Samsung GALAXY S4: Pertama Dengan Layar Super AMOLED Full HD, Dipenuhi Fitur Baru

Apa ekspektasi Anda terhadap generasi baru Samsung GALAXY S? Setelah beberapa jam lalu diumumkan, inilah yang perlu Anda ketahui dari Samsung GALAXY S IV yang canggih itu..

galaxy-s-4

Bertempat di New York, pagi tadi waktu Indonesia, vendor Korea tersebut akhirnya memperkenalkan kepada publik Samsung GALAXY S4 dengan berbagai teknologi baru yang canggih – meski dari segi tampilan tak banyak berbeda dari GALAXY S III, dan itu agak mengecewakan kami. Untungnya, itu tak berlangsung lama.

SG S4 memiliki dimensi lebih tipis dari SGS III dengan 7.9mm plus bezel atau bingkai layar yang juga lebih kecil, sehingga mampu menghadirkan layar lebih luas. Bobotnya pun lebih ringan, hanya 130 gram saja. Yang membuatnya semakin keren, SG S4 dibalut dengan bodi berbahan polycarbonate yang terkenal ringan dan tangguh – sebuah bahan yang juga digunakan untuk membuat pesawat tempur.

Layarnya “nyaris” menjadikannya sebuah phablet – berukuran 4,99 inci dengan teknologi Super AMOLED Full HD yang memiliki resolusi 1920×1080 piksel. Layar ini menggunakan matriks PenTile yang baru serta memiliki kerapatan 441ppi. Jika dibandingkan dengan flagship milik vendor lainnya, kerapatan SG S4 berada di atas LG Optimus G Pro (401ppi) dan setara dengan Sony Xperia Z.

Versi internasional SG S4 akan memiliki prosesor Exynos 5 Octa milik Samsung dengan quad-core Cortex-A15 berkecepatan 1.6GHz, quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.2GHz serta GPU PowerVR SGX 544MP3. Sementara versi lainnya yang dipasarkan di negara tertentu, SG S4 akan dibekali dengan prosesor dari Qualcomm jenis Snapdragron 600 quad-core Krait 300 plus GPU Adreno 320. Meski begitu keduanya akan tersedia dalam versi 4G LTE dan didukung dengan RAM sebesar 2GB.

Kamera 13MP di sisi belakang juga akan bersaing langsung dengan kedua rivalnya, Optimus G Pro dan Xperia Z. Namun kamera depan 2.1MP di SGS IV memiliki banyak fitur baru yakni eye-tracking dan hand-tracking. Kedua kamera tersebut dapat mengambil video hingga Full HD. Dalam acara peluncuran didemonstrasikan bahwa Samsung menambahkan fitur penambahan suara yang mana, meski foto yang Anda hasilkan tidak bergerak, namun Anda dapat menambahkannya dengan suara singkat seperti sapaan, sehingga menjadikannya lebih hidup lagi.

sgs-iv

svg%3E

Fitur bernama Sound and Shot tersebut akan mengambil klip foto selama 9 detik, dan selama waktu tersebut Anda bisa mengucapkan pesan suara Anda. Mirip dengan yang diperkenalkan HTC sebagai Zoe. Ada juga Drama Shot yang akan mengambil foto burst kemudian mengombinasikannya menjadi satu foto yang artistik. Sementara fitur Cinema Photo yang mirip denga Nokia Cinemagraph akan mengambil video pendek, kemudian Anda bisa memilih beberapa frame yang diinginkan untuk menciptakan gambar gerak berformat GIF.

S Translator hadir untuk membantu Anda menerjemahkan secara cepat baik suara maupun teks – termasuk pesan email maupun ChatON. Hampir semua bahasa utama dunia sudah tersedia, semoga saja menyusul Bahasa Indonesia. Sementara kecanggihan layar SG S4 yang ditunjang dengan kemampuan kamera depannya dalam membaca gerakan mata diterjemahkan menjadi Smart Pause dan Smart Scroll.

Smart Pause adalah fitur yang akan secara otomatis menghentikan sementara video yang dimainkan (pause) jika kamera mengidentifikasi mata Anda sedang beralih sebentar ke obyek lainnya. Sementara itu Smart Scroll akan menggulung (scroll) halaman web saat Anda menatap layar sambil menggerakkan SG S4 ke atas maupun ke bawah.

Beralih ke antarmuka, Samsung menawarkan personalisasi tampilan baru terutama pada layar kunci. Terdapat efek seperti kilauan saat Anda menyentuh layar untuk membuka kuncinya. Sementara fitur kesehatan ditambahkan Samsung untuk membantu Anda mengontrol berbagai macam kegiatan, seperti banyak langkah dan kalori yang dibuang, hingga keadaan sekitar yakni temperatur dan kelembaban yang tergabung dalam aplikasi S Health. Aksesori S Band dan Heart Rate Monitor diperlukan untuk menggunakan semua fitur di aplikasi ini, termasuk timbangan tubuh. Samsung juga menyediakan aksesoris pendukung seperti sarung alias case berbagai bentuk hingga gamepad untuk bermain lebih maksimal.

aksesori

Samsung GALAXY S4 akan tersedia mulai April mendatang dengan dua pilihan warna, White Frost dan Black Mist, dua konektivitas 3G dan 4G LTE, serta tiga opsi kapasitas yakni 16GB, 32GB serta 64GB. Slot microSD tetap disediakan untuk ekspansi hingga 64GB tambahan memori. Sementara baterai yang digunakan berkapasitas 2600mAh dan bisa Anda lepas-pasang dengan mudah – berbeda dengan para kompetitornya yang mengandalkan desain unibody.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai harga jualnya. Jika boleh meraba, kami memprediksi Samsung akan melepas GALAXY S4 mulai harga Rp7,5 juta untuk versi terendahnya, hingga mencapai delapan juta rupiah untuk versi yang paling tinggi. Kunjungi laman Samsung untuk informasi lebih jelasnya.

Spesifikasi
[table th=”0″]Layar;”4.99 inci, resolusi Full HD 1080p, Super AMOLED, kerapatan 441ppi”
Prosesor;Exynos 1.6GHz Octa-core atau 1.9Ghz Quad-core Qualcomm Snapdragron
Memori;”RAM DDR3 2GB, internal 16/32/64GB, eksternal microSD hingga 64GB”
Kamera;”13MP (belakang), 2.1MP (depan)”
Sistem Operasi;Android 4.2.2 Jelly Bean
Baterai;2.600 MAh
Dimensi;ketipisan 7,9mm
Bobot;130 gram[/table]

Verified by MonsterInsights