Quantcast
Foto & VideoNews

Foto Panorama Beresolusi 320-Gigapixel Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Menikmati indahnya kota London, Inggris, kini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa menguras biaya. Pasalnya, kini telah hadir foto panorama kota London terbesar yang sangat detil dan berhasil memecahkan rekor dunia sebagai foto panorama terbesar di dunia.

bt london panorama-3

Penasaran seberapa besar ukurannya? Jika dicetak pada resolusi normal, foto panorama kota London ini akan memiliki dimensi 98×24 meter atau kurang lebih sebesar istana Buckingham.

Proyek foto Panorama kota London ini dibuat oleh spesialis foto Panorama, 360 Cities, yang digawangi oleh Jeffrey Martin, Tom Mills dan Holger Schulze. Lokasi tempat pengambilan foto berada di lantai 29 gedung BT Tower, London. Perangkat yang digunakan untuk mengambil foto terdiri dari 4 buah kamera DSLR Canon EOS 7D dan lensa EF 400mm f/2.8L IS II USM yang ditambah dengan Extender EF 2x III teleconverters.

Camera DSLR tersebut dipasang ke alat bernama Rodeon VR Head ST robotic panorama heads dan ditempatkan di 4 lokasi yang berbeda. Mesin robotik untuk foto panorama buatan pabrikan Clauss Company ini, sanggup melakukan 72,000 langkah dalam satu putaran 360 derajat dan diatur untuk mengambil 4 frame foto setiap detiknya.

Waktu pengambilan foto dilakukan selama 3 hari dan menghasilkan total 48,000 foto berformat RAW. Seluruh hasil foto tersebut kemudian di proses menggunakan komputer Workstation R920 dari Fujitsu yang berspesifikasi RAM 256GB, prosesor 16 cores yang berlari pada kecepatan 3.1GHz dan diproses menggunakan aplikasi Autopano Giga Panorama dari Kolor. Penasaran berapa lama foto ini digabung menjadi satu? Penggabungan seluruh hasil foto panorama kota London yang sangat detil ini memakan waktu 3 bulan. Dan Seluruh hasilnya dapat Anda nikmati melalui laman berikut.

Back to top button