Facebook Perkenalkan Home, Pengalaman Sosial Baru di Android

Setelah santer diberitakan akan merilis ponsel, Facebook akhirnya meluncurkan produk terbarunya yang ternyata bukan ponsel. Home merupakan pengalaman sosial baru di ponsel Android yang bertumpu pada manusia, bukan aplikasi.

CoverFeed

Apa saja yang bisa ditemukan di Facebook Home? Yang pertama adalah Cover feed. Jika Home terpasang, layar ini akan menggantikan lock screen dan home screen. Facebook menyebutnya sebagai jendela yang memperlihatkan atau memberi intipan aktivitas yang dilakukan teman Facebook Anda. Untuk menjelajah konten, Anda tinggal membalik layar Home atau mengetuk dua kali jika menyukai konten tersebut. Sekilas, cover feed ini mirip seperti layar utama aplikasi berita Flipboard.

Lalu ada Chat heads. Walaupun masih belum populer di Indonesia, chatting lewat Facebook kini menjadi lebih mudah. Jika teman Anda mengirim pesan, maka akan muncul chat head berupa wajah teman beserta pesannya yang juga termasuk SMS. Jika ada pesan dari kontak Facebook Anda, maka Home akan mengirimkan notifikasi lengkap dengan gambar profil pengirim pesan.

Home juga memiliki launcher yang dapat menampung aplikasi favorit pilihan Anda. Kemungkinan pengguna akan lebih memanfaatkannya untuk mengelompokkan aplikasi jejaring sosial di launcher ini.

Bagi yang segera ingin mencoba Home, tampaknya harus bersabar dulu. Pasalnya, Home baru akan dapat diunduh secara gratis dari Play Store mulai 12 April 2013 khusus di Amerika Serikat. Untuk negara lain, Facebook belum mengumumkan tanggal pastinya.

Satu catatan menarik, Home baru tersedia di beberapa ponsel Android kelas atas seperti HTC One, HTC One X, HTC One X+, Samsung Galaxy S III, Samsung Galaxy S4, serta Samsung Galaxy Note II. Jika dicermati, daftar perangkat yang didukung Home merupakan ponsel Android kelas atas yang harganya di atas 5 juta rupiah. Facebook sendiri tidak menyebutkan spesifikasi minimal untuk menjalankan Home. Semoga saja ponsel Android yang tidak begitu perkasa akan bisa menjalankannya dengan lancar.