acer Aspire R7 tampak lebih tebal dengan ketebalan sekitar 1,12 inci.

Keunikan Acer Aspire R7 masih berlanjut dengan posisi trackpad yang tidak seperti biasanya. Jika pada umumnya trackpad berada di sisi bawah keyboard, maka trackpad Aspire R7 berada di sisi atas keyboard. Imbasnya, tidak ada area untuk mengistirahatkan telapak tangan saat mengetik. Karena belum mencoba secara langsung, kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut mengenai keputusan Acer yang cukup berani ini.

Masuk ke sektor performanya, Acer Aspire R7 tersedia dalam dua model pilihan prosesor dengan Intel Core i5-3337U dan Intel Core i7-3537U. Spesifikasi ini belum final mengingat sebentar lagi prosesor Haswell akan diperkenalkan oleh Intel. Ruang penyimpanan hybrid yang menggabungkan SSD dan hard disk juga digunakan di sini untuk mempercepat waktu booting Windows. Untuk performa grafis, Anda dapat memilih antara Intel HD 4000 atau Nvidia GeForce GT750M yang lebih mumpuni.

Konektivitas yang dimiliki Acer Aspire R7 juga cukup lengkap untuk sebuah notebook. Anda akan menemukan 2 port USB 3.0, satu port USB 2.0, 4 stereo speaker, dual array mic dan webcam, port HDMI, slot kartu memori SD, dan tersedia koneksi WiFi dan Bluetooth. Untuk harga, Acer mematoknya di US$1000. Belum ada konfirmasi dari Acer Indonesia mengenai spesifikasi pasti R7 yang akan dipasarkan di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Acer Aspire R7
Layar; layar sentuh IPS Panel 1920×1080 pixel dengan input jari 10 titik
Prosesor;”Intel Core i5-3337U atau Intel Core i7-3537U (masih dapat berubah)”
Grafis; “Intel HD 4000, Nvidia GeForce GT750M (opsional)”
RAM; 6GB DDR3
Kapasitas;500GB HDD( dengan 24GB SSD cache)
Konektivitas;”HDMI,audio port, USB 2.0, USB 3.0, WiFi, Bluetooth, slot kartu memori”
Bobot;2,3 kilogram
Dimensi;14,83 x 10,02 x 1,12 inci
[/table]

Verified by MonsterInsights