Quantcast
CamcorderFoto & VideoNews

Blackmagic Pocket Cinema: Ukuran Ringkas, Kualitas Profesional

Blackmagic kembali menghadirkan inovasi terbarunya dalam dunia videografi. Baru-baru ini produsen kamera video profesional tersebut mengumumkan sebuah kamera video berukuran mungil yang menggunakan sistem Micro Four Thirds.

Blackmagic Pocket Cinema-1

Sesuai dengan namanya, Blackmagic Pocket Cinema memang sengaja dirancang agar dapat digunakan di mana saja dengan nyaman. Ukurannya yang ringkas juga dapat menjadi solusi ideal bagi sebagian videografer yang sering berhadapan dengan medan yang kurang mendukung penggunaan kamera video profesional berukuran besar.

Walaupun memiliki kemasan yang mungil, kamera video ini tetap menyediakan kumpulan fitur kamera video kelas profesional yang sangat penting. Dengan dimensi yang sama seperti kamera saku pada umumnya, Blackmagic Pocket Cinema dibekali sensor berukuran standar Super 16 dan mengadopsi sistem lensa yang dapat dilepas pasang dengan mount lensa MFT. Yang artinya Anda dapat menggunakan seluruh jajaran lensa kamera MFT dari Panasonic atau Olympus. Selain itu, Anda juga dapat memasangkan lensa Super Cine 16 atau lensa PL mount lewat bantuan adapter lensa MFT.

Untuk membantu Anda merekam video, bagian belakangnya disematkan sebuah layar LCD berukuran 3.5-inci. Tersedia juga mic dan speaker terintegrasi, koneksi audio untuk menambah mic, serta tersedia koneksi HDMI dan USB untuk terhubung ke perangkat lain.

Satu fitur yang sangat penting dari Blackmagic Pocket Cinema adalah super wide dynamic range yang dimilikinya yang mencapai 13 stops. Dengan jangkauan dynamic range yang sangat luas tersebut, kamera video ini dapat menghasilkan hasil rekam video dengan tonal warna yang sangat detil dengan karakter dan kualitas menyerupai kamera film.

Untuk menghindari penurunan kualitas hasil rekaman, Blackmagic Pocket Cinema dilengkapi dengan kemampuan rekam video tanpa kompresi yang langsung tersimpan ke kartu SD. Kamera ini dapat menghasilkan video Full HD 1920×1080 pixel dengan hasil rekam video format Open file yang berformat Apple ProRes 422 dan format CinemaDNG RAW 12 bit Log tanpa kompresi (Loseless). Di samping itu, Blackmagic juga telah menyertainya dengan beragam codec, yang membuat file video hasil rekaman Blackmagic Pocket Cinema dapat langsung diolah dengan software seperti Final Cut Pro X, Avid Media Composer, dan kompatibel dengan DaVinci Resolve Lite untuk mengolah tonal warna.

Blackmagic Pocket Cinema Camera akan mulai dipasarkan di bulan Juli 2013 dengan harga US$995 atau sekitar 9,9 juta rupiah.

[table th=”0″]” “;Blackmagic Pocket Cinema
Sensor; Super 16mm
video; Supports 1080HD resolution capture in 23.98, 24, 25, 29.97 and 30 fps.
Format video;Open File Format seperti Apple ProRes 422 (HQ) dan lossless compressed CinemaDNG 12 bit RAW.
Mount Lensa;”MFT, Lensa PL dan lensa Super Cine 16 via adapter”
Layar;”3.5-inci”
Konektivitas;HDMI,audio port, USB
Memori;SDXC, SDHC
Bobot;355 gram
Dimensi;128 x 38 x 66 mm
[/table]
Back to top button