Hands-On: Jaringan EVDO Rev.B Smartfren di Jakarta dan Sekitarnya

Smartfren merupakan operator CDMA yang sejak beberapa tahun terakhir mengampanyekan jargon “I Hate Slow” berkat pengimplementasian teknologi EVDO Rev.B pertama di Indonesia dengan kecepatan hingga 14.7Mbps.

banner

Dengan kondisi jaringan seluler saat ini yang kecepatan internetnya cenderung “pas-pasan”, angka yang ditawarkan Smartfren memang sangat menggiurkan. Meski modem maupun router yang mendukung teknologi ini masih cukup jarang dan harganya cukup mahal, namun pengguna yang membutuhkan koneksi cepat pasti tak akan segan mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan layanan ini.

Karena itu, cukup mengherankan bahwa hingga saat ini, Smartfren belum sekalipun meluncurkan smartphone maupun tablet dengan teknologi EVDO Rev.B di atas. Sejak diluncurkan pertama kali pada Oktober 2011 lalu, hanya modem, mini-router dan dongle USB saja yang sudah tersedia hingga saat ini di pasaran. Pada beberapa kesempatan tanya jawab, pihak Smartfren menjelaskan bahwa ke depannya, tablet atau smartphone EVDO Rev.B akan segera diluncurkan seiring dengan kesiapan jaringan.

Nah, berbekal mini-router Smartfren HR905B, kami pun melakukan perjalanan keliling Jakarta, Tangerang, Depok hingga Bogor ke arah Puncak untuk mengetahui di mana saja pengguna Smartfren dapat menikmati layanan EVDO Rev.B ini, yang secara teori, kecepatannya di atas 3.1Mbps (Rev.A) hingga mencapai 14.7Mbps.

content-hr950B

Pengujian kami lakukan dengan cara mengaktifkan mini-router hingga siap, menghubungkannya dengan smartphone (dalam pengujian kali ini kami menggunakan HTC Evo 3D), melakukan tes kecepatan (menggunakan aplikasi Speed Test), lalu menetapkan lokasi pengujian dengan Google Maps. Dua proses terakhir itulah yang akan kami tampilkan hasil screenshot-nya.

Sebagai catatan, proses pengumpulan data ini kami lakukan pada akhir tahun 2012 lalu. Meski pembenahan sudah sangat mungkin dilakukan pihak operator, namun kami percaya hasil ini masih dapat dijadikan sebagai referensi Anda.

Jakarta
Kebon Jeruk & Kuningan
jakarta
Bundaran HI & Bundaran Senayan
jakarta 0

Tangerang & Tangerang Selatan
Lippo Karawaci & Puri Beta, Ciledug
tangerang
Perumnas Karawaci & Summarecon Serpong
tangerang 0
Pusat Pemerintahan Kota Tangerang & BSD, Tangerang Selatan
tangerang-sel

Depok
nDepok

Bogor
Rumah Sakit PMI & Jalan Raya Ciawi
mBogor
Jalan Puncak Raya
mBogor 0

Kesimpulan
Dari data di atas, bisa dikatakan bahwa Smartfren belum benar-benar siap dalam penerapan teknologi EVDO Rev.B mereka yang cukup digembar-gemborkan. Bahkan di daerah pusat kota seperti Bundaran HI sekalipun, yang notabene dekat dengan kantor pusat Smartfren di Jalan Haji Agus Salim (lihat peta), kecepatan yang didapat belum maksimal, masih sebatas Rev.A.

Hasil yang Anda dapatkan jika menguji di tempat yang sama, sangat mungkin berbeda. Hal ini karena kecepatan yang diperoleh pengguna tergantung dari kesibukan jaringan melayani pengguna lainnya. Biasanya hasil paling maksimal didapatkan saat dini hari hingga subuh, sedangkan pengujian sengaja kami lakukan pada saat jam-jam sibuk baik di hari kerja maupun akhir pekan.

Sedikit catatan untuk hasil di daerah BSD, Tangerang Selatan, tepatnya di dekat Mal Teras Kota, kecepatan hingga 3.39Mbps bisa didapatkan karena Smartfren memiliki kantor cabang kepala di belakang mal yang jaraknya kurang dari 1 km dari titik pengujian. Jika Anda ingin menambahkan dengan informasi kecepatan di daerah Anda masing-masing, silakan sampaikan di kolom Komentar.

Verified by MonsterInsights