Quantcast
BlackBerryTips

Tips Canggih BB10 #7: Menjadikan BlackBerry Z10 Sebagai Hot Spot Wi-Fi

Salah satu fitur canggih yang kini dimiliki oleh perangkat BlackBerry 10 adalah tethering, atau menjadikan smartphone Anda sebagai hotspot layaknya router.

bb

Fitur berbagi ini sebenarnya sudah tak asing lagi terutama bagi mereka pengguna smartphone berbasis Android. Bahkan salah satu operator CDMA tanah air, Smartfren, pernah meluncurkan ponsel murah dengan fitur yang canggih tersebut. Nah, Anda pengguna BlackBerry Z10 kini juga bisa menjadikan perangkat Anda sebagai router mini untuk berbagi koneksi internet hingga ke lima pengguna. Inilah langkah-langkahnya.

Pertama yang perlu Anda ingat adalah, pastikan kartu micro SIM yang Anda gunakan memiliki paket data operator. Untuk tes kali ini, kami menggunakan paket data Always ON atau AON dari Tri.

1. Dari halaman Setelan (Settings), pilih Koneksi Jaringan (Network Connections), lalu masuk ke Hotspot Seluler (Mobile Hotspot), sentuh Berikutnya (Next).
2. Perangkat akan menginformasikan mengenai biaya yang mungkin dikenakan, sentuh kembali Berikutnya (Next).
3. Kemudian peringatan mengenai pengguna yang tak dikehendaki akan muncul. Pengguna yang dimaksud adalah mereka yang menggunakan hotspot Anda tanpa izin. Memang apa sih pengaruhnya? Tentu saja slot pengguna yang bisa menggunakan jaringan Anda menjadi berkurang. Selain itu, semakin banyak user atau pengguna yang tergabung, tentu saja koneksi internet yang didapatkan masing-masing pengguna menjadi semakin lambat.

1 2 3 4

4. Baterai Anda akan cepat terkuras, karena itu perangkat menyarankan Anda untuk menghubungkannya ke sumber listrik.
5. Z10 memiliki pilihan Timer Tanpa Aktivitas(Inactivity Timer). Fungsinya adalah menonaktifkan hotspot secara otomatis jika dalam jangka waktu 15 menit tidak ada aktivitas keluar/masuk data demi menghemat baterai. Namun Anda dapat mengubah opsi ini di pengaturan.
6. Di halaman berikutnya, Anda bisa mengatur password agar hanya pengguna yang Anda kenal yang bisa ikut bergabung ke jaringan Anda. Panjangnya minimum 8 karakter dan maksimum 64 karakter. Sebaiknya hindari kata kunci yang mudah ditebak, seperti 01234567, ABCDEFGH, dsb.

5 6 7 8

Begitu selesai, hotspot pribadi Anda sudah dapat digunakan. Jika ada pengguna yang masuk, maka profil dari perangkat pengguna tersebut akan tertampil. Anda bisa membatasi agar tidak ada yang masuk lagi jika diinginkan, dengan menghilangkan tanda ceklis. Volume data unduh dan unggah juga akan ditampilkan dengan jelas sehingga memudahkan saat mengendalikan penggunaan kuota.

Back to top button